Harian Nusantara

Perubahan Umum Payudara Selama Kehamilan Yang Harus Diketahui

kesehatan 92 View

Ketika Anda hamil selain dari perubahan secara psikologis, Anda juga akan memiliki perubahan tertentu pada bagian tubuh Anda dan salah satu perubahan yang sering terdaji adalah pada bagian payudara.

Sensitivitas payudara yang tidak biasa akan mulai muncul dari minggu ke 4 hingga ke 6 kehamilan dan berlangsung sampai 3 bulan pertama kehamilan. Mungkin ada gejala seperti nyeri payudara, perubahan puting, payudara yang berkembang lebih besar ataupun puting yang menghasilkan kolostrum yang merupakan tanda umum yang terjadi pada wanita selama kehamilan. Namun, ada beberapa wanita mungkin tidak memiliki banyak perubahan selama kehamilan tetapi tidak perlu khawatir. Artikel ini kali ini berbagi pengetahuan tentang kehamilan sehingga akan membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang perubahan Payudara Selama Kehamilan.

Perubahan Payudara Selama Kehamilan

Perubahan-perubahan ini pada tubuh wanita hamil dimaksudkan untuk mempersiapkan saat menyusui. Berikut merupakan beberapa perubahan yang sering terjadi ketika hamil.

1. Nyeri dada

Paling 3 bulan pertama kehamilan, Anda akan mengalami nyeri dada atau payudara yang luar biasa sensitif. Bagi sebagian wanita, ini juga merupakan tanda menstruasi, sehingga mungkin membuat Anda tidak sadar bahwa Anda hamil. Anda mungkin merasa bahwa payudara Anda sekarang sedikit sensitif ketika disentuh, atau terasa menyakitkan ketika Anda menggunakan bra. Kepekaan payudara yang tidak biasa ini mulai muncul dari minggu ke 4 sampai ke 6 kehamilan dan berlangsung sampai 3 bulan pertama kehamilan.

2. Puting berubah

Anda dapat dengan jelas melihat pembuluh darah di kulit payudara Anda, dan memperhatikan bahwa puting susu Anda mungkin menjadi lebih besar dan lebih gelap ketika Anda hamil. Setelah beberapa bulan pertama, areola yaitu pigmen yang mengelilingi puting susu Anda juga akan lebih besar dan lebih gelap. Anda juga mungkin melihat benjolan kecil atau area yang mirip jerawat pada putting, hal ini juga normal.

3. Payudara tumbuh lebih besar

Pada akhir 3 bulan pertama kehamilan atau awal trimester ketiga, Anda mungkin akan memperhatikan bahwa payudara Anda tiba-tiba mengalami perubahan ukutan, terutama jika ini merupakan hamil anak pertama Anda. Hal ini juga disebabkan oleh perkembangan jaringan payudara di dada untuk persiapan menyusui. Payudara Anda akan terasa gatal karena meregangkan kulit Anda, dan Anda bahkan dapat menunjukkan tanda-tanda peregangan kulit di payudara Anda.

Kesimpulan

3 perubahan payudara tersebut merupakan tanda umum kehamilan, selain itu masih banyak perubahan payudara yang merupakan Ciri Payudara Saat Hamil Muda lainnya yang bisa dibaca pada babyologist.com.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019