Karampuang Island, Potongan Surga yang Jatuh di Indonesia

Karampuang-Island,-Potongan-Surga-yang-Jatuh-di-Indonesia

Karampuang-Island,-Potongan-Surga-yang-Jatuh-di-Indonesia

Hariannusantara.com – Sudah banyak tempat wisata di Indonesia yang indahnya dianalogikan seperti potongan dari surga. Jika merasa sudah cukup banyak tahu dengan tempat-tempat wisata di Indonesia yang indah itu, ada satu lagi yang tak boleh dilewatkan. Adalah Karampuang Island atau Pulau Karampuang. Disebutkan dalam versi yang pertama, zaman dahulu pulau ini adalah tempat persembunyian para raja dari kejaran Belanda.

Dinamakan Karampuang karena gabungan dari Kara yang berarti pulau, karang atau batu, dan Puang yang berarti ningrat, raja, bangsawan. Kara dan Puang merupakan bahasa lokal dari suku-suku yang ada di Sulawesi. Sedangkan unutk versi lain menyebutkan bahwa nama Karampuang berasal dari bahasa Mamuju. Artinya adalah bulan purnama. Menurut cerita, pulau ini semula bernama Pulau Liutang. Nama ini kemudian diubah oleh seorang tokoh Mamuju menjadi Karampuang hingga sekarang.

Pulau Karampuang benar-benar seperti sebuah potongan surga yang dijatuhkan di tengah lautan Sulawesi. Dari atas dapat terlihat, ia berupa pulau kecil yang dikelilingi oleh birunya air laut. Luas kawasan ini adalah 6 km persegi. Secara administratif, kawasan Pulau Karampuang terletak di Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Jarak dengan Makassar kurang lebih 295 km.

Baca juga:
– 5 Alternatif Tempat Wisata Religi Saat Ramadhan
– Refreshing Ke 3 Wisata Air Terjun Indonesia Ini Dijamin Asik Abis!

Loading...

Keindahan Pulau Karampuang jangan diragukan. Hal pertama yang akan membuat terkagum-kagum adalah kejernihan airnya. Biota laut yang ada di bawah air bahkan dapat dilihat hanya dari dermaga kayu yang dibangun di garis pantai yang memanjang ke arah laut. Jembatan kayu sepanjang 500 meter ini sekaligus bisa menjadi spot foto terbaik untuk mengabadikan momen liburan para pelancong. Kejernihan air laut yang ada di Pulau Karampuang benar-benar menggoda siapa saja untuk menyelam ke dalamnya.