Harian Nusantara

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Pada bayi

kesehatan 1K View

Dahak yang banyak muncul akan menyebabkan anoreksia pada anak-anak, menyebabkan kesulitan bernafas dan malnutrisi serta banyak masalah lainnya. Karena itu pada artikel berikut akan memberi orang tua cara yang efektif untuk mengeluarkan dahak pada bayi dengan cara mudah.

Anak-anak dengan dahak di rongga hidung, tenggorokan cukup umum terjadi. Sebagian besar kasus tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Namun, bayi dengan dahak akan membuat sulit bernapas, sehingga menyebabkan mengi dan sulit tidur. Karena itu, penting bagi orang tua untuk belajar cara mengeluarkan dahak.

Penyebab dahak

Biasanya, dahak disertai dengan flu atau penyakit menular lainnya. Bayi hanya bisa bernafas melalui hidungnya selama beberapa bulan pertama setelah dilahirkan, sehingga ketika hidung tersumbat dapat mengganggu makan dan tidur bayi.

Pada bayi, hidung dan tenggorokan tidak cukup baik untuk menangani lendir, sehingga bayi saat batuk mungkin akan lebih banyak untuk menghasilkan lendir.

Dapat dikatakan bahwa infeksi pernapasan merupakan penyebab utama dahak di tenggorokan anak-anak, tetapi alergi musiman juga dapat mempengaruhi kondisi ini pada anak-anak.

Dahak di tenggorokan biasanya bukan masalah serius jika tidak disertai dengan gejala lain seperti demam, ruam dan juga alergi.

Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Pada bayi

Berikut adalah cara untuk mengeluarkan dahak pada bayi yang dapat diterapkan orang tua:

  • Tidak seperti orang dewasa yang dapat secara aktif mendorong dahak keluar dengan meniup hidung atau meludah, bayi atau anak-anak membutuhkan bantuan dari orang tua dan alat pengisap melalui hidung.
  • Menggunakan garam fisiologis untuk anak-anak (konsentrasi 0,9%) dan meneteskannya ke hidung bayi untuk melembabkan dan melonggarkan lendir. Langkah ini akan membantu ibu dapat dengan mudah menyedot lendir, dan membantunya mengurangi rasa sakit.
  • Tempatkan bayi di bantal atau bersandar. Masukan alat penghisap dengan lembut, lalu masukkan ujungnya ke hidung bayi. Berhati-hatilah saat melakukannya harus dengan lembut, hindari merusak mukosa hidung anak.
  • Dengan menggunakan jari Anda, tekan perlahan sisi hidung lainnya, perlahan-lahan lepaskan bola. Setelah itu, bersihkan kepala isap dan lanjutkan dengan sisi lainnya.
  • Ibu dapat mengisap hidung bayi lagi jika setelah 5-10 menit anak masih mengi dan tidak nyaman. Namun, sebaiknya jangan menghisap hidung lebih dari 4 kali / hari. Hisap hidung yang terlalu banyak dapat menyebabkan iritasi pada mukosa hidung, menyebabkan status lendir yang stagnan menjadi lebih serius.

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mudah Mengeluarkan Dahak Pada bayi, untuk cara lain yang mungkin bisa dilakukan silahkan simak artikel Cara Mengeluarkan Dahak Pada Bayi di situs babyologist.com.

Loading...
Copyright 2016 - 2019