Harian Nusantara

Cara Mengurangi Demam Panas pada Anak-Anak

kesehatan 66 View

ada 2 cara untuk mengurangi demam panas pada anak-anak dengan cara mengobati dari luar dan mengobati dari dalam.

Ketahui kapan anak mulai mengalami demam?

Demam adalah ketika suhu tubuh lebih tinggi dari suhu normal, atau ketika suhu tubuh diukur pada anus dari 38 derajat C atau lebih.

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa seorang anak dinyatakan mengalami demam ketika memiliki manifestasi berikut:

  • Memiliki suhu tubuh yang diukur pada ketiak mulai 37,5 derajat C atau lebih.
  • Merasa panas.
  • Demam berlangsung beberapa hari.

Pada suhu tubuh anak normal, suhu tubuh biasanya berkisar antara 36,5 derajat Celcius hingga 37,5 derajat Celcius. Suhu tubuh setiap hari terendah biasanya pada jam 4 pagi dan tertinggi dalam 6 sore, di samping itu dalam beberapa kasus suhu tubuh juga dapat berubah, misalnya karena terjadinya peningkatan suhu tubuh saat makan, saat beraktivitas fisik, perubahan psikologis, atau selama siklus menstruasi.

Demam juga sering merupakan gejala infeksi tetapi juga bisa menjadi tanda beberapa penyakit tidak menular atau juga bisa disebabkan obat-obatan tertentu.

Demam panas berbeda dengan hipertermia. Karena Hiperthermia berarti bahwa suhu tubuh akan lebih tinggi dari normal dan melebih ambang batas suhu tubuh normal.

Cara Mengurangi Demam Panas pada Anak-Anak

Banyak ibu ketika mereka melihat seorang anak dengan demam panas sering segera membeli antibiotik untuk diberikan kepada anak, namun, sebenarnya ada obat yang dilarang dimunum untuk anak-anak dengan demam berdarah yang terkadang orang tua tidak ketahui.

Menurut Dokter dan ahli medis untuk mengurangi demam bagi anak-anak memiliki banyak metode berbeda, untuk mendinginkan tubuh dengan metode fisik ada 2 cara yaitu pengobatan dari dalam dan pengobatan dari luar.

Penobatan dari dalam

Artinya, pengobatan demam dilakukan melalui infus yang dimasukan ke dalam vena untuk pasien. Metode ini memiliki kelebihan karena dapat mendinginkan dengan sangat cepat tetapi kekurangannya cukup rumit karena membutuhkan persiapan infus (cairan pendingin) dan prosedur invasif sehingga metode pengobatan dari dalam hanya berlaku untuk demam berat dan telah menerapkan metode pengobatan dari luar tetapi tidak efektif.

Pengobatan dari Luar

Mendinginkan tubuh melalui udara: Caranya dengan menempatkan pasien di lingkungan yang dingin atau berbaring di tempat tidur yang dingin, dengan melepas pakaian dan hanya mengenakan pakaian tipis, longgar dan pendek, dan untuk bayi atau anak-anak sebaiknya tidak menggunakan popok.

Mendinginkan tubuh menggunakan cairan (kompres hangat): caranya Anda bisa menggunakan handuk air hangat (suhu sekitar 30 – 33 derajat C), dan gunakan pada bagian dahi anak-anak untuk menurunkan panas saat demam.

Jadi ketika Anak demam Anda bisa menerapkan Cara Mengurangi Demam Panas pada Anak-Anak yang kami bagikan diatas. Tapi untuk demam yang lebih dari 3 hari dan tidak sembuh sebaiknya segera bawa anak ke dokter atau rumah sakit untuk mendapatkan penanganan tepat waktu.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019