Harian Nusantara

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memiliki Samsung Galaxy M30

Samsung 32 View

Samsung memang salah satu produsen smartphone yang tidak pernah berhenti untuk berinovasi. Hal itu dibuktikan dengan kembali mengeluarkan smartphone Samsung Galaxy M series. Setelah sebelumnya samsung sukses merilis Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20.

Kali ini samsung mengeluarkan Samsung Galaxy M  versi terbaru yaitu Samsung galaxy M30. Pada smartphone Samsung Galaxy M30 terdapat banyak keunggulan dibandingkan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy M10 dan Samsung Galaxy M20.

Fitur dan spesifikasi Samsung M30

  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Dimensi Bodi : 159 x 75.1 x 8.5 mm
  • Berat : 174 gram
  • Tipe Layar : Super AMOLED
  • Ukuran Layar : 6.4 inch
  • Resolusi Layar : 1080 x 2340 pixel dengan rasio 19.5:9
  • OS : Android 8.1 (Oreo), bisa diupgradable ke Android 9.0 (Pie)
  • OS Antarmuka : One UI
  • Prosessor : Exynos 7904 (14 nm)
  • GPU : Mali-G71 MP2
  • CPU : Octa-core (2×1.8 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • Memori Internal : internal 64GB dan 4GB RAM atau pilihah internal 128GB dan 6GB RAM
  • Kamera Utama : 3 Kamera (13 MP, f/1.9, PDAF + 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) + 5 MP, f/2.2, depth sensor )
  • Perekaman Video : [email protected]
  • Kamera Selfie : 16 MP, f/2.0
  • Kapasitas Baterai : 5000 mAh + Fast battery charging 15W
  • Warna : Black dan Blue

 

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Sebenarnya bagian apa saja yang terbaru dari Samsung Galaxy M30 dibandingkan dengan Samsung Galaxy M10 dan Samung M20. Apakah hanya desainnya saja atau ada fitur lain yang lebih menarik dari Samsung Galasy M30. Daripada penasaran kita lihat saja informasi berikut ini.

Prosesor berkecepatan tinggi

Samsung Galaxy M30 dibekali dengan prosesor Exynos 7904 octa core.Sedangkan dari sisi pengolah grafisnya dibekali dengan Mali-G71 MP2. Dengan kombinasi komponen tersebut pengguna sudah bisa memainkan game dengan resolusi tinggi seperti Mobile Legends dan juga PUBG.

Selain itu Samsung Galaxy M30 juga sudah memiliki RAM sebesar 4GB dan juga sudah memiliki kapasitas memori internal sebesar 64 GB. Tapi untuk pengguna yang merasa kapasitas memori internalnya terlalu kecil, kalian jangan khawatir karena sudah disediakan slot microSD yang mendukung penyimpanan mencapai 512 GB.

Layar bersolusi tinggi

Kalo dilihat dari seri Samsung Galaxy M sebelumnya, pada Samsung Galaxy M30 sudah memiliki layar dengan resolusi tinggi. Samsung Galaxy M30 memiliki resolusi Full HD+ 2340 x 1080 pixel.

Selain memiliki ukuran layar 6,4 inchi serta dimensi 159 x 75,1 x 8,5 mm, Samsung Galaxy M30 juga sudah dilengkapi dengan layar super AMOLED. Layar super AMOLED adalah teknologi layar yang berhasil dibuat oleh samsung serta diklaim mampu memberikan gambar dengan warna yang lebih tajam dan cerah .

Walapun ukuran layarnya terbilang besar, bobot yang dimiliki Samsung Galaxy M30 hanya sekitar 174 gram.

Performa kamera

Terdapat 4 kamera pada Samsung Galaxy M30. Tiga buah kamera terletak dibelakang dan satu buah kamera ada didepan. Untuk kamera belakang Samung Galaxy M30 terdiri dari 13 megapixel untuk lensa kamera yang pertama, 5 megapixel untuk kamera kedua dan 5 megapixel juga untuk kamera ketiga yang digunakan untuk memberikan efek bokeh.

Samsung Galaxy M30 juga sudah didukung dengan ultra wide yang mampu mengambil gambar dengan sudut mencapai 123 derajat dengan hasil yang tetap bagus. Tentu dengan sudut yang sebesar itu, pengguna bisa memasukan lebih banyak objek ke dalam satu frame.

Selain kamera belakang yang memiliki performa maksimal. Dibagian kamera depan Samsung Galaxy M30 juga dilengkapi dengan kamera yang memiliki lensa sebesar 16 megapixel. Tentu dibandingkan dengan Samsung Galaxy M20 perbedaanya terlihat cukup jauh. Dimana Samsung Galaxy M20 hanya memiliki lensa kamera berukuran 8 megapixel saja.

Bersertifikat Dolby ATMOS dan Widevine L1

Pada bagian multimedia, Samsung Galaxy M30 tidak main-main untuk memanjakan penggunanya. Hal itu bisa dibuktikan dengan sertifikat Dolby ATMOS dan Widevine L1 yang sudah dimilikinya.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu sertifikat dolby ATMOS dan Widevine L1. Pada serifikat Widevine L1 berhubungan dengan video yang memiliki kualitas HD. Sedangkan serifikat Dolby ATMOS berhubungan dengan kualitas smartphone yang mampu menghasilkan suara 3D.

Selain itu Samsung Galaxy M30 juga sudah dibekali dengan banyak sensor seperti sensor finger print, accelerometer, gyro, geomagnetic, proximity bahkan sampai sensor virtual light sensing yang bisa memberikan keamanan dan juga kenyamanan saat menggunakan smartphone Samsung galaxy M30.

Baterai berkapasitas besar

Saat ini Samsung Galaxy M30 sudah dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh. Bahkan samsung berani mengklaim jika kapasitas baterai sebesar itu bisa digunakan untuk menonton video hingga 25 jam bahkan lebih dan juga bisa digunakan untuk menelpon selam 31 jam.

Dan yang lebih menarik samsung berani mengklaim dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh bisa digunakan untuk memutar musik selama 105 jam atau 4 hari nonstop untuk mendengarkan musik.

Hal lain yang tidak kalah menarik dari Smasung galaxy M30 adalah smartphone ini sudah dilengkapi dengan fast charging berdaya 15 Watt. Tentu untuk proses pengisian daya akan bisa lebih cepat dibandingkan dengan smartphone yang belum dilengkapi dengan fitur fast charging.

Dengan fitur fast charging yang dimiliki Samsung Galaxy M30 diklaim mampu mengisi daya sebesar 25% hanya dalam waktu 20 menit saja.

Android Pie 9.0

Dari awal kemunculannya Samsung Galaxy M30 sudah dibekali dengan sistem android Pie 9.0. Sehingga pengguna tidak perlu lagi untuk mengupdate sistem androidnya seperti yang terjadi pada Samsung Galaxy M20.

Dimana pada Samsung Galaxy M20 menggunakan sistem android Oreo 8.0, sehingga jika ingin menggunakan sistem android Pie 9.0 harus melakukan update terlebih dahulu.

Selain itu tampilan antarmuka Samsung Galaxy M30 sudah menggunakan One UI. Sistem ini merupakan sistem yang sengaja dibuat oleh samsung untuk memberikan pengalaman baru kepada pengguna dalam berinteraksi dengan smartphone.

Sistem One UI memberikan tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk menikmati berbagai fitur yang ditawarkan Samsung Galaxy M30.

Masih aman untuk kesehatan

Samsung mengklaim, smartphone ini nilai SAR adalah 0,409 W/kg, sehingga akan aman untuk kesehatan mata penggunanya.

Adapun batas aman untuk ukuran sebuah smartphone adalah jika nilai SAR kurang dari 6 W/kg. Jadi dapat dipastikan Samsung Galaxy M30 masih sangat aman untuk digunakan karena nilai SAR yang diperoleh masih jauh dari angka 6W/kg.

Setalah melihat beberapa keunggulan ataupun fitur yang ada pada Samsung Galaxy M30, pasti tidak bisa dipungkiri ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Ada beberapa kelamahan yang dimiliki Samsung Galaxy M30 seperti dibawah ini.

Body masih menggunakan bahan plastik

Walaupun desain layar depan Samsung Galaxy M30 sudah memakai kaca dan terlihat berkelas. Tetapi untuk bagian belakangnya masih menggunakan body dengan bahan plastik. Dengan tampilan body belakang yang menggunakan bahan plastik tentu smartphone akan terlihat biasa dan terlihat tidak berkelas.

Tetapi sebenarnya tampilan body yang terbuat dari plastik tidak mempengaruhi performa yang ada pada Samsung Galaxy M30.

Harga Samsung Galaxy M30

Untuk mendapatkan Smartphone Galaxy M30, maka harus mengeluarkan uang sekitar Rp 3.399.000. Harga ini adalah harga resmi yang dikutip dari situs resmi Samsung Indonesia.

 

Kesimpulan

Dari beberapa keunggulan dan kelemahan dari Samsung Galaxy M30 diatas. Untuk smartphone dengan harga 3,4 jutaan, tentu fitur yang ditawarkan Samsung Galaxy M30 sudah cukup bagus jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan harga yang sama. Samsung Galaxy M30 juga terdiri dari dua varian warna yaitu warna gradation blue dan warna gradation black.

Berdasarkan informasi diatas, apakah kalian sudah yakin untuk memiliki Samsung Galaxy M30? Untuk gambaran lebih detail berikut ini adalah kelebih dan kekurangannya.

Kelebihan

  • Ukuran layar besar 6,4 inch dengan resolusi layar 1080 x 2340 pixel dengan rasio 19.5:9
  • Layar sudang menggunakan tipe Super AMOLED
  • Kinerja terbaik dengan prosessor Exynos 7904 (14 nm) dan GPU Mali-G71 MP2
  • Baterai berkapasitas besar sampai 5000 mAh

Kekurangan

  • Kualitas kamera biasa tidak terlalu istimewa
  • Kualitas perekaman video masih kurang stabil
  • Prosessor menggunakan Exynos

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019