Harian Nusantara

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S10 Edge

Samsung 55 View

Samsung Galaxy S10 Edge merupakan ponsel seri S generasi ke 10 yang meluncur setelah Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10 plus pada Februari 2019 lalu.

 

Dilansir dari berbagai sumber, tahukah kamu jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10+, harga Samsung Galaxy S10e sebenarnya lebih murah? Kenapa demikian? Padahal bukankah seri S10 Edge ini termasuk baru turun jika dibandingkan denga Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10+?

Yups! Terdapat alasan tertentu, Gengs! Sebab harganya yang lebih murah itulah ada konsekuensi spesifikasi tersendiri pada Samsung Galaxy S10e yang harus dikurangi, Gengs! Lalu, lagi-lagi karena harganya paling murah, secara otomatis spesifikasi Samsung Galaxy S10e memang paling rendah jika dibandingdengan  2 seri lainnya.

Fitur dan spesifikasi

  • Jaringan : GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • Dimensi Bodi : 142.2 x 69.9 x 7.9 mm
  • Berat : 150 gram
  • Pelendung : depan belakang menggunakan kaca Gorilla Glass 5 dengan aluminum frame
  • Fitur : IP68 anti debu dan air sampai kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
  • Tipe Layar : Dynamic AMOLED
  • Ukuran Layar : 5.8 inches
  • Resolusi Layar : 1080 x 2280 pixel dengan rasio 19:9 ratio
  • Fitur Layar : HDR10+ dan Always-on display
  • OS : Android 9.0 (Pie)
  • Antarmuka OS : One UI
  • Chipset Prosessor : Exynos 9820 (8 nm)
  • GPU : Mali-G76 MP12
  • CPU : Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M4 & 2×2.31 GHz Cortex-A75 & 4×1.95 GHz Cortex-A55)
  • Memori Internal : Internal 128GB dengan 6GB RAM dan 256GB dengan 8GB RAM
  • Kamera Utama : Dual Kamera (12 MP, f/1.5-2.4, 26mm (wide), + 16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) )
  • Kualitas Perekaman Video : [email protected] dengan fitur perekaman video gyro-EIS & OIS, HDR10+, stereo sound rec., dan dual-video rec.
  • Kamera Selfie : 10 MP, f/1.9, 26mm (wide)
  • NFC : Ada
  • Tipe USB : USB Type-C 1.0
  • Sensors : Fingerprint dibagian samping, gyro, accelerometer, compass, proximity dan barometer
    • ANT+
  • Kapasitas Baterai : 3100 mAh + Fast battery charging 15W
  • Varian Warna : Prism Green, Flamingo Pink, Prism Black, Canary Yellow, Prism Blue, dan Prism White

Harga

Untuk jumlah uang yang harus dikeluarkan, Smartphone Samsung Galaxy S10 edge yang dikata paling murah ini, ternyata dijual dengan kisaran harga Rp 10.499.000. Dengan harga selisih sekitar 2,5 jutaan dibanding dengan seri S10 dan dengan S10+ memiliki selisih sekitar 3,5 jutaan. Tidak seperti Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10+ yang selisih harganya hanya 1 jutaan, selisih harga Samsung Galaxy S10e ke seri lainnya merupakan seri yang termasuk cukup tinggi.

Ini menandakan Samsung akan mengurangi beberapa fitur dari 2 seri diatasnya. Nah! Untuk kamu yang sedang mencari smartphone baru, harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari seri Galaxy S10e. Yuk! Silahkan simak penjalasan tentang fitur dan spesifikasi Galaxy S10e berikut ini.

Oya! Meski harga Samsung Galaxy S10e merupakan termasuk harga yang paling murah dibanding 2 seri lainnya, tentu hal ini memberi keuntungan tersendiri buat kamu calon pembeli Samsung Galaxy S10e, Gengs! Memiliki harga murah, tetapi pengguna masih bisa merasakan smartphone kelas flagship dari samsung yang tidak diragukan kualitasnya.

Review Desain

Sekilas jika dilihat dari tampilan depan, Samsung Galaxy S10e juga mengusung desain layar Infinity O Display. Jadi pada smartphone ini kamera akan dimasukan ke dalam layar! Dengan teknologi Infinity-O ini, samsung memberikan kesan pada layar memiliki lubang atau orang juga ada melihatnya sebagai tahilalat. Padahal itu hanyalah sebuah kamera. Unik yah!

Review Kamera

Perbedaan yang terlihat adalah dari jumlah kamera utmanya di bagian belakang. Samsung Galaxy S10e ini hanya memiliki 2 kamera bagian belakang. Sementara itu, Samsung Galaxy S10+ dan S10 sendiri sudah mempunyai 3 kamera untuk bagian belakang. Nah! Untuk ukuran ponsel Samsung Galaxy S10e sendiri sebenarnya juga lebih ringkas jika dibanding dengan 2 saudaranya. Tentu hal ini sangat tepat buat kamu-kamu yang kurang suka jika menggunakan ponsel berukuran besar sebab terlalu memakan ruang tangan.

Review Layar

Sementara untuk spesifikasi layar, Samsung Galaxy S10e telah dibekali layar seluas 5.8 inci dengan resolusi Full HD+. Untuk resolusi dan ukuran lebih kecil, jika kita bandingkan dengan seri S10 dan S10 Plus.

Memiliki ukuran lebih ringkas membuat smartphone ini sangat cocok untuk pengguna yang tidak suka dengan ukuran smartphone yang besar, karena ukuran yang kecil ini bisa lebih mudah digunakan.

Perbedaan lainya terdapat pada layar, pada bagian tepinya dibuat lebih flat dan tidak melengkung seperti seri lainnya.

Kekurangan yang mencolok dari seri Galaxy S10e ini adalah tidak memiliki sensor sidik jari di bawah layar. Tapi, tetap memiliki sensor sidik jadi dibagian samping bersamaan dengan tombol power. Smartphone ini cocok untuk pengguna yang tidak suka dengan smartphone sekarang yang memiliki ukuran teralu besar.

Review Kamera

Sama halnya seperti Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy S10e juga terdapat satu kamera bagian depan layar. Kamera depannya kini memiliki resolusi mencapai 10 MP. Untuk bukaan lensa cukup besar, ditambah dengan teknologi Dual Pixel PDAF membuat smartphone ini dapat menghasilkan foto selfie yang jernih.

Tahukah kamu, kenapa Samsung Galaxy S10e ini hanya memiliki 2 kamera bagian belakang? Lalu kenapa pada seri lainnya terdapat 3 kamera pada bagian belakangnya? Hal ini dikarenakan Galaxy S10e tidak memiliki kamera tele yang beresolusi 12 MP. Samsung Galaxy S10e tidak memiliki kemampuan optical zoom 2x karena tidak ada kamera telephotonya.

Untuk 2 kamera lainnya spesknya mirip dengan 2 seri diatasnya dengan resolusi 12 MP ditambah dengan kamera ketiga yang memiliki fungsi sebagai kamera ultra wide 123 derjat dengan resolusi 16 MP.

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Untuk setiap ponsel tentu memiliki kecepatan kinerja masing-masing, bukan? Lalu, berapa sih kapasitasnya?  Nah! Untuk kinerja yang powerfull dari smartphone ini menggunakan prosessor chipset Exynos 9820 Octa Core, yang kemampuannya sama dengan Snapdragon 855.Sehingga performa mesin smartphone ini tidak diragukan lagi. Kamu yang sudah membultikannya dengan membeli, akan mengatakan super ngebut, Gengs.

Jika kamu membaca banyak referensi tentang Samsung Galaxy, kamu akan tahu hasil saat dites dengan skor AnTuTu, ponsel Galaxy ini telah menghasilkan angka 325,192. Walaupun poin tidak terlalu tinggi dibanding 2 seri lainnya, smartphone ini masih lebih baik dibanding smartphone dari XIaomi yaitu Xiaomi Pocophone F1 yang menggunakan chipset Snapdragon 845.

Untuk kapasitas memori dari smartphone ini tersedia dengan RAM 6 GB dengan kombinasi memori internal 128 GB, yang sudah cukup besar untuk smartphone saat ini. Jika masih kurang banyak, pengguna masih bisa menambahkan kapasitas memorinya dengan tambahan kartu MicroSD sampai 512 GB.

Kesimpulan

Kelebihan

Nah! Gimana Gengs? Setelah mengulik artikel di atas, apakah kamu tertarik untuk membelinya? Jangan ragu! Smartphone ini adalah alternatif terbaik untuk pengguna yang mencari smartphone flagship terbaru dengan ukuran lebih ringkas dan memiliki harga murah.

Ponselnya sama seperti ponsel-ponsel yang tersebar di pasaran pada umunya. Memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Dengan kelebihan harga yang murah, ukuran lebih ringkas, memiliki kualitas layar terbaik Samsung, kinerja smartphone yang handal menjadikan Samsung Galaxy S10e sangat layak untuk dibeli.

Kelemahan

Di sisi lain ada kelebihan, ponsel ini juga memiliki kekurangan. Jika melihat kekurangan dari smartphone Galaxy S10e, ada beberapa hal mungkin perlu dipertimbangkan seperti pada sensor kamera ultra wide tidak ada fitur autofocus, sensor fingerprint belum menggunakan teknologi terbaru, kualitas kamera lebih rendah dibanding 2 smarphone diatasnya dari seri yang sama.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan rekomendasi ini?

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019