Harian Nusantara

Review Fitur, Spesifikasi dan Harga OPPO F1 Terbaru

Oppo 19 View

Pasar smartphone kelas menengah di Indonesia berlangsung sangat sengit, di mana produsen terus-menerus meluncurkan smartphone baru dengan desain yang indah, konfigurasi perangkat keras yang baik, dan dilengkapi dengan banyak fitur yang canggih dan terbaru.

Salah satu smartphone pernah menjadi idola di tahun 2016 dan 2017 di kelas menengah adalah OPPO F1, sebuah smartphone bergaya dengan desain yang indah, kamera selfie berkualitas tinggi, dan memiliki harga sangat terjangkau. Saat ini, OPPO F1 masih bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp. 1,7 jutaan.

Fitur dan Spesifikasi Oppo F1

  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Ukuran Dimensi Keseluruhan : 143.5 x 71 x 7.3 mm
  • Berat : 134 gram
  • Pelindung : Bagian depan kaca dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 4 dikombinasikan dengan bodi aluminum
  • Tipe Layar : IPS LCD
  • Ukuran Layar : 5.0 inches dengan resolusi 720 x 1280 pixels dan rasio 16:9
  • OS : Android 5.1 (Lollipop)
  • Antarmuka OS : ColorOS 2.1
  • Prosessor Chipset : Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 (28 nm)
  • GPU : Adreno 405
  • CPU : Octa-core (4×1.7 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53)
  • Memori Internal : 16GB 3GB RAM
  • Kamera Utama : 13 MP, f/2.2, PDAF
  • Kualitas Perekaman Video : [email protected]
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0, 1/4″
  • Tipe USB : microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • Fitur Sensors : proximity, accelerometer dan compass
  • Kapasitas Baterai : 2500 mAh
  • Varian Warna : White dan Gold

Ulasan Lengkap Spesifikasi Oppo F1

Desain

OPPO F1 mewarisi cukup banyak dari konsep desain seri R, terutama R7 Lite, masih memiliki desain persegi dengan empat sudut bulat, bingkai unibody logam bulat, terutama pada bagian depan dan kaca melengkung 2.5D sangat mengesankan di bagian depan.

Secara keseluruhan, desain OPPO F1 sama mengesankannya dengan smartphone kelas atas lainnya yang saat ini ada di pasaran. Smartphone ini sangat tipis dan ringan dengan dimensi dan berat masing-masing 7,25 mm dan 134 gram.

Antara bagian depan dan belakang, OPPO menggunakan bezel tipis. Berkat desain ini, perasaan mengenggam dan memegang OPPO F1 di tangan akan sangat nyaman, melekat dan terasa kokoh.

Bagian belakang smartphone ditutupi dengan lapisan khusus, sehingga akan lebih sedikit menempel keringat dan sidik jari. Di bagian belakang, OPPO F1 terlihat sangat mirip dengan R7 Lite, kecuali untuk speakerphone yang terletak di bagian bawah.

Secara khusus, speaker eksternal F1 adalah tiga lubang speaker besar yang disusun dalam baris horizontal di sisi yang sama dari kamera, bukan lubang kecil yang membentuk oval dan terletak di sisi yang berlawanan seperti pada R7 Lite.

Mirip dengan produk lain, OPPO F1 menggunakan 3 tombol navigasi di bagian luar layar, tanpa lampu latar. Oleh karena itu, pengguna akan sedikit sulit untuk mengoperasikan smartphone ketika pertama kali menggunakannya di malam hari atau dalam kondisi cahaya rendah.

Sisi kanan smartphone ini terdapat tombol power, sisi kiri berisi dua tombol untuk menambah dan mengurangi volume, kemudian apda sisi kiri atas terdapat port jack headphone 3.5mm, dan pada bagian bawah terdapat port microUSB dan speaker. Tombol-tombolnya masih terbuat dari logam tetapi ditempatkan pada posisi yang sulit dioperasikan, sehingga pengguna harus menekan dengan agak keras.

Layar

OPPO F1 memiliki ukuran layar 5 inci dengan resolusi HD (1280×720 piksel), menggunakan panel IPS belum Super AMOLED seperti pada seri R. Oleh karena itu, kualitas gambar yang dihasilkan pada OPPO F1 ditampilkan lebih realistis dan jelas. Meskipun sudut tampilan tidak selebar pada AMOLED, warna hitam pada layar ini tidak terlalu dalam.

Kecerahan layar OPPO F1 tidak tinggi. Karena itu, ketika digunakan langsung di bawah sinar matahari, pengguna akan menemui sedikit kesulitan saat melihat layar smartphone.

Performa, fitur, masa pakai baterai

OPPO F1 menjalankan antarmuka ColorOS V2.1.0i, yang disesuaikan berdasarkan platform OS Android 5.1.1 Lollipop. Pengalaman menunjukkan bahwa sistem operasi ini sangat mulus, mengintegrasikan banyak efek menarik, antarmuka yang sederhana, mudah digunakan.

Pengguna dapat dengan mudah menyesuaikannya tampilan pada layar dengan menggunakan theme store (theme) yang sudah diinstal.

Selain itu, OPPO juga telah melengkapi fitur cerdas untuk F1 untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada perangkat, seperti mengetuk dua kali layar untuk menghidupkan / mematikan tanpa menggunakan tombol power, ketuk dua kali tombol rumah virtual di posisi mana pun di layar untuk mematikan ponsel, ambil tangkapan layar dengan cara mudah, cepat membuka aplikasi atau pilihan layar mengunci secara otomatis.

Dalam hal performa dan kinerja, OPPO F1 memiliki konfigurasi yang baik dalam kisaran yang murah 1 jutaan, termasuk prosesor CPU 8-core dengan chip Snapdragon 616, GPU Adreno 405, RAM 3 GB, dan memori internal 16 GB. Smartphone ini mendukung 2 SIM dengan kapasitas baterai 2500 mAh.

Dengan spesifikasi seperti itu, OPPO F1 dengan mudah memenuhi semua persyaratan penggunaan standar smartphone saat ini, mulai dari tugas dasar seperti browsing web, kunjungan Facebook, menjawab chating hingga tugas berat seperti bermain game yang membutuhkan grafis tinggi, dan multitasking. Semua ditangani oleh OPPO F1 dengan mulus dan sangat lancar.

Meskipun memiliki baterai berkapasitas lebih besar dari R7 Lite 2500 mAh, waktu penggunaan baterai bukan menjadi kelebihan OPPO F1. Secara umum, mesin memenuhi permintaan untuk digunakan dalam lebih dari setengah hari.

Jika mulai digunakan pada jam 7 pagi 100% kemudian sampai sekitar jam 5 sore dengan aktivitas normal, baterai smartphone ini akan tersisa sekitar 20%.

Kamera

Mewarisi perangkat lunak yang dioptimalkan dengan baik, smartphone mode OPPO memiliki keunggulan kemampuan fotografi dibandingkan dengan produk lain di segmen yang sama, baik pada kamera depan maupun kamera belakangnya.

Secara khusus, kamera depan OPPO F1 memiliki resolusi 13 MP, menggunakan sensor ISOCELL dan lensa aperture F / 2.2. Smartphone ini dilengkapi dengan fitur-fitur khusus pada smartphone OPPO seperti memungkinkan paparan maksimum 10 detik, foto ultra-resolusi, Panorama, Pencahayaan Ganda, video Timelapse, SlowMotion atau Marco.

Memiliki teknologi pendeteksian fase, membuat kecepatan fotografi OPPO F1 sangat cepat. Kamera  smartphone ini dapat memotret dengan sangat baik, bahkan saat memotret di malam hari atau untuk objek foto yang bergerak. Hasil foto yang diambil dari OPPO F1 sangat detail, warnanya cukup realistis, tidak terlalu berbeda jauh dibandingkan dengan kenyataan, bahkan dalam kasus perbedaan yang kuat antara area terang dan gelap, OPPO F1 masih sangat bagus.

Selain kamera depan, kemampuan selfie juga merupakan kelebihan yang dimiliki OPPO F1. Kamera depan smartphone memiliki resolusi tinggi, hingga 8 MP, mendukung kemampuan untuk mensimulasikan Flash dengan mendorong kecerahan layar secara maksimal.

Tidak berlebihan untuk mengatakan OPPO F1 adalah smartphone foto selfie.  Dengan kamera resolusi tinggi, dikombinasikan dengan mode Beautify 3.0 dan 8 filter warna berbeda, memudahkan pengguna untuk mengambil selfie berkualitas tinggi, apa pun situasinya. Selain itu, kamera depan ini dilengkapi beberapa fitur menarik seperti membuat GIF, merekam video time-lapse, atau menempatkan gambar, dll.

Harga

Dengan harga baru jika masih ada Oppo F1 dijual dengan kisaran Rp.1,7 juta atau jika membeli bekas bisa lebih murah.

Kesimpulan

OPPO F1 pantas menjadi salah satu pilihan bagus di segmen smartphone kelas menengah dengankarena memenuhi sebagian besar kebutuhan pengguna. Smartphone memiliki desain yang indah, rapi, konfigurasi perangkat keras yang baik yang membawa kinerja tinggi dan kemampuan fotografi yang baik di kamera depan dan belakang.

Kelebihan

  • Harga Murah dan terjangkau
  • Desain indah dan rapi
  • Konfigurasi kinerja dan performa masih bisa diandalkan
  • Kualitas fotografi cukup baik

Kekurangan

  • Smartphone keluaran tahun 2016 atau 2017
  • Hanya bisa digunakan untuk game ringan dan kebutuhan penggunaan dasar untuk saat ini
  • Desain di tahun 2019 sudah kurang menarik untuk dibeli

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019