Harian Nusantara

Samsung J6 Plus

Samsung 299 View

Sudah tidak asing lagi. Samsung, merupaka produsen ponsel ternama yang selalu menghadirkan berbagai produk berkualitas bagi para konsumenya. Belum lama ini Samsung merilis produk terbarunya, yakni seri Galaxy J6 Plus. Ponsel pintar ini diklaim memiliki desain elegan dan harga terjangkau untuk segmen kelas menengah. Dibanding seri pendahulunya yakni J6, J6 Plus memang hadir dengan sejumlah peningkatan.

Jika kamu ingin memiliki smartphone elegan dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli smartphone garapan Samsung satu ini. Namun sebelum membeli, sebaiknya kamu juga mengetahui berbagai fitur beserta kelebihan dan kekuranganya. Sehingga nantinya kamu tidak salah memilih. Nah, ulasan berikut ini mungkin bisa membantu kamu mengetahui fitur apa saja yang ada pada Samsung Galaxy J6 Plus beserta kelebihan dan kekuranganya.

Fitur dan spesifikasi Samsung M2

Review Desiain

Salah satu kelebihan Galaxy J6 Plus yakni tampilan dan desainya yang elegan. Pada Galaxy J6 Plus ini dibalut dengan bahan plastik Polycarbonate dengan lapisan licin (glossy). Hasilnya, tampilanya mengkilap, terkesan keren dan elegan. Meskipun banyak ponsel lain memiliki tampilan semacam ini, namun pada Galaxy J6 Plus menjadi daya tarik tersendiri.

Review Kamera

Kelebihan kedua pada GalaxyJ6 Plus yakni kameranya yang memiliki kualitas fitur dan lensa cukup bagus. Kamera depan memiliki resolusi 8 MP dan dilengkapi lampu flash. Sedangkan kamera belakang, memiliki dua lensa sekaligus lampu flash. Dengan resolusi 5 MP dan yang kedua adalah 13 MP. Dengan dua lensa ini dapat menghasilkan foto keren, seperti menghasilkan efek blur pada background dan hasil foto yang tajam.

Untuk mengatur tingkat blur sebelum dan sesudah mengambil foto, kamera J6 Plus akan menggunakan fifur unggulanya yakni Live Focus. Selain itu,  hasil foto makin optimal dengan berbagai fitur lain yang tersedia seperti Beauty, Sticker, Panorama dan HDR.

Galaxy J6 Plus juga memiliki kemampuan merekam video hingga resolusi ful HD (1080p) dengan kecepatan 30 fps sehingga hasil video nampak tajam. Namun, karena tidak dilengkapi Optical Image Stabilizer, hasil rekaman video kurang stabil jika direkam pada kondisi bergerak.

Review Triple Slot

Biasanya pada smartphone lain hanya dilengkapi dua slot. Namun pada Galaxy j6 Plus disediakan triple Slot. Ini menjadi kelebihan tersendiri bagi ponsel pintar ini.

Slotnya terdiri dari Slot SIM Card 1 dan 2, dan slot ketiga untuk menempatkan MicroSD. Dengan triple slot ini, kamu tidak perlu repot lagi karena tidak perlu bergantian memasang kartu SIM dengan MicroSD.

Harga

Dengan harga sekitar 2,8 juta, membuat smartphone ini memiliki harga yang terjangkau. Dengan harga segini, kamu sudah bisa memiliki ponsel pintar merk ternama dan mendapatkan pengalaman menjajal berbagai fitur fitur unggulan J6 Plus seperti pada fitur kameranya yang cukup mumpuni.

Kesimpulan

Nah, itulah informasi tentang Samsung galaxy J6 Plus lengkap dengan ulasan berbagai fitur dan berbagai kelebihan maupun kekuranganya. Meskipun banyak kekurangan disana sini, namun beberapa kelebihan J6 Plus masih sangat layak untuk dibeli.

Seperti fitur fitur unggulan yakni Live Fokus maupun efek blur yang sedang tren yang bisa kamu dapatkan dari J6 Plus. Ponsel Ini cocok jika kamu ingin memiliki ponsel pintar merk ternama dengan harga terjangkau, hanya sekitar 2,8 jutaan saja. Harga sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung toko masing-masing.

Untuk bahan pertimbangan lagi, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy J6 Plus

Kelebihan

  1. Desain modern dan kekinian
  2. 2 Kamera utama yang mengesankan
  3. Kinerja yang handal

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, Galaxy J6 Plus juga memiliki berbagai kekurangan seperti smartphone pada umumnya. Beberapa kekurangan Galaxy J6 Plus antara lain :

  1. Mudah kotor

Dengan bahan glossy, memang lebih kelihatan elegan dan mengkilap.  namun bahan ini ternyata juga membuat bodi J6 Plus mudah kelihatan lebih kotor dan mudah menyisakan bekas sidik jari setelah dipakai. Kalau tidak rajin dibersihkan, bodinya kelihatan jelek dan tidak menarik. Lumayan merepotkan, kamu harus rajin mengelapnya.

  1. Layar Tidak Full View.

Smartphone ini menggunakan layar dengan tipe TFT yang memiliki resolusi HD+ atau setera dengan 1480 x 720 piksel dengan ukuran layar sebesar 6 inch.. Namun, sayangnya layarnya tidak Full View.

Padahal saat ini sedang tren smartphone dengan mengusung layar Full View.

Layarnya secara keseluruhan sangat luas, karena hampir seluruh bagian depan layar hanya menyisakan bezel yang tipis. Sedangkan pada J6 Plus, cukup ketinggalan tren kekinian karena layar tidak Full View dan menyisakan cukup banyak bezel dibawah dan dibagian atas layar.

  1. Posisi fingerprint scanner Susah dijangkau

Biasanya fingerprint scanner pada smartphone letaknya mudah ditemukan pengguna. Bisa diletakan di bodi belakang atau sekarang yang lebih canggih, fingerprint scanner  diletakan dilayar. Cara penggunaanya juga gampang, tinggal menyentuh layarnya.

Namun, hal ini berbeda jika kamu mencari fingerprint pada J6 Plus. Sekilas kamu tidak akan menemukanya. Padahal sebetulnya ada. Ternyata, fingerprint scanner pada J6 Plus letaknya di bodi sebelah kanan. Menyatu dengan tombol power dan hanya jari jempol saja yang mudah menjangkau fingerprint tersebut. Dengan memiliki ukuran seperti tombol power. Jadi susah dijangkau dan kurang praktis.

  1. Kinerja Masih Kalah dengan Smartphone dikelasnya

Sebelum membeli smartphone ini, sebaiknya juga pertimbangkan kinerjanya. Samsung Galaxy J6 Plus menggunakan prosesor  Exynos 7870 Quadcore buatan Samsung sendiri. Untuk sistem operasinya, J6 Plus mengandalkan OS Android 8.1

Ponsel ini memiliki RAM 3 GB dan Memori internalnya 32 GB. Ada juga varian lain J6 Plus yang memiliki RAM 4 GB dan memori internalnya 64 GB. Kinerja Galaxy J6 Plus  ternyata ketinggalan jauh dibanding Realme U1 yang sama sama satu level dan sama sama seharga dua jutaan.

Ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Realme U1 memiliki skor kinerja lebih tinggi yakni 134.635. Begitu juga ketika dibandingkan dengan Asus Zenfone Max Pro M2 yang belum lama dirilis, Samsung Galaxy J6 Plus juga kalah jauh.

Pada aplikasi AnTuTu Banchmark, smartphone dari Asus ini mendapatkan poin 133.312. Pada smartphone terbaru dari asus ini ditenagai dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 yang dikombinasikan dengan RAM 3GB + memori internal 32 GB, dengan memiliki harga yaitu Rp2.799.000.

  1. Kapasitas Baterai

Baterai Samung Galaxy J6 Plus memiliki kapasitas sebesat 3.300 mAh yang dapat bertahan sekitar 15 jam jika hanya untuk menonton video. Namun jika untuk internetan dengan wifi, dapat bertahan selama 16 jam. Sedangkan untuk charging (isi ulang) baterai, membutuhkan waktu kurang lebih selama  tiga jam.

Jika dibandingkan, kapasitas Baterai Samsung Galaxy J6 plus kalah dengan Realme U1 yang memiliki kapasitas baterai sebesar 3.500 mAh.

Jika kita bandingkan dengan Asus Zenfone Max Pro M2, maka jelas akan kalah jauh. Kapasitas baterai Galaxy J6 Plus hanya sebesar 3.000 mAh, sedangkan Asus Xsnfone Max Pro M2 memiliki daya kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019