Harian Nusantara

Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy A9

Samsung 277 View

Samsung Galaxy A9 termasuk dalam salah satu smartphone dengan kategori flagship dengan harga yang terjangkau. Bersamaan dengan Samsung A7, Samsung A9 diperkenalkan oleh pihak Samsung pada pertengahan bulan Oktober 2018. Samsung Galaxy A9 ini memiliki sasaran anak muda yang sangat suka sekali bermain sosial media atau bermain game.   

Fitur dan Spesifikasi Samsung Galaxy A9

Berikut spesifikasi ringkas mengenai smartphone Samsung Galaxy A9:

CPU Octa core (4 x 1.8 GHz Kryo 260 & 4 x 2.2 GHz Kryo 260)
RAM 6 GB
GPU Adreno 512
Chipset Qualcomm SDM 660 dengan snapdragon 660 (14 nm)
OS Android 8.0 Oreo
Storage 128 GB yang dapat diperluas lagi hingga 512 GB dengan menggunakan slot MicroSD
Layar Super AMOLED 6.3 inci dengan 2220 x 1080  piksel serta mempunyai aspek rasio sebesar 18.5 : 9
Baterai Non removable Li Ion 3800 mAh
Berat 183 gram
Dimensi 162.5 x 77 x 7.8 mm
Proteksi Corning Gorilla Glass
Warna Caviar Black, Bubblegum Pink, Lemonade Blue
Kamera belakang Ada empat buah kamera:

1.      Kamera dengan spesifikasi 24 MP dengan bukaan lensa f / 1.7, 27 mm (sensor wide), 1 / 2.8 “, PDAF.

2.      Kamera dengan spesifikasi 8 MP, dengan bukaan lensa f / 2.4, 12 mm (sensor ultrawide), 1 / 4.0”

3.      Kamera dengan spesifikasi 10 MP dengan bukaan lensa f / 2.4, 52 mm (sensor telephoto), 1 / 3.9 “, optical zoom hingga 2 kali

4.      Kamera dengan spesifikasi 5 MP, dengan bukaan lensa f / 2.2, 24 mm (sensor wide), 1 / 5.0 “, berfungsi sebagai kamera depth sensor

Fitur kamera belakang HDR, panorama, LED flash
Kamera depan Kamera dengan spesifikasi 24 MP, dengan bukaan lensa sebesar f / 2.0, 27 mm dengan sensor wide, 1 / 2.8 “
Fitur kamera depan HDR
USB Type C
Sensor Fingerprint, gyro, kompas, proximity, accelerometer

 

Harga Samsung Galaxy A9

Untuk harga sendiri, Samsung Galaxy A9 dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu hanya Rp 4.499.000 saja.

Ulasan Lengkap Spesifikasi

Kekurangannya adalah Samsung Galaxy A9 ini belum mempunyai sertifikat tahan air IP68 sehingga kita sebagai pengguna tidak dapat menggunakannya dalam keadaan basah atau terkena air. Sedangkan untuk urusan keamanananya sendiri, Samsung Galaxy A9 membekali smartphone nya dengan sensor biometric yang berjumlah dua sensor.

Sensor yang pertama yaitu sensor dengan teknologi face recognition dengan menggunakan kamera depan atau kamera selfie nya sedangkan sensor yang keduanya yaitu sensor sidik jari yang di letakkan di bagian bawah kamera belakang dari smartphone Samsung Galaxy A9 ini.

Review Kamera

Samsung Galaxy A9 sendiri mempunyai kamera yang terdiri dari kamera belakang dan juga kamera depan yang digunakan untuk selfie.

Untuk kamera belakangnya sendiri, Samsung Galaxy A9 mempunyai empat buah kamera yaitu yang pertama kamera dengan resolusi sebesar 24 MP dengan bukaan lensa sebesar f / 1.7, serta menggunakan sensor wide.

Kamera kedua mempunyai resolusi sebesar 10 MP dengan bukaan lensa sebesar f / 2.4, kamera yang kedua ini merupakan kamera yang berfungsi sebagai kamera telephoto serta mempunyai kemampuan optical zoom sampai 2 x.

Selanjutnya untuk kamera yang ketiga Samsung Galaxy A9 menggunakan kamera dengan resolusi sebesar 8 MP yang didukung dengan bukaan lensa sebesar f / 2.4 juga. Kamera yang ketiga ini juga merupakan kamera yang berfungsi sebagai sensor kamera ultrawide.

Kemudian yang terakhir yaitu kamera yang ke empat Samsung Galaxy A9 menggunakan kamera dengan resolusi sebesar 5 MP serta mempunyai bukaan lensa sebesar f / 2.2. Kamera yang ke empat ini merupakan kamera dengan sensor wide serta berfungsi sebagai depth sensor.

Dari kamera belakangnya ini Samsung Galaxy A9  mempunyai fitur-fitur canggih yaitu fitur HDR, fitur panorama serta fitur LED flash. Ke empat lensa kamera dari Samsung Galaxy A9 ini di susun secara vertical yang diletakkan di sisi bagian kiri dan bagian belakangnya.

Kemudian untuk kamera depannya, yakni kamera yang digunakan untuk keperluan selfie, Samsung Galaxy A9 menggunakan kamera single yaitu kamera yang mempunyai resolusi sebesar 24 MP dengan didukung oleh bukaan lensa sebesar f / 2.0 yang berfungsi sebagai sensor wide.

Sedangkan untuk fitur-fitur yang dimilikinya sendiri, kamera depan Samsung Galaxy A9  mempunyai fitur berupa HDR.

Review Desain dan Layar

Samsung Galaxy A9 mempunyai desain dengan dimensi yang berukuran 162.5 x 77 x 7.8 mm. Desain dari Samsung Galaxy A9 ini secara sekilas ada sedikit kemiripan dengan Samsung Note 9 yaitu terkesan sedikit kotak.

Untuk bobot sendiri, Samsung Galaxy A9 memiliki berat sebesar 183 gram. Meskipun tergolong berat, namun Samsung Galaxy A9 ini tetap akan terasa nyaman ketika di genggam oleh penggunanya.

Smartphone Samsung Galaxy A9 ini juga di desain dengan menggunakan bahan material kaca 3D serta metal dengan menggunakan kaca yang melengkung sehingga menjadikannya terlihat mewah dan berkelas.

Namun dengan penggunaan material kaca ini menjadikan layar menjadi licin sehingga kita harus cukup rajin untuk menyeka bagian belakang smartphone yang terdapat fitur sidik jari ini agar bekas sidik jari kita bersih.

Layarnya sendiri, Samsung Galaxy A9 mempunyai ukuran sebesar 6.3 inci dengan menggunakan panel super AMOLED serta mempunyai resolusi FullHD+ yaitu sebesar 2220 x 1080 piksel dengan aspek rasio sebesar 18.5 : 9. Di bagian atas layarnya juga belum terdapat poni atau notch, masih polosan. Sedangkan untuk pilihan warananya, Samsung Galaxy A9 terdiri dari varian warna lemonade blue, bubblegum pink serta caviar black.

Review Performa dan Kinerja

Samsung Galaxy A9 menggunakan prosesor kelas menengah yaitu prosesor octa core dengan menggunakan chipset Snapdragon 660 besutan Qualcomm. Samsung Galaxy A9 juga didukung dengan RAM yang mempunyai kapasitas sebesar 6 GB.

Selain itu ada juga pengolah grafis adreno 512 yang digunakan untuk mendongkrak performa dari Samsung Galaxy A9 serta untuk mampu menghasilkan kualitas grafis yang jauh lebih jernih serta smooth yang tidak patah patah.

Untuk media penyimpanananya sendiri, Samsung Galaxy A9 mempunyai kapasitas sebesar 128 GB dan apabila kita sebagai pengguna masih merasa belum cukup untuk mendukung kebutuhan kita penyimpanan tersebut dapat di perluas lagi dengan menggunakan slot MicroSD hingga mencapai 512 GB.

Review Daya Tahan Baterai

Samsung Galaxy A9 menggunakan baterai dengan kapasitas daya sebesar 3800 mAh. Baterai ini juga didukung dengan teknologi fast charging sebesar 18 Watt sehingga memungkinkan pengguna dapat mengisi baterai hanya dalam waktu yang sangat singkat. Untuk USB nya Samsung Galaxy A9 menggunakan USB Type C.

 

Kesimpulan

Smartphone Samsung Galaxy A9 merupakan smartphone Android keluaran tahun 2018, tapi jika kamu mempertimbangkan kelebihan di bawah ini, smartphone ini masih layak dibeli sampai tahun ini dan digunakan untuk beberapa tahun kedepan.

Kelebihan

  • Sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 5 pada layar depan belakang dan juga dilengkapi aluminum frame
  • Tipe layar sudah Super AMOLED
  • Memiliki varian internal 128GB dengan 8GB RAM
  • Memiliki 4 kamera utama yang menakjubkan kualitasnya
  • Sudah support NFC
  • Audio dilengkapi fitur Dolby Atmos
  • Kapasitas baterai cukup baik 3800 mAh dan sudah support Fast battery charging 18W

Kekurangan

  • Masih menggunakan Snapdragon 660
  • Fingerprint masi dibelakang layar
  • Tampilan layar belum lega karena batas tepi atas dan bawah masih cukup lebar

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019