Harian Nusantara

Penyebab Utama Diare Pada bayi dan Cara Mengobatinya

kesehatan 47 View

Diare adalah salah satu gangguan penceraan yang bisa dialami oleh siapa saja termasuk bayi baru lahir dan anak-anak. Karena sistem pencernaan bayi dan anak-anak masih sangat sensitif terhadap makanan atau apapun yang berada didalamnya. Karena itu, ketika bayi atau anak terkena diare, Anda juga harus mengetahui penyebab utama diare pada bayi dan anak-anak, sehingga dapat mencegah di lain hari agar anak tidak mengalami diare lagi.

Penyebab Diare Pada Bayi

  • Infeksi usus merupakan penyebab utama diare pada bayi dan anak kecil, terutama karena virus Rota. Virus ini dap[at menyebabkan gastritis, radang usus dan infeksi lainnya.
  • Kekurangan enzim yang diperlukan untuk mencerna laktosa, dapat menyebabkan laktosa menumpuk di usus, sehingga menyebabkan masalah usus yang seperti diare.
  • Gangguan pencernaan pada bayi dan anak-anak juga bisa karena sistem pencernaan bayi Anda terlalu muda, perubahan apa pun di dalam sistem pencernaan dapat menyebabkan diare, seperti ketika bayi Anda biasa meminum ASI kemudian diganti ke susu formula atau makanan aneh pada menu makanan bayi atau anak-anak.

Cara Mengobati Diare Pada Bayi

Karena itu, jika bayi mengalami diare, Anda harus segera mengambil tindakan untuk mengobati diare agar anak tidak mengalami dehidrasi. Ada beberapa penanganan yang bisa segera Anda lakukan di rumah dengan mudah, seperti :

  • Pertama Anda bisa segera memberikan cairan yang lebih banyak dari biasanya kepada bayi Anda. Karena ini akan mengembalikan cairan yang hilang pada tubuh, untuk bayi bisa dengan memberikan ASI yang lebih sering dan lebih banyak dari biasanya, memberikan makanan yang bergizi dan buat anak berisitrahat dengan cukup. Jika bayi tidak mau minum atau makan, maka harus segera mendapatkan perawatan medis atau dokter untuk diberikan obat dan infus.
  • Jika bayi Anda mengkonsumsi susu formula maka sebaiknya ganti dengan susu rendah gula atau bebas laktosa.
  • Dan terakhir jangan pernah memberikan obat diare sembarangan pada bayi Anda tanpa petunjuk atau saran dari dokter.

Kesimpulan

JIka bayi Anda mengalami diare Anda harus mengetahui apa saja yang menyebabkan diare pada bayi dan melakukan penanganan yang paling mudah dengan menerapkan tips dan cara mengobati diare pada bayi yang telah kami bagikan diatas. Tapi jika, cara tersebut masih tidak efektif, penangan paling tepat adalah membawa bayi Anda ke dokter terdekat atau minta bantuan medis tepat waktu.

Loading...
Copyright 2016 - 2019