Harian Nusantara

Review Samsung Galaxy M30s: Smartphone Samsung dengan Baterai Awet

Samsung 28 View

Samsung baru saja mengumumkan perilisan Samsung Galaxy M30s di Indonesia. Ponsel yang satu ini cukup ditunggu-tunggu oleh para antusias smartphone karena fitur dan harganya yang menarik. Seperti yang sudah kita tahu, akhir-akhir ini Samsung sedikit bermurah hati dengan merilis ponsel kaya fitur kelas menengah. Lalu, apa saja yang dibawa oleh Samsung Galaxy M30s? Simak reviewnya berikut ini.

Fitur dan spesifikasi Galaxy M30s

  • Tanggal Perilisan: September 2019 (internasional)

Fisik Samsung Galaxy M30s

  • Dimensi Ponsel: 159 mm x 75.1 mm x 8.9 mm
  • Berat: 188 gram
  • Badan bagian depan full kaca dengan bodi plastik.

Jaringan Ponsel

  • Jaringan: GSM, HSDPA (3,5G) dan LTE (4G)
  • SIM: Dual SIM Nano non Hybrid (bisa aktif dua-duanya)

Layar Ponsel

  • Layar: Dimensi 6,4 inci Super AMOLED dengan rasio 84,2 %
  • Resolusi layar kerapatan 403 piksel per inci

Sensor Ponsel

  • Sensor: sidik jari (bagian depan ponsel), kompas, gyro, proximity, dan accelerometer

Sistem Operasi dan Chipset

  • Sistem Operasi: Android Pie versi 9.0 dan One UI
  • Prosesor: Samsung Exynos 9611 Octa Core
  • GPU (grafis): GPU Mali versi G72

Kamera

  • Kamera depan beresolusi 16 MP dengan apartur f/2.0
  • Kamera belakang terdiri dari 3 kamera:
  • 48 megapiksel dengan apartur f/2.0 lensa wide (lebar)
  • 8 megapiksel dengan lensa ultrawide apartur f/2.2
  • 5 megapiksel dengan sensor kedalaman untuk mode potret
  • Perekaman video dapat dilakukan untuk resolusi 2160p per 30 fps, 1080p per 30 fps dilengkapi image stabilizer (menggunakan sensor gyro)

Baterai

  • Kapasitas baterai Samsung Galaxy M30s adalah 6000 mAh non-removable (tidak bisa dilepas) yang dilengkapi fitur pengisian daya cepat 15 watt.

Memori Ponsel

  • Memori internal dilengkapi dengan kapasitas 64 GB dengan RAM 4 GB, dan kapasitas 128 GB dengan RAM 6 GB.

 

Fitur Konektivitas Lain

  • Hotspot WLAN atau wi-fi untuk tethering dengan frekuensi dual band 802.11
  • GPS versi Glonass dengan sistem BDS
  • Bluetooth versi 5.0 A2DP
  • Kabel USB (konektor charging dan data) tipe C untuk fast-charging.

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Setelah mengetahui spesifikasinya, berikut ini adalah ulasan spesifikasi dan performa lengkap dari ponsel besutan Samsung yang satu ini.

Samsung tidak lagi memberikan spesifikasi yang biasa saja di ponsel kelas menengahnya. Hadir dengan seri A dan M, ini yang membuat Samsung Galaxy M30s menarik untuk dibeli.

Baterai yang Awet di Kelasnya

Menyematkan baterai dengan kapasitas 6000 mAh, Galaxy M30s menjadi salah satu ponsel pintar dengan baterai paling awet di kelasnya. Penggunaan berat seperti bermain games, streaming online, hingga video call dapat bertahan berhari-hari. Penggunaan ringan mampu mempertahankan daya baterai untuk 3-5 hari. Meskipun kapasitas baterainya sangat besar, pengguna tidak perlu khawatir karena sistem pengisian daya dilengkapi dengan sistem fast charging 15 watt. Membutuhkan kurang lebih 2 – 2,5 jam saja hingga baterai penuh.

Kamera Triple dengan Fokus Ultrawide dan Mode Bokeh

Dengan melihat tren ponsel masa kini, rasanya tidak lengkap jika hanya memiliki 1 kamera. Tidak tanggung-tanggung, Samsung menyematkan 3 kamera sekaligus untuk ponsel menengah yang satu ini.

Pertama, ponsel dilengkapi kamera 48 megapiksel dengan apartur f/2.0 yang mampu menangkap gambar dengan lebih jernih dan pikselasi yang rapat. Dilengkapi dengan LED tone flash menjadikan ponsel ini mampu menangkap gambar dengan jelas bahkan dalam keadaan kurang cahaya atau malam hari.

Kedua, ponsel juga dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel dengan sensor ultrawide sehingga pengguna bisa mengambil gambar dengan angle yang lebih jauh dan hasil gambar yang lebih lebar. Selain itu, mode bokeh menjadi semakin sempurna dengan penyematan kamera khusus yaitu kamera 5 megapiksel lengkap dengan sensor kedalaman yang mampu memaksimalkan fokus ke objek pada mode bokeh.

Sensor yang Lebih Lengkap

Samsung dikenal kurang murah hati dengan sensor, namun untuk sebuah ponsel kelas menengah, Samsung M30s memiliki sensor yang cukup lengkap. Samsung Galaxy M30s dilengkapi dengan beberapa sensor seperti sensor proximity untuk mengatur layar agar mati otomatis saat menerima panggilan, sensor akselerometer dan giroskop untuk mengatur orientasi layar agar bisa mode potret dan lanskap, juga sensor dasar seperti kompas. Sayangnya Samsung tetap tidak menyertakan sensor ambient light atau sensor cahaya untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis. Hal ini bisa membuat calon pembeli berpikir dua kali hingga memutuskan memilih Samsung Galaxy M30s.

Harga yang Kompetitif

Dengan maraknya merek ponsel lain yang meluncurkan ponsel dengan harga ekonomis namun fitur yang lengkap, Samsung akhirnya bersedia memangkas sedikit harga ponsel kelas menengahnya. Kisaran harga Samsug Galaxy M30s berkisar 3-5 juta rupiah.

Dengan harga tersebut, pengguna bisa mendapatkan ponsel kualitas Samsung yang memiliki layanan after sale lebih bagus dibandingkan ponsel lainnya.

Bodi Ponsel Masih Plastik

Ponsel ini memang hadir dengan layar infinity dan ukurannya yang besar dan bezel yang hampir tidak ada, namun sayangnya bahan bodi ponsel masih terbuat dari plastik dan bukannya metal. Bahan plastik bisa jadi terkesan lebih murah jika dibandingkan dengan ponsel kelas menengah ke atas.

Tak hanya itu, tidak tercantum ada perlindungan khusus pada layar ponsel meskipun layar ini sudah menggunakan LCD tipe Super Amoled.

Tidak Adanya Sensor Cahaya

Masih menjadi rahasia mengapa Samsung selalu tidak pernah menyematkan sensor cahaya pada ponsel kelas menengah ke bawah. Padahal sensor ini sudah dimiliki oleh ponsel Android merek lain dengan harga dibawah 2 juta. Meskipun alasannya tidak lain agar bisa menjaga harga ponsel ini untuk tetap terjangkau, tidak adanya sensor basic seperti ini cukup disayangkan oleh antusias smartphone.

Pengguna masih perlu mengatur kecerahan layar secara manual pada menu dropdown yang terdapat pada status bar. Hal ini akan sedikit merepotkan bagi yang sering berganti lokasi dari dalam ruangan ke luar ruangan.

Harga Samsung Galaxy M30s

Jika bertanya tentang harga pasar dari Samsung Galaxy M30s terbaru, menurut data yang kami dapatkan dari website resmi Samsung Indonesia. Smartphone terbaik Samsung di tahun 2019 ini dijual dengan harga resmi sekitar Rp 3.099.000.

Kesimpulan

Jika melihat harganya mungkin pengguna akan mendapatka ponsel lain dengan fitur yang lebih lengkap dengan sensor cahaya yang menjadi salah satu kekurangan dasar Samsung Galaxy M30s. Namun kapan lagi bisa mendapatkan ponsel berkualitas Samsung yang memiliki fitur menarik dengan harga yang jauh lebih murah dibanding keluaran sebelumnya?

Karena ponsel Samsung juga masih memiliki performa after sale yang bagus jika dijual lagi atau jika pengguna ingin servis ponsel dan mengklaim garansi, Samsung Galaxy M30s adalah ponsel pintar yang layak di kelasnya.

Kelebihan

  • Baterai awet dan tahan lama di kelasnya
  • Kamera Triple dengan fokus ultrawide dan bokeh
  • Sensor lebih lengkap dari seri sebelumnya
  • Harga kompetitif dan terjangkau

Kekurangan

  • Bodi ponsel terbuat dari plastik
  • Tidak ada sensor cahaya

Itulah review Samsung Galaxy M30s yang memliki baterai awet dan spesifikasi yang mumpuni. Dapatkan ponsel ini di toko resmi Samsung dan pastikan untuk selalu menyertakan garansi. Semoga bermanfaat.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019