Harian Nusantara

Samsung Galaxy S9

Samsung 36 View

Samsung selalu berusaha menghadirkan ponsel cerdas berkualitas. Seperti seri Galaxy S9 yang hadir dengan layar Super AMOLED capacitive touchscreen yang mampu menghasilkan sebanyak 16 juta warna.

Fitur dan spesifikasi Samsung S9

Desain dan Layar

Memiliki ukuran layar cukup luas, 5.8 inci, ponsel cerdas ini mampu menghasilkan resolusi layar QHD 1440 x 2960 pixels yang sangat jernih. Selain itu, Galaxy S8 juga dilindungi proteksi layar Corning Gorilla Glass 5.

Desainnya sangat mirip dengan seri Galaxy S9 sebelumnya. Pada Galaxy S9 sensor sidik jari tidak lagi berada di samping kanan bodi. Karena sudah diletakan di bawah sensor kamera utama di bagian belakang.

Dengan desain ini maka memungkinkan pengguna agar dengan mudah mengakses sebagian besar area pada layar depan dan menggunakan sensor fingerprint. Dengan ukuran layar 5,8 inci dan memiliki bezel yang sangat tipis di bagian tepi atas dan di tepi bawah layar, membuat smartphone ini dapat dengan mudah dioperasikan menggunakan satu tangan.

Desainnya terbalut kombinasi bahan logam dan kaca berkilauan dengan mempertahankan tampilan melengkung khas ponsel premium. Namun sayang, lapisan kaca mudah terlihat kotor oleh jejak sidik jari penggunanya. Jadi harus rajin dibersihkan.

Pada bagian belakang ponsel, terlihat kusam karena memang sifat alami permukaan yang terbuat dari kaca. Galaxy S9  memiliki 5 pilihan warna yang menarik. Antara lain, Lilac Purple, Coral Blue, Midnight Black, Sunrise Gold dan Titanium Gray.

Performa dan Kinerja

Pada jeroanya, menggunakan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) dengan dilengkapi dapur pacu chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang menjalankan prosesor Octa-core dengan grafis GPU Mali-G71MP20. Galaxy S9 didukung kapasitas RAM 4 GB dan memori internalnya 64 GB serta terapat microSD berkapasitas hingga 256 GB.

Kamera

Pada lini kamera menggunakan kamera utama 12 MP dilengkapi dengan fitur Dual Pixel PDAF), autofocus, phase detection, LED Flash dan OIS. Sedangkan kamera depan beresolusi 8 MP, didukung auot HDR.

 

Baterai dan Fitur Lainnya

Smartphone flagship Samsung ini sudah memiliki sertifikasi IP68, yang artinya bisa bertahan di dalam air selama 30 menit di kedalaman maksimal 1 meter. Pada baterainya, memiliki kapasitas 3800 mAh yang dilengkapi teknokogi fast charging.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy S9 banyak keunggulanya. Mulai dari spesifikasi, performa,  tampilan visual, serta banyak fitur fitur unggulan lain yang mungkin tidak terdapat pada ponsel cerdas lain. Meski juga ada kekuranganya. Jika tidak terlalu mempermasalahkan harga, Galaxy S9 masih menjadi ponsel cerdas istimewa yang diminati.

Kelebihan

  1. Layar Super AMOLED Quad HD

Memiliki ukuran layar 5,8 inci dengan 18.5:9 untuk rasio layarnya,  sehingga smartphone ini tampak lebih panjang. Tampilan visualnya cukup mengesankan  didukung  resolusi Quad HD+ 1440 x 2960 pixels dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Layar Samsung Galaxy S9 merupakan Super AMOLED Quad HD yang memungkinkan menampilkan visual lebih jernih, lebih nyata dan full View dengan bantuan teknogi infinity display.

  1. Desain Anti Air

Desain Samsung Galaxy S9 memang premium dibalut dengan bahan yang menampilkan kesan mewah.

Bagian bodi smartphone ini menggunakan panel kaca melengkung di bagian depan belakang, yang dipisahkan dengan sebuah bingkai alumunium. Galaxy S9 juga sudah bersertifikat IP68, didesain khusus  memiliki kemampuan bertahan di air pada kedalaman 1,5 meter selama kurang lebih 30 menit.

  1. Kamera

Kamera depan Galaxy S9 yang beresolusi 8 MP dengan bukaan f/1.7 cukup bisa diandalkn untuk selfie. Fifur panorama yang tersedia memungkinan mengambil banyak foto selfi sekali jepret.

Untuk kamera belakang, samsung Galaxy S9 hadir dengan satu kamera 12 MP dan memiliki dua bukaan/aperrure sebesar f/1.5 sehingga sensor lensa kamera ini bisa digunakan memotret pada kondisi yang kurang cahaya, yang kedua adalah aperture f/2.4 untuk mengambil gambar di tempat terang. Kamera belakang juga sudah dilengkapi fifur sepertj OIS, LED Flash, Picel PDAF dan  simultaneous 4K video.

  1. Kualitas Audio Dolby Atmos + AKG

Samsung Galaxy S9 dibekali dengan dual spekeer yang terletak di kiri dan kanan. Didukung oleh teknologi Dolby Atmos + AKG, Galaxy S9 mampu menghasilkan kualitas suara jernih dan akurat.

  1. Performa Kencang

Samsung Galaxy S9 punya dua jenis prosesor.  Khusus untuk pasar Amerika dan Cina menggunakan prosesor chipset Snapdragon 845. Sedangkan untuk pasar global termasuk Indonesia, menggunakan chipset buatan Samsung sendiri yakni Exynos 9810.

Baik Galaxy S9 versi Snapdragon 845 maupun versi Exynos 8910 sama sama mampu membuat performa ponsel ini kencang. Untuk memainkan game cukup besar seperti final fantasy IX atau tekenn berjalan lancar tanpa ada masalah. Galaxy S9 versi Exunos 9810 bahkan mampu mengalahkan Sony Xperia XZ2 yang menggunakan snapdragon 845.

  1. Super Slow-motion 960 fps

Samsung Galaxy S9 memiliki fitur keren yakni fitur slow-motion. Cocok untuk yang suka berkreasi dengan video. Ketika menggunakan fitur ini perekaman video akan lebih lambat dari durasi 0,2 detik bisa menjadi 6 detik pada perekaman 960fps.

  1. Intelligent Scan

Fitur Intellegent Scan adalah fitur yang menggabungkan  Face Recognition dan Iris Scan. Fitur ini berfungai mensinkornkan pemindai wajah dan mata. Proses scanning juga relatif cepat.

  1. Bixby yang Lebih Baik

Bixby adalah asisten pintar buatan Samsung. Kinerjanya mirip Aple Atau asisten google. Pada Ponsel cerdas milik Samsung lain, Bixby dinilai kemampuanya kurang bahkan malah mengganggu kenyamanan pemaiakan ponsel. Namun, di Samsung Galaxy S9, Bixby berfungsi optimal.

Meski sebenarnya bagi sebagian orang cukup memakai asisten Google, tapi Bixby pada Galaxy S9 menawarkan kemampuan berbeda yang lebih baik.

Kekurangan

  1. Desain Monoton

Soal desain, Galaxy S9 nampak tidak ada perkembangan. Hanya ada sedikit perubahan kurang berarti mungkin terkesan monoton. Bentuknya Mirip pendahulunya seperti Galaxy S8 maupun Galaxy Note. Desain yang tidak dikembangkan, sehingga tidak banyak fitur dan hardware baru yang ditambahkan.

  1. Tidak ada Dual Kamera

Dual kamera saat ini seperti sudah menjadi tren pada ponsel pintar. Apalagi untuk ponsel Flagship yang fiturnya lengkap.Pasti juga memiliki kamera ganda.

Namun, pada Samsung Galaxy S9 tidak dilengkapi dual kamera. Meski kamera pada ponsel ini cukup mumpuni, namun tetap saja, dual kamera cukup penting. Hal ini bisa menjadi satu kekurangan Galaxy S9.

  1. Mahal

Kekurangan lain pada Samsung Galaxy S9 yakni harganya relatif mahal. Harganya mulai dari 6 sampai jutaan. Bandingkan dengan ponsel cerdas lainya yang bahkan dibandrol hanya satu atau dua jutaan dan dibawah lima jutaan. Sangat timpang.

Namun tentu saja. Harga membawa kualitas. Kualitas Galaxy S9 jelas lebih baik dalam banyak hal jika dibandingkan dengan ponsel entry level. Lagipula, untuk orang orang tertentu harga segini mungkin masih terjangkau. Karena mahal relatif.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019