Harian Nusantara

Cara Mengubah HP Android Jadi Remote TV

Teknologi 166 View

Mengontrol TV menggunakan HP Android adalah salah satu fitur luar biasa yang menarik bagi pengguna Smart TV. Jika Kalian memiliki HP Android, Kalian dapat menggunakannya dengan mudah sebagai remote TV jarak jauh melalui 3 langkah sederhana di bawah ini.

Mengapa harus Mengubah HP Android Jadi Remote TV?

  • Pengoperasian yang mudah TV tanpa menggunakan remote TV.
  • Mudah memasukkan huruf dan angka daripada menekan setiap tombol pada remote smart TV.
  • Beberapa aplikasi juga memungkinkan Kalian untuk dengan mudah memproyeksikan layar ponsel Kalian di TV.

Jika kalian sudah penasaran ingin mengetahui cara mengubah hp Android jadi remote TV silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

3 langkah untuk menggunakan HP Android jadi Remot TV

Langkah 1: Unduh aplikasi ke HP Android

Setiap perusahaan TV telah mengembangkan aplikasi sendiri untuk mendukung kontrol TV-nya. Secara khusus:

  • Smart TV Samsung : Samsung Smart View .
  • Android Sony TV dan TV Internet Sony Entertainment Network sistem operasi: Video & TV SideView.
  • LG Smart TV : LG TV Plus (untuk sistem operasi LG WebOS) dan LG TV Remote (untuk sistem operasi LG Netcast).
  • Smart TV TCL : nScreen .
  • Smart TV Panasonic : Remote TV Panasonic 2.

Catatan: Tidak semua HP Android dapat mengunduh aplikasi di atas. Jika versi Android adalah versi lama atau mungkin HP.

Langkah 2: Hubungkan telepon Kalian ke TV

Setelah mengunduh aplikasi, pastikan HP Android dan TV Kalian berada di jaringan wifi yang sama, atau bahwa HP Android telah menangkap wifi yang dipancarkan langsung dari TV.

Langkah 3: Gunakan HP Android Kalian untuk Jadi Remote TV

Kalian dapat dengan bebas mengontrol TV (memasukkan angka, menggunakan keyboard sentuh, menambah atau mengurangi volume, membuka aplikasi …). Dengan aplikasi Samsung Smart View, Panasonic TV Remote 2 atau nScreen Kalian juga dapat mentransfer foto, musik, dan film dari telepon Kalian ke TV Anda.

Semoga, dengan panduan di atas, Kalian akan dengan mudah menggunakan HP Android Kalian untuk jadi Remote TV.

Untuk tutorial selanjutnya kami akan mengajak Kalian untuk menggunakan HP Android untuk dijadikan remote peralatan elektronik lainnya yang ada di rumah.

Cara mengubah HP Android menjadi remote serbaguna untuk semua perangkat elektronik di rumah

Ingin menonton acara TV favorit Kalian tetapi tidak dapat menemukan remote TV? Kalian sedang tidur dan tiba-tiba merasa panas tetapi Kalian tidak ingin harus bangun untuk mengambil remote AC di meja karena jauh? artikel di bawah ini akan membantu Kalian mengubah HP Android Kalian menjadi remote serbaguna untuk setiap peralatan elektronik di rumah.

Kalian mungkin tahu bahwa sebagian besar remote perangkat elektronik menggunakan inframerah, tetapi tahukah Kalian bahwa sudah sejak lama inframerah diterapkan pada HP? Sebelum Bluetooth menjadi populer, produsen ponsel menggunakan aplikasi inframerah sebagai cara untuk berbagi konten dari satu ponsel ke yang lain.

Meskipun hari ini, smartphone baru secara bertahap menghapus aplikasi sinar inframerah untuk menggantikannya dengan aplikasi lain yang lebih baru dan lebih efektif. Namun, masih banyak ponsel bermerk seperti HTC, Samsung, Xiaomi, Lenovo masih memiliki fitur inframerah. Dengan memanfaatkan fitur ini, kita dapat dengan mudah mengubah HP Android kita menjadi remote serbaguna untuk hampir setiap peralatan elektronik rumah tangga. Untuk dapat melakukan ini, mari ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Persyaratan perangkat

Ada banyak HP sekarang yang mendukung sinar inframerah seperti Samsung Galaxy S6 Edge, HTC One M9, Xiaomi Mi5 dan smartphone lainnya. Namun, smartphone terbaru seperti Galaxy S7, HTC 10 dan Xiaomi 5s tidak memiliki fitur ini.

Persyaratan perangkat lunak

Kita perlu menggunakan aplikasi di Google Play Store bernama AnyMote. Aplikasi ini akan berintegrasi dengan semua HPAndroid yang menggunakan inframerah dan mengubahnya menjadi remote serbaguna.

Fitur dan instruksi untuk menggunakan aplikasi AnyMote

Pemasangan

Dengan aplikasi AnyMote, Kalian dapat menginstal dan menggunakan banyak jenis kontrol rumah.

Di layar aplikasi AnyMote, geser ke kanan untuk menampilkan side menu, klik ikon + , lalu pilih add remote.

Di sini, Kalian dapat melihat jenis perangkat yang dapat dikontrol aplikasi. Pilih jenis peralatan yang Kalian inginkan.

Setelah memilih jenis perangkat apa pun, aplikasi akan menampilkan sejumlah penekanan tombol untuk mencoba melihat apakah kontrol terintegrasi dengan ponsel Kalian atau tidak. Klik konfirmasi dan item kontrol akan muncul di side menu aplikasi.

Buat perintah kontrol perangkat

Kita dapat membuat perintah kontrol perangkat di ponsel tergantung pada perangkat yang Kalian kontrol. Misalnya, hidupkan, matikan, sesuaikan volume, mute.

Di layar aplikasi AnyMote, geser ke kanan untuk menampilkan side menu, klik ikon + , lalu pilih add task dan kemudian ganti nama perangkat kontrol untuk menghindari kebingungan.

Akan ada daftar perintah kontrol. Pilih perintah kontrol yang Kalian inginkan.

Buat perintah kontrol untuk perangkat yang terpasang

Apakah TV Kalian terhubung ke PS 4 menggunakan HDMI. Aplikasi ini dapat sepenuhnya mendukung Kalian untuk membuat beberapa perintah kontrol sederhana untuk PS 4, seperti secara otomatis beralih ke HDMI saat menyalakan TV, atau secara otomatis membuka PS4 saat menyalakan TV.

Di layar aplikasi AnyMote, geser ke kanan untuk menampilkan side menu, klik ikon + , lalu pilih add Macro lalu ganti nama perangkat kontrol untuk menghindari kebingungan.

Pada titik ini, sebuah item akan muncul di layar untuk menjelaskan fitur tersebut. Klik pada kata-katanya Add a command di bagian bawah layar.

Akan ada daftar perintah kontrol untuk perangkat yang terpasang. Pilih perintah kontrol yang Kalian inginkan.

Daftar Aplikasi Remote HP Android

Itulah yang dapat kami bagikan untuk Kalian yang ingin mengontrol peralatan elektronik rumah dengan mengunakan HP Android. Selain beberapa aplikasi yang telah kami sebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk membuat HP Android jadi Remote. Berikut ini adalah daftar aplikasi remote di HP Android yang dapat didownload, install dan coba gunakan.

1. Mi Remote controller

Untuk rekomendasi pertama yang bisa digunakan untuk pengguna smartphone Xiaomi bisa menggunakan aplikasi Mi Remote controller. Untuk mengontrol berbagai perelengkapan elektronik rumah tangga kalian bisa mendownload aplikasi ini .

2. Universal Remote-ZaZa Remote

Aplikasi ini adalah alat bantu di HP Android yang bisa digunakan sebagai remote kontrol alat rumah tangga dengan bantuan infra merah. Selain itu aplikasi ini dapat digununakan berbagai merk smartphone terutama yang support infrared.

3. Remote Control Universal TV

Aplikasi remote untuk semua merk tv bisa kalian kontrol menggunakan aplikasi Remote Control Universal TV. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai remote TV untuk menghidupkan, mematikan, mute, kontrol volume, sebagai keyboard dan mouse, memutar musik, video dan navigasi lainnya. Untuk yang menginginkan aplikasi ini bisa download.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019