Harian Nusantara

Apa yang menarik dari Samsung Galaxy A80, Coba lihat keunggulan vs kelemahannya

Samsung 67 View

Bagi pengguna smartphone yang mengiginkan pengalaman baru dan berbeda dalam mengoperasikan sebuah smartphone, kalian bisa mencoba Samsung Galaxy A80. Pasalnya ada beberapa fitur Samsung Galaxy A80 yang tidak dimiliki smartphone lainnya.

Fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy A80

  • Jaringan : GSM / HSPA / LTE
  • Dimensi Bodi : 165.2 x 76.5 x 9.3 mm
  • Berat : 220 gram
  • Pelindung : Bagian Depan Gorilla Glass 3, Bagian belakang Gorilla Glass 6, ditambah dengan aluminum frame
  • Tipe Layar : Super AMOLED
  • Ukuran Layar : 6.7 inch
  • Resolusi Layar : 1080 x 2400 pixels dengan rasio 20:9
  • OS : Android 9.0 (Pie)
  • OS Antarmuka : One UI
  • Prosessor : Qualcomm SDM730 Snapdragon 730 (8 nm)
  • GPU : Adreno 618
  • CPU : Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver)
  • Memori Internal : 128GB dikominasikan dengan 8GB RAM
  • Kamera Utama : 3 Kamera (48 MP, f/2.0, 26mm (wide) + 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) + TOF 3D camera, f/1.2)
  • Perekaman Video : [email protected] degan fitur gyro-EIS
  • Kamera Selfie : Sama dengan kamera utama dengan fitur Motorized pop-up rotating
  • Fingerprint : Under display dengan sensor optical
  • Kapasitas Baterai : 3700 mAh + Fast battery charging 25W
  • Warna : Ghost White, Angel Gold, dan Phantom Black

 

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan sehingga harganya pun menjadi lumayan tinggi untuk ukuran sebuah smartphone. Oleh karena itu, sebelum kalian memutuskan untuk membeli Samsung Galaxy A80, ada baiknya kalian perlu menyimak informasi tentang fitur ataupun kelebihan dari Samsung Galaxy A80 dibawah ini.

Desain berkualitas premium

Dimensi yang dimiliki Samsung Galaxy A80 adalah sebesar 165,2 x 76,5 x 9,3 mm dengan bobot seberat 220 gram dan sudah menggunakan layar super AMOLED.

Material yang digunakan berbahan metal sementara untuk pelindung bagian belakang menggunakan Corning Gorilla Glass 6 sehingga kesan premium sangat jelas terlihat pada smartphone Samsung Galaxy A80.

Samsung Galaxy A80 memiliki teknologi kamera yang dapat berputar dari belakang ke depan. Sehingga kualitas gambar yang dihasilkan akan sama bagusnya baik untuk pengambilan foto atau video dari bagian depan maupun bagian belakang.

Sementara itu yang tidak kalah menarik adalah adanya tiga varian warna Samsung Galaxy A80 seperti warna angel gold, warna phantom black dan warna ghost white.

Layar yang memanjakan mata

Samsung Galaxy A80 memiliki layar sebesar 6,7 inchi yang dipadukan dengan layar super AMOLED. Tampilan layar Samsung Galaxy A80 juga memiliki desain infinity display karena bagian depan dipenuhi layar yang besar dengan bezel yang tipis serta tanpa notch.

Selain itu resolusi yang ditawarkan pada layar Samsung galaxy A80 juga tidak main-main. Pasalnya Samsung Galaxy A80 memiliki resolusi layar Full HD+ 1080 x 2400 pixel dengan tingkat kerapatan mencapai 393 ppi.

Dengan layar yang dimiliki Samsung Galaxy A80 pengguna tidak perlu khawatir jika

menggunakan smartphone ini dibawah sinar matahari. Karena layar Samsung Galaxy A80 menghasilkan warna dan tingkat kecerahan yang tinggi walaupun penggunaanya dibawah sinar matahari hal itu tidak akan menjadi masalah.

Memiliki teknologi fast charging 25W

Selain desain dan tampilan layar yang premium. Samsung Galaxy A80 juga dibekali dengan baterai dengan kapasitas sebesar 3700 mAh yang dilengkapi dengan teknologi fast charging 25 watt. Sehingga untuk pengisian baterai tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dengan teknologi fast charging yang dimiliki Samsung Galaxy A80 bahkan untuk mengisi daya baterai sebesar 50% hanya membutuhkan waktu 30 menit. Selain itu dengan kapasitas baterai yang cukup besar samsung mengklaim bisa digunakan untuk menelpon selama 30 jam, mendengarkan musik selama 51 jam bahkan untuk menonton video selama 17 jam.

Kamera yang kekinian

Salah satu fitur unggulan dari Samsung Galaxy A80 adalah rotating camera. Dengan teknologi kamera tersebut pastinya pengguna Samsung Galaxy A80 akan memiliki kualitas foto selfie yang sama bagusnya dengan kamera belakang.

Smartphone ini dibekali dengan 3 kamera utama. Untuk kamera utamanya sendiri Samsung Galaxy A80 memiliki lensa 48 megapixel, serta kamera ultra wide dengan lensa 8 megapixel yang bisa menangkap objek 123 derajat dan ditanam juga kamera ToF 3D.

Dengan adanya kamera ToF 3D bisa digunakan untuk live focus selain itu dengan dukungan aplikasi bernama Quick Measure, kamera ToF 3d bisa juga digunakan untuk mengukur objek, seperti berapa jarak antar objek, berapa panjang objek dan berapa ukuran lebar objeknya.

Dengan fitur rotating camera yang dimiliki Samsung Galaxy A80 tiga buah kamera tersebut bisa digunakan sebagai kamera depan dan juga bisa digunakan sebagai kamera belakang.

Memiliki performa yang bagus

Samsung Galaxy A80 menggunakan prosesor Snapdragon 730G octa-core tentunya akan memberikan performa yang bertenaga. Apalagi dikombinasikan dengan RAM sebesar 8GB serta memori internal sebesar 128 GB akan semakin meningkatkan performa dari Samsung Galaxy A80.

Bagi pengguna yang suka bermain game tentunya tidak perlu khawatir. Dengan kualitas yang dimiliki Samsung Galaxy A80 pengguna bisa memainkan game seperti PUBG ataupun Mobile Legend dengan lancar tanpa ada masalah yang berarti.

Selain itu Samsung Galaxy A80 juga memiliki banyak sekali sensor yang terpasang. Dari mulai fingerprint, accelerometer, gyro, hall sensor RGB light sensor bahkan sampai proximity sensor terpasang di Samsung Galaxy A80.

Dari begitu banyaknya fitur yang sudah ditawarkan Samsung Galaxy A80 dari mulai prosesor sampai kamera, apakah ada kelemahannya? Ternyata dibalik keunggulannya yang begitu banyak, Samsung Galaxy A80 memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan penggunanya.

Tidak adanya slot microSD

Sebenarnya hal ini tidak begitu bermasalah. Pasalnya memori internalnya sudah cukup besar dengan kapasitas mencapai 128 GB. Tetapi bagi pengguna yang memiliki data cukup besar untuk disimpan tentu hal itu akan sedikit menjadi masalah.

Terlebih lagi sekarang ini banyak pengguna smartphone yang senang mengabadikan berbagai momen dalam kesehariannya. Apalagi dengan kamera yang dimiliki Samsung Galaxy A80 tentu akan mendorong pengguna untuk lebih sering lagi mengabadikan momen kesehariannya.

Kapasitas baterai

Dengan kecanggihan yang ada pada Samsung Galaxy A80 sepertinya kapasitas baterai sebesar 3700 mAh masih belum cukup. Karena banyak sekali fitur yang bisa dicoba pada Samsung Galaxy A80 sehingga kapasitas baterai 3700 mAh akan terasa kurang.

Walaupun masalah ini bisa sedikit teratasi dengan adanya teknologi fast charging 25 watt, sehingga pengguna tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk pengisian daya baterai.

Tidak ada audio jack 3,5 mm

Kebanyakan smartphone keluaran terbaru membuat inovasi yang menarik dengan menghilangan audio jack 3,5 mm. Hal itu tidak berbeda pula dengan Samsung Galaxy A80 berinovasi dengan meghilangkan audio jack 3,5 mm.

Samsung Galaxy A80 mengganti audio jack 3,5 mm dengan USB Type-C. Dimana USB Type-C bisa digunakan untuk mendengarkan musik sekaligus untuk mengisi daya baterai.

Tapi dengan adanya USB Type-C akan menimbulkan masalah baru, yang mana jika Samsung Galaxy A80 sedang melakukan pengisian daya otomatis tidak bisa digunakan utuk mendengarkan musik, begitu pula sebaliknya.

Harga Samsung Galaxy A80

Diambil dari sumber website resmi dari Samsung Indonesia, untuk mendapatkan smartphone terbaru dan canggih dari Samsung ini. Kalian harus membeli dengan harga resmi dari samsung Rp 9.499.000.

Kesimpulan

Tidak dipungkiri Samsung Galaxy A80 merupakan smartphone yang berkualitas, hal itu terlihat dari kualitas layar yang digunakan, teknologi kamera yang diterapkan bahkan sampai banyaknya sensor yang ditanamkan.

Dari banyaknya fitur yang ada pada Samsung Galaxy A80 tentu harga yang ditawarkan bisa dibilang tidak murah juga. Harga Samsung Galaxy A80 mencapai kisaran 9,5 juta tentu harga tersebut sebanding dengan kualitas yang akan kalian dapatkan.

Tentu jika dibandingkan dengan smartphone lain yang memiliki harga yang sama belum tentu kalian akan menemukan fitur rotating camera seperti yang dimiliki Samsung Galaxy A80.

Meskipun dibalik keunggulannya yang tidak sedikit tetap saja ada beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan. Walaupun kelemahan tersebut tidak menimbulkan masalah berarti bagi pengguna Samsung Galaxy A80.

Kelebihan

  • Desain Berkualitas premium
  • Teknologi fash charging
  • Kamera kekinian
  • Performa yang handal

Kekurangan

  • Tidak ada slot microSD
  • Kapasita baterai kurang besar
  • Tidak ada jack audio 3.5 mm
  • Harga rasa flagship

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019