Harian Nusantara

Samsung Galaxy Note 9

Samsung 40 View

Dijuluki The New Super Power Note, Samsung Galaxy Note 9 merupakan salah satu smartphone cukup mewah yang memiliki banyak fitur keren. Mulai dari memori internal yang super jumbo, kapasitas baterai besar, sampai dengan S Pen yang canggih.  

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Galaxy note 9 dibekali dua kamera utama dan sensor sidik jari yang berada di bawah kamera sehingga mudah dijangkau jari ketika menggunakanya. Untuk memor internal smartphone ini menggunakan 128 GB dan RAM 6GB.. Selain itu, ada juga Galaxy Note 9 menggunakan RAM sebesar 8 GB dan ROMnya sebesar 512 GB, sangat lega.

Smartphone ini memiliki prosessor yang berbeda, untuk pasar di Cina dan Amerika menggunakan prosessor Sanpdragon 845, sedangkan yang dipasarkan secara global menggunakan prosessor Exynos 9810. Lalu bagaimana fitur dan spesifikasi lainya ? Simak ulasan berikut ini.

Desain

Dari penampilan desainya, sebangun dengan desain Note 8. Jika dibandingkan dengan Oppo Find X yang futuristik,  Galaxy Note 9 tampangnya agak kuno. Namun detail desainya cukup mengesankan. Bodinya terbuat dari Kombinasi material logam dan kaca sedangkan pada tepi layar melengkung di kedua sisinya.

Dibanding pendahulunya, Galaxy Note 9 memang lebih tebal, lebih lebar dan agak lebih berat, berdimensi  161.9×76.4×8.8 mm dan bobot 201 gram. Hal ini  karena terjadi peningkatan kapasitas layar dan baterai. Layar ponsel cerdas ini 6,4 inci dan daya baterainya 4.000 mAh.

Menganai ketak sensor sidik jari (fingerprint) pada Galaxy note 9, Samsung telah menata ulang posisinya agar lebih gampang dijangkau.

Sebelumnya, fingerprint diletakan persis di sebelah kamera. Pada Samsung Galaxy Note 9 diletakan pada bagian bawah kamera. Untuk tombol power, berada di sisi kanan. Sedangkan untuk tombol Bixby dan tombol volume rocker terletak di bagian kiri.

Di bagian atas bodi, terdapat SIM tray dengan slot nano dan mikro (hybrid) dan terdapat mic sekunder. Dibagian bawahnya terdapat jack audio 3/5 mm, da nada port baru yaitu port USB Type-C, tempat Stylus S-Pen dan speaker.

Layar Super AMOLED 6,4 Inci

Ukuran layar Samsung Galaxy Note 9 yakni  6,4 inci  dengan resolusi Full HD+ (1440×2960 piksel /516 ppi) dalam aspek rasio 18.5:9. Dengan panel Super AMOLED, telah diproteksi Corning Gorilla Glass 5 dan mendukung format HDR 10.

Kualitas tampilan layarnya keren dan rasanya tidak lerlu diragukan lagi. Dengan sudut pandang melihat layar yang luas, serta dapat menampilkan warna yang hitam pekat dan banyak warna.

Ada beberapa mode layar pada Galaxy Note 9. Kalian bisa mencoba mode seperti layar Amoled Cinema, basic, Amoled photo, dan mode adaptif display yang dapat mengatur otomatis penyesuaian saturasi, ketajaman dan tentang warna pada layar.

UI Samsung Experience

Samsung Galaxy Note 9  menjalankan Android 8.1 Oreo dan Dibalut user interface Samsung dengan seri Experience versi 9.5. Sehingga dapat melakukan pengaturan akan lebih mudah dan banyak fitur.

Saat kondisi Locksreen pengguna masih dapat melihat tanggal dan waktu, serta pengguna masih bisa melakukan panggilan telepon ataupun hanya untuk membuka aplikasi kamera. Kemudian pada area homescreen,  bisa ditambah sesuai kebutuhan. Selain terdapat aplikasi Google dan Samsung, ada juga sejumlah aplikasi dari Microsoft.

Kamu bisa menyembunyikan aplikasi di smartphone dan diurutkan secara kustom. Jika ingin ke layar menu utama, pengguna cukup mengusap layar dari bawah ke atas.

Untuk meningkatkan kenyamanan bermain game, Ponsel cerdas ini dilengkapi sistem pendingin water carbon dan game launcher.

Performa Samsung Galaxy Note 9

Dengan dukungan prosesor Exynos 9810 yang memiliki 8 otak dengan kecepatan clock hingga 2.9 GHz, performa Galaxy Note 9 cukup mumpuni. Dibanding pendahulunya galaxy s9, prosesor pada Galaxy Note 9 memiliki performa Cpu 53 persen jauh lebih kencang.

Kualitas grafis pun memiliki performa lebih baik dibanding pendahulunya. Dengan performa mumpuni, Ponsel pintar ini juga dirancang untuk meningkatkan pengalaman gaming. Dilengkapi fitur Smart Performance Adjuster, memungkinkan agar gaming lancar tanpa kendala. Meski digunakan untuk aktivitas berat,  teknologi Water Carbon Cooling System yang tersemat pada ponsel ini, akan tetap menstabilkan suhu panas.

Kapasitas Memori Internal Super Jumbo

Untuk ukuran sebuah ponsel pintar, Galaxy Note 9 memiliki Memori internal sangat besar, untuk spesifikasi tertingginya yakni hingga 512 GB.

Bahkan, penyimpanan sebesar ini masih bisa ditambah MicroSD hingga 512 GB. Jadi, jika ditotal, memori internal mencapai lebih dari 1 tera byte (TB), sangat besar. Sedangkan pada memori RAMnya, ponsel ini dibekali dua versi yaitu dengan 6 GB RAM atau 8 GB RAM.

Kamera Samsung Galaxy Note 9

Kamera Samsung Galaxy Note 9 menjadi salah satu fitur yang diunggulkan. Sama seperti Galaxy S9, ponsel ini dilengkapi dua kamera utama. Keduanya memiliki resolusi sama, yakni 13 Megapixel. Satu kamera utama, mampu mengubah bukaan kamera secara mekanik dari F1.5 ke F2.4.

 

Bukaan FI.5, memungkinkan hasil potretan dimalam hari menjadi terang dan bukaan F2.4, berfungsi membuat hasil foto menjadi lebih detail. Sedangkan kamera lainya pada Galaxy Note 9 ini dibekali Optical Zoom, kamu bisa memperbesar tangkapan layar tanpa memecah resolusi dan tanpa mengurangi kualitas gambar.

Harga

Dengan berbagai fitur dan performa mumpuni, Samsung Galaxy Note 9 dibandrol dengan harga cukup tinggi. Untuk Galaxy Note 9 yang memiliki ROM sebesar 128 GB dan RAM 6 GB, harganya sekitar Rp. 13.499.000. (Tiga belas Juta Empat Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah) Sedangkan Galaxy Note 9 versi ROM 512 GB dan RAM 8 GB dibandrol dengan harga 17.999.000.

Kelebihan S Pen Samsung Galaxy Note 9

S-Pen ini sudah support teknologi Bluetooth versi terbaru yang lebih canggih dan smart. Seperti yang kamu ketahui, fungsi S Pen bisa digunakan untuk mengoperasikan aplikasi pada ponsel pintar. Misalnya, dipakai untuk slide prensentasi, dijadikan tombol shutter untuk memudahkan selfie dari jarak jauh dan masih banyak lagi. Mengisi ulang S Pen cepat dan mudah. Masukan saja ke dalam ponsel selama 40 detik agar bisa dipakai selama 30 menit.

Keamanan Tinggi

Samsung seolah ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen melalui Galaxy Note 9. Tidak sekedar performa atau fitur kamera yang canggih. Kemanan ponsel ini dibuat sedemikian tinggi.

Dibekali sertifikasi IP68, Galaxy Note 9 diklaim tahan air hingga kedalaman 1.5 meter. Untuk menjaga keamanan data, ponsel pintar ini juga didukung proteksi Samsung Knox dan fitur pemindai lain.  Dengan kombinasi teknokogi keamanan yang didukung pemindai sidik jari, wajah dan pemindai retina, keamanan makin sempurna.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang Smartphone Galaxy Note 9. Memang harganya cukup mahal. Namun rasanya terbayar dengan spesifikasi dan berbagai fitur mumpuni.

Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya. Untuk pembelian perdana, kamu bisa mendapatkan promo promo menarik dari Samsung jika beruntung. seperti uang Cashback, atau hadiah berupa LED TV. Namun promo ini berlaku untuk waktu terbatas.

Oiya. Harga diatas sewatu waktu dapat berubah. Tergantung toko masing-masing.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019