Harian Nusantara

USB OTG Terbaik

Elektronik 380 View

Sebagian besar dari kita pasti telah memiliki setidaknya satu buah flasdisk sebagai perangkat penyimpanan data pribadi. Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah Anda dapat menghubungkan flashdisk ke smartphone Anda untuk melihat data? Jawabannya adalah ya, jika Anda memiliki smartphone Android yang mendukung port USB OTG. Jadi apa port USB OTG?

USB OTG merupakan singkatan dari USB On-The-Go, standar koneksi untuk port USB yang memungkinkan perangkat untuk membaca data dari USB tanpa komputer. Sekarang perangkat satu ini menjadi banyak dicari untuk berbagai keperluan.

Jadi apa saja yang dapat Anda lakukan dengan port USB OTG? Anda dapat melakukan banyak hal dengan menggunakan port USB OTG, karena Anda dapat memasang USB ke smartphone Anda untuk menyalin gambar, memasukan game Xbox 360 ke smartphone Anda untuk bermain game.

USB OTG tidak bisa support ke semua smartphone Android, karena hanya bisa digunakan pada sebagian besar smartphone Android kelas menengah dan iPhone. Beberapa printer sekarang ini juga mendukung konektivitas USB OTG, Microsoft berencana untuk membawa USB OTG ke dalam Windows Phone 10, tetapi tidak ada tanda-tanda bahwa Apple akan membawa USB OTG ke iPhone.

Cara mengetahui smartphone Android Anda mendukung USB OTG?

Cara termudah untuk memeriksa smartphone atau tablet Anda yang mendukung USB OTG adalah dengan memeriksa situs web produsen. Anda akan melihat logo yang sama atau akan terdaftar di bagian detail.

Jika Anda tidak dapat menemukan informasi dari pabrikan, maka coba periksa perangkat Anda di situs web GSMArena.com. Di bagian perincian, cari baris USB dan lihat apakah dikatakan USB Host atau USB OTG tersedia, jika ada keterangan tersedia, selamat, smartphone Anda bisa terkoneksi dengan USB OTG.

Cara lain adalah dengan menginstal aplikasi USB OTG Checker dari di playstore, yang merupakan aplikasi gratis yang dapat membantu Anda menentukan dengan cepat apakah smartphone Android Anda miliki mendukung USB OTG.

Smartphone Android memiliki port micro-USB standar. Namun, sebagian besar perangkat USB menggunakan port USB besar. Jadi bagaimana saya bisa memasangkan USB ke port micro-USB? Anda bisa menggunakan Kabel konverter mikro-USB ke USB akan membantu Anda melakukan konektivitas ini.

Ada juga sejumlah port USB yang mendukung port USB besar dan port micro-USB, seperti Transcend, Kingston dan harganya biasanya tidak jauh lebih tinggi dari USB biasanya.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan port USB OTG?

1. Sambungkan flashdisk atau hard drive portabel

Yang paling umum adalah menyambungkan ke flashdisk atau hard drive portable untuk melihat, menyalin, membaca data seperti mendengarkan musik, menonton film, menyalin gambar yang.

2. Hubungkan konsol game untuk bermain game

Game Xbox 360 sangat stabil dikoneksikan ke smartphone Android yang mendukung USB OTG. Cukup colokan dan mainkan. Tentu saja, sebelumnya Anda perlu menginstal game yang mendukung game seperti Asphalt 8: Airborne racing game atau Modern Combat 5.

Jika ponsel Android Anda sudah di-root, Anda dapat terhubung ke konsol game lain seperti konsol game PlayStation 3.

3. Kontrol Android dengan keyboard dan mouse

Jika Anda ingin menggunakan smartphone dan tablet Android sebagai laptop, Anda dapat menghubungkan satu set keyboard dan mouse melalui USB OTG.

4. Cetak langsung ke printer

Sama seperti keyboard, USB plug and play printer berfungsi baik dengan smartphone Android, Anda dapat menghubungkan printer langsung ke port USB OTG ke smartphone Android untuk mencetak tanpa perlu printer nirkabel atau harus menyalin ke komputer terlebih dahulu ketika ingin mencetak data.

5. Kontrol kamera DSLR Anda

Smartphone Android Anda dapat terhubung ke kamera DSLR dan menjadi layar kamera, dengan control penuh saat pemotretan, menentukan fokus, kecepatan rana, dan lainnya.

5 Rekomendasi USB OTG Terbaik di Tahun 2019

Sandisk USB OTG 32GB

Yang pertama kami rekomendasikan untuk Anda adalah Sandisk USB OTG 32GB. Yang merupakan USB OTG terbaik yang dimiliki dari pabrikan Sandisk dengan harga murah hanya Rp96.000. Ini merupakan salah satu USB OTG yang layak dimiliki dan di beli di tahun ini agar memprmudah proses transfer berbagai data, file dan konten dari smartphone ke komputer atau sebaliknya, Dengan konektor micro-USB di satu ujung dan satu lagi konektor USB 3.0 di sisi lain akan memungkinkan memindahkan data dengan lebih mudah dan praktis, model USB OTG ini juga sudah memiliki kinerja tinggi dan sudah kompatibel dengan port USB 2.0.

Ugreen Kabel Adapter Micro USB OTG

ini adalah rekomendasi kedua dari kami yang bisa Anda gunakan untuk mengkoneksikan flashdisk ke smartphone atau tablet. Untuk harga dari Ugreen Kabel Adapter Micro USB OTG di jual di toko online dengan harga murah hanya Rp26.000. Dengan USB OTG ini Anda dapat menghubungkan juga smartphone ke flashdisk, card reader, keyboard atau mouse untuk digunakan sebagai komputer portable. Untuk kecepatan transfer data dari USB OTG ini 480Mbps, sehingga sangat cepat dan nyaman saat digunakan.

Micro usb OTG adapter ANDROID

Selanjutnya ada micro usb OTG adapter ANDROID dengan harga yang super murah hanya Rp. 2.400 loh, USB OTG ini dapat Anda beli di toko online seperti shopee, tokopedia, bukalapak, lazada atau lainnya. Micro USB OTG ini merupakan sebuah adaptor untuk menghubungkan smartphone ke perangkat lain yang menggunakan micro USB seperti flashdisk, keyboard, mouse atau perangkat lainnya. USB OTG ini dapat digunakan untuk pertukaran data atau interkoneksi dengan perangkat lain. Jenis koneksi dari perangkat ini adalah micro USB ke USB standartd dan sudah support untuk semua smartphone yang menggunakan micro USB.

UGREEN Original Adapter Converter Micro USB OTG

Ini adalah pilihan terbaik selanjutnya untuk yang membutuhkan USB OTG dengan kualitas terbaik. Untuk harga dari UGREEN Original Adapter Converter Micro USB OTG di pasaran saat ini sekitar Rp31.000 – Rp32.000. Spesifikasi perangkat ini sudah menggunakan micro USB type B untuk dikoneksikan ke USB type A. Untuk kecepatan data tranfernya sampai 480Mbps.

New 128GB 3in1 USB OTG

Pilihan yang terakhir adalah New 128GB 3in1 USB OTG, yang meruapakan gabungan antara Type-C, micro-USB and USB 2.0 connector sehingga bisa digunakan untuk berbagai perangkat yang berbeda-beda. Jadi Anda tidak perlu khawatir port konektivitas tidak cocok dengan USB OTG ini. USB OTG yang juga bisa digunakan sebagai flasdisk dengan kapasitas 64GB/128GB/256GB dengan harga sekitar Rp125.800 sampai Rp155.800. Selain itu pada USB OTG ini sudah dilengkapi dengan fitur waterproof dan shock-resistant, sehingga aman digunakan.

Itulah yang dapat kami sampaikan kepada Anda semua yang sedang membutuhkan USB OTG sebagai perangkat penghubung antara smartphone dengan perangkat lainnya seperti flashdisk, mouse, keyboard atau peralatan lainnya. Semoga dengan rekomendas ini, Anda bisa mendapatkan USB OTG sesuai dengan keuangan dan kualitas yang terbaik.

Loading...
Copyright 2016 - 2019