Harian Nusantara

Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy S10

Samsung 37 View

Pihak Samsung memperkenalkan smartphone terbarunya yakni Samsung S10e, Samsung S10+ serta Samsung S10 di San Fransisco, Amerika Serikat pada akhir bulan Februari 2019.  Dengan di lengkapi oleh RAM yang mempunyai spesifikasi sebesar 8 GB yang ditambah juga dengan penyimpanan yang mempunyai kapasitas sebesar 128 GB, Samsung Galaxy S10 ini menjadi salah satu flagship unggulan untuk saat ini.

Fitur dan Spesifikasi

Berikut ringkasan spesifikasi singkat mengenai Samsung Galaxy S10:

SIM Hybrid SIM (Dual SIM) yaitu nano SIM atau slot untuk MicroSD serta nano SIM
CPU Snapdragon 855 atau Exynos 9820 untuk di Indonesia, 64-bit, 8 nm, processor octa-core (1.7 / 1.9 GHz + 2.4 / 2.3 GHz + 2.8 / 2.7 GHz)
RAM 8 GB
Memori 128 GB yang dapat diperluas dengan menggunakan slot microSD sampai 512 GB
Konektor USB type C serta audio jack sebesar 3.5 mm
Sensor Hall sensor, RGB light sensor, gyro sensor, ultrasonic fingerprint sensor, accelerometer, heart rate sensor, proximity sensor, barometer, geomagnetic sensor
Kamera depan 10 MP dengan 2 PDAF, lensa bukaan f / 1.9 sebesar 80 derajat
Kamera belakang Tiga kamera dengan dual OIS:

1.      Kamera wide angle dengan 12 MP 2 PDAF bukaan lensa f / 2.4 dan bukaan lensa f / 1.5, OIS (77 derajat)

2.      Kamera telephoto dengan 12 MP AF bukaan lensa f / 1.4, OIS (45 derajat)

3.      Kamera ultra-wide dengan 16 MP FF bukaan lensa f / 2.2 (123 derajat)

Fitur Dolby atmos sound, super slow motion, AR emoji, HDR 10+ playback, smart composition, artistic live focus, scene optimizer
Sistem operasi Samsung OneUI dengan basis android 9.0 Pie
Baterai 3400 mAh
Charging Wireless charging 2.0, wireless powershare

 

Ulasan Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy S10

Dari segi keamanannya, Samsung Galaxy S10 dibekali dengan dua sensor biometric yaitu sensor face unlock dan yang kedua adalah sensor ultrasonic fingerprint. Sensor pemindai sidik jari Samsung Galaxy S10 diletakkan di bagian dalam layar (in-display fingerprint sensor). Selain itu yang lebih menariknya lagi adalah Samsung Galaxy S10 sudah mempunyai sertifikasi tahan air yaitu sertifikasi IP68.

Harga

Untuk harga sendiri, Samsung Galaxy S10 ini memang dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

Namun harga yang mahal ini rasanya akan sepadan jika kita bandingkan dengan fitur-fitur yang dimilikinya, desain yang bagus dan juga yang tidak kalah penting adalah spesifikasinya yang mumpuni yang dapat mendukung segala keperluan kita. Harga yang dibanderol untuk Samsung Galaxy S10 ini adalah Rp 12.999 juta.

Review Kamera

Samsung Galaxy S10 sendiri mempunyai kamera yang terdiri dari kamera belakang dan juga kamera depan yang digunakan untuk selfie. Untuk kamera belakangnya sendiri, Samsung Galaxy S10 mempunyai tiga buah kamera yaitu yang pertama kamera dengan resolusi sebesar 12 MP dengan bukaan lensa sebesar f / 1.5 – 2.4, serta menggunakan sensor wide.

Kamera kedua mempunyai resolusi sebesar 12 MP juga dengan bukaan lensa sebesar f / 2.4, kamera yang kedua ini merupakan kamera yang berfungsi sebagai kamera telephoto serta mempunyai kemampuan 2x optical zoom.

Selanjutnya untuk kamera yang ketiga yang merupakan kamera terakhir di susunan kamera belakang ini Samsung Galaxy S10 menggunakan kamera dengan resolusi sebesar 16 MP yang didukung dengan bukaan lensa sebesar f / 2.2.

Kamera yang ketiga ini juga merupakan kamera yang berfungsi sebagai sensor kamera ultrawide. Dari kamera belakangnya ini Samsung Galaxy S10 mempunyai fitur-fitur canggih yaitu fitur auto-HDR, fitur panorama serta fitur LED flash.

Kemudian untuk kamera depannya, yakni kamera yang digunakan untuk keperluan selfie, Samsung Galaxy S10 menggunakan kamera single yang mempunyai resolusi sebesar 10 MP dengan didukung oleh bukaan lensa sebesar f / 1.9. Kamera single ini juga merupakan kamera yang menggunakan sensor wide.

Sedangkan untuk fitur-fitur yang dimilikinya sendiri, kamera depan Samsung Galaxy S10 mempunyai fitur berupa Auto-HDR serta fitur Dual video call. Selain digunakan untuk keperluan selfie, kamera depan Samsung Galaxy S10 ini juga dapat digunakan untuk merekam video hingga 4K.

Penampang sensor kamera selfie Samsung Galaxy S10 diletakkan mengambang di bagian atas layar, sehingga jika kita melihatnya dengan sekilas saja, maka layar bagian kanan atas akan terlihat seperti lubang.

Review Desain

Dari sisi desain sendiri, Samsung Galaxy S10 bisa dibilang tidak terlalu berat. Samsung Galaxy S10 mempunyai bobot sebesar 157 gram dengan desain ukuran sebesar 149.9 mm (panjang) x 70.4 mm (lebar) x 7.8 mm (tebal) serta mengusung desain bezel-less dengan penggunaan kamera lubang.

Sedangkan untuk layarnya sendiri, Samsung Galaxy S10 menggunakan panel Dynamic AMOLED 6.1 inci. Panel Dynamic AMOLED ini ternyata juga dapat di setting sampai WQHD+.

Layar ini mempunyai ukuran resolusi sebesar 1440x 3040 piksel serta mempunyai rasio sebesar 19 : 9. Jika diamati lebih detail, layar dari Samsung Galaxy S10 ini juga bisa dibilang lebih ergonomis.

Hal ini dikarenakan Samsung Galaxy S10 menggunakan layar yang melengkung pada kedua sisinya, yakni sisi sebelah kanan dan sisi sebelah kiri. Selain itu Samsung Galaxy S10 juga dilengkapi dengan maksimum brightest sampai 1200 nits, fitur ini menjadikan mata kita sebagai pengguna sangat mungkin untuk dapat melihat layar Samsung Galaxy S10 tanpa adanya beban sedikitpun meskipun dibawah cerahnya sinar matahari langsung.

Samsung Galaxy S10 juga melengkapi layarnya dengan keamanan yang berupa anti gores Corning Gorilla Glass 6.

Ulasan Performa dan Kinerja

Samsung Galaxy S10 mengggunakan chipset Exynos 9820 dengan di tenagai oleh prosesor octa-core (4 x 1.95 GHz Cortex-A55 & 2 x 2.31 GHz Cortex-A75 & 2 x 2.73 GHzMongoose M4) yang juga didukung dengan GPU Mali-G76 MP12 yang digunakan untuk memaksimalkan sektor grafisnya.

Untuk RAM nya sendiri, Samsung Galaxy S10 menggunakan RAM dengan kapasitas sebesar 8 GB yang juga didukung dengan kapasitas penyimpanan sebesar 128 GB dan dapat diperluas lagi dengan menggunakan microSD hingga mencapai 512 GB. Untuk type OS nya sendiri, Samsung Galaxy S10 menggunakan Android 9.0 Pie.

Review Daya Tahan Baterai

Dari sisi baterai, Samsung Galaxy S10 ditenagai dengan baterai yang mempunyai daya sebesar 3400 mAh. Selain itu baterai flagship Samsung Galaxy S10 ini dengan settingan layar QHD+ dapat menyentuh angka sekitar 6 jam untuk SOT nya sendiri.

Baterai Samsung Galaxy S10 ini juga didukung dengan teknologi fast charging atau kemampuan mengisi baterai dengan cepat hingga 15 Watt. Dan yang lebih menariknya lagi adalah dapat juga digunakan untuk mengisi daya bagi perangkat Samsung yang lainnya dengan menggunakan fitur Wireless PowerShare.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa smartphone flagship dari Samsung ini layak untuk dibeli untuk pengguna kelas atas. Karena memiliki teknologi terbaru dan terbaik dari Samsung seperti  teknologi lyar Dynamic AMOLED, kinerja tangguh, sudah support NFC, kualitas foto dan video dari 3 kamera utama yang menajkubkan, dan desain flagship dan untuk kekurangan mungkin hanya sedikit dan tidak terlalu menjadi pertimbangan besar yang membuat smartphone ini tidak jadi dibeli.

Kelebihan

  • Sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 5 ditambah dengan aluminum frame
  • Sudah support Samsung Pay
  • Memiliki standar IP68 anti debu dan anti dengan kedalaman maksimak 1.5 meter selama 30 menit
  • Kinerja prosessor yang tangguh
  • Kualitas layar terbaik Dynamic AMOLED
  • 3 Kamera utama dengan hasil foto super jernih dan kualitas perkaman video sangat stabil
  • Sudah mendukung NFC dan sensor canggih lainnya
  • Banyak pilihan warna

Kekurangan

  • Daya tahan baterai hanya 3400 mAh
  • Prosessor dijual global berbeda dengan yang dijual di china dan amerika

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019