Harian Nusantara

Secanggih apa Samsung Galaxy Note 10, apakah masih ada kelemahannya..?

Samsung 95 View

Belum lama ini samsung kembali meluncurkan salah satu karya terbaiknya yaitu Samsung Galaxy Note 10.

Tentu saja kehadirannya sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat yang setia dengan smartphone Samsung. Tidak sedikit pula yang penasaran dan ingin tahu informasi lebih banyak tentang fitur apa saja yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 10.

Samsung Galaxy Note 10 sebagai salah satu smartphone terbaru keluaran pabrikan samsung tentu tidak main-main dalam memanjakan pelangganya di seluruh dunia dengan fitur unggulan yang dimilikinya.

Sebenarnya keunggulan apa saja yang dimiliki Samsung Galaxy Note 10? Apakah memang benar lebih canggih dari Samsung Galaxy versi pendahulunya? Selain itu apakah Samsung Galaxy Note 10 masih memiliki kelemahan?

Fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy Note 10

  • Jaringan : GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
  • Dimensi Bodi : 151 x 71.8 x 7.9 mm
  • Berat : 168 gram
  • Pelindung : depan/belakang Gorilla Glass 6, frame aluminum
  • Tipe Layar : Dynamic AMOLED
  • Ukuran Layar : 6.3 inches
  • Resolusi Layar : 1080 x 2280 pixel dengan rasio 19:9
  • OS : Android 9.0 (Pie)
  • OS Antarmuka : One UI
  • Prosessor : Exynos 9825 (7 nm) atau Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
  • CPU : Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M4 & 2×2.4 GHz Cortex-A75 & 4×1.9 GHz Cortex-A55) atau Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)
  • GPU : Mali-G76 MP12 atau Adreno 640
  • Memori Internal : 256GB dengan 8GB RAM
  • Kamera Utama : 3 Kamera (12 MP, f/1.5-2.4, 27mm (wide), + 12 MP, f/2.1, 52mm (telephoto) + 16 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide) )
  • Perekaman Video : [email protected]/60fps dengan fitur gyro-EIS & OIS, HDR10+, stereo sound rec., dual-video rec.
  • Kamera Selfie : 10 MP, f/2.2, 26mm (wide)
  • Kapasitas Baterai : Li-Ion 3500 mAh + Fast battery charging 25W
  • Warna : Aura Glow, Aura Black, Aura White, Aura Red dan Aura Pink

 

Ulasan Spesifikasi dan Performa

Mungkin bagi kalian yang penasaran langsung saja simak informasi dibawah ini mengenai beberapa spesifikasi dan performa yang ada pada Samsung Galaxy Note 10.

Kemampuan prosesor yang tidak perlu diragukan

Salah satu komponen yang memiliki pengaruh besar terhadap kinerja atau performa sebuah smartphone tidak lain adalah dilihat dari prosesornya.

Tidak main-main pada Samsung Galaxy Note 10 ditanam sebuah prosesor Exynos 9825 octa core. Prosesor ini merupakan prosesor generasi terbaru yang diproduksi oleh Exynos, sehingga untuk performa jangan diragukan lagi karena memiliki kemampuan paling tinggi di kelasnya untuk sekarang ini.

Ukuran RAM yang besar

Sudah menjadi rahasia umum kalo Samsung Galaxy Note 10 dibekali dengan dua varian RAM ada yang 8GB bahkan sampai 12 GB. Tapi untuk Samsung Galaxy Note 10 dengan RAM 12 GB kabarnya hanya akan dikeluarkan di Korea.

Untuk ukuran RAM sebuah smartphone, ukurannya termasuk besar bahkan jauh lebih besar dibandingkan ukuran RAM sebuah laptop yang ada dipasaran.

Tentu dengan dukungan prosesor dan RAM yang sangat tangguh tentu memudahkan kalian untuk menjalankan berbagai macam aplikasi secara bersamaan (multitasking). Selain itu kalian juga bisa menginstal game kesukaan kalian tanpa takut smartphone kalian terjadi hang ataupun error.

Desain yang elegan

Dilihat dari segi desainnya, Samsung Galaxy Note 10 memiliki desain yang elegan. Hal itu terlihat dari lengkungan kaca dibagian belakang dan depan bodinya.

Samsung Galaxy Note 10 mengusung layar Infinity-O, jadi hampir seluruh bagian depan dipenuhi layar yang terlihat hanya lubang kecil dibagian atas untuk kamera. Gambar yang dihasilkan Samsung Galaxy Note 10 juga terlihat lebih tajam, selain itu dari segi kualitas pencahayaan dan warnanya juga  terlihat lebih alami karena layar pada Samasung Galaxy Note 10 dibekali dengan teknologi Dynamic AMOLED.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu Dynamic AMOLED. Dynamic AMOLED merupakan teknologi terbaru pada layar smartphone saat ini. Dengan Dynamic AMOED gambar yang dihasilkan baik segi kontras ataupun pencahayaan serta warnanya setara dengan kualitas layar yang ada di bioskop. Wow, jadi kalian bisa nonton film di handphone serasa nonton film di bioskop. Dan keunggulan yang sangat menarik dari Dynamic AMOLED adalah bisa mengurangi gelombang cahaya biru yang bisa merusak mata dan membuat mata kalian cepat lelah. Kalian tidak perlu khawatir lagi mata kalian cepat lelah jika menggunakan layar dengan teknologi Dynamic AMOLED.

Kualitas kamera yang mumpuni

Pada Samsung Galaxy NOTE 10 terdapat 3 buah kamera utama dibagian belakang yang bisa memanjakan kalian. Yang pertama kamera wide yang memiliki resolusi sebesar 16 megapixel, yang kedua kamera ultrawide yang mengambil gambar dengan sudut yang lebar mencapai 123 derajat dengan resolusi mencapai 12 megapixel, sehingga dapat memotret objek lebih banyak dalam satu frame dengan kualitas yang bagus. Sedangkan kamera yang ketiga adalah kamera telephoto yang memiliki resolusi sebesar 12 megapixel.

Adapun untuk bagian depannya, Samsung Galaxy Note 10 dibekali kamera dengan resolusi 10 megapixel. Tentu dengan kamera yang memiliki resolusi sebesar itu sangat cocok untuk kalian yang suka selfie.

Untuk kalian yang suka dengan editing foto ataupun video kalian bisa memanfaatkan fitur bokeh atau membuat background foto terlihat blur. Dengan fitur tersebut kalian bisa menghasilkan gambar yang kualitasnya tidak kalah dengan fotografer profesional.

Baterai berkapasitas besar

Untuk mendukung kecanggihan fitur yang ditawarkan Samsung Galaxy Note 10, tentu diperlukan kapasitas baterai yang tidak sedikit. Kalian jangan khawatir karena Samsung Galaxy Note 10 sudah dibekali dengan baterai yang berkapasitas 3800 mAH. Tentu dengan kapasitas baterai yang besar kalian akan lebih puas untuk memainkan game dengan smartphone ini.

Selain itu Samsung Galxy Note 10 juga dibekali dengan fitur super fast charging, jadi kalian tidak perlu menunggu lama untuk mengisi penuh baterai Samsung Galaxy Note 10.

Kecanggihan S-Pen

Yang membedakan Samsung seri Note dengan seri yang lainnya adalah keberadaan S-Pen sebagai stylus. Kali ini S-Pen hadir menawarkan fitur yang lebih canggih. Terdapat kemampuan baru yang dimiliki S-Pen seperti gestur udara yang disebut air action.

Dengan fitur ini pengguna tidak perlu menyentuh layar untuk mengendalikan perangkatnya. Cukup dengan mengayunkan tangan pengguna sudah bisa mengaktifkan kameranya baik kamera belakang maupun kamera depan dengan mudah.

Sekarang S-pen juga memiliki fitur AR yang diberi nama AR Doodle. Dengan fitur ini pengguna dapat dengan mudah membuat konten AR. Pengguna cukup menggambar objek pada video hasil tangkapan kamera Samsung Galaxy Note 10.

Namun dibalik banyaknya fitur serta kecanggihan yang ditawarkan sebuah smartphone tentu ada kelemahan yang dimilikinya. Begitu pula dengan Samsung Galaxy Note 10, walapun fitur yang ditawarkan sangat memanjakan pengguna tetapi ada beberapa kelemahan yang harus diketahui pengguna sebelum memutuskan untuk memiliki Samasung Galaxy Note 10.

Harga Samsung Galaxy Note 10

Untuk mendapatkan smartphone terbaru dan tercanggih dari Samsung ini, maka harus membeli dengan harga terbaru di situs resmi Samsung yaitu Rp 13.999.000.

Kesimpulan

Dari beberapa keunggulan Samsung Galaxy Note 10 diatas seperti prosesor Exynos 9825, 256GB dengan 8GB RAM, 3 Kamera dengan kemampuan super jernih, kualitas perekaman video yang stabil, dan kecanggihan S-Pen keluaran terbaru, sepertinya sudah cukup untuk memberikan gambaran tentang seberapa canggihnya smartphone yang satu ini. Namun tidak dipungkiri masih ada beberapa kelemahan yang harus diperhatikan. Tapi hal tersebut rasanya tidak akan berpengaruh banyak jika melihat banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Note 10.

Jadi untuk yang mencari smartphone Android di kelas flagship Samsung Galaxy Note 10, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kelebihan

  • Kinerja terbaik dan mulus dengan prosessor Exynos 9825 (7 nm) atau Qualcomm SDM855 Snapdragon 855 (7 nm)
  • Dilengkapi dengan 3 kamera utama super canggih
  • Dapat merekam video dengan stabil dengan adanya fitur gyro-EIS & OIS
  • Teknologi Fiungerpirnt under display dan ultrasonic
  • S-Pen Versi terbaru

Kelemahan

  • Tidak ada jack audio 3,5 mm
  • Tidak didukung dengan MicroSD
  • Baterai standar hanya 3.500 mAh
  • Harga mahal

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019