Harian Nusantara

Cara Mengatasi Susah Buang Air Kecil Pada Anak

kesehatan 19 View

ISK atau infeksi saluran kemih merupakan penyakit umum pada anak-anak yang membuat anak susah buang air kecil, terutama pada anak perempuan tetapi hal ini sering diabaikan karena tanda-tanda kelainan ini susah untuk dideteksi.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Gejala infeksi saluran kemih pada anak di atas 3 tahun sering menyerupai yang dialami orang dewasa dengan gejala berikut:

  • Rasa yang menyakitkan saat buang air kecil.
  • Sering buang air kecil, berkali-kali lebih banyak dari biasanya.
  • Sering kencing di malam hari.
  • Merasa lelah, tidak enak badan.
  • Kehilangan nafsu makan, dan anoreksia.
  • Demam tinggi.
  • Nyeri di perut bagian bawah atau nyeri pinggang.

Gejala penyakit ini sangat samar dan susah dideteksi pada bayi. Karena bayi tidak bisa mengeluh atau merasa ketidaknyamanan berkemih dan sulit bagi orang tua untuk melacak kencing bayi mereka apakah lebih sering daripada biasanya, karena bayi sering buang air kecil juga sangat banyak.

Anak-anak sering menunjukkan tanda tidak langsung ketika terkena infeksi ini seperti demam, lekas marah,  dan menangis. Untuk anak-anak berusia yang lebih muda, penyakit ini mungkin lebih parah karena septikemia (bakteri yang memasuki aliran darah dan menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh).

Cara Mengatasi Susah Buang Air Kecil Pada Anak

Jika infeksi saluran kemih parah, anak mungkin harus dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan antibiotik intravena. Namun, dalam kebanyakan kasus, antibiotik oral selama 3 sampai 7 hari juga dapat sepenuhnya membunuh bakteri.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin meminta Anda untuk memberi anak antibiotik dengan dosis rendah untuk waktu yang lama untuk mencegah ISK.

Ini biasanya diindikasikan untuk bayi yang masih menggunakan popok atau yang sering mengalami infeksi berulang atau kelainan saluran kemih. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa anak-anak masih dapat memiliki ISK segera ketika mereka menggunakan profilaksis antibiotik dosis rendah.

Jadi itulah tadi penanganan atau Cara Mengatasi Susah Buang Air Kecil Pada Anak, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anak Anda menjadi lebih sehat dan membuat buang air kecil menjadi lancar.

Loading...
Copyright 2016 - 2019