Harian Nusantara

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 5 Plus: Review Xiaomi Harga Murah di 2019

xiaomi 56 View

Xiaomi memiliki beberapa sub brand untuk ponsel rakitan mereka. Ada sub brand Mi untuk ponsel kelas menengah dan sub brand Redmi untuk kelas menengah ke bawah. Sub brand Redmi merupakan salah satu ponsel yang laris di Indonesia karena harganya yang murah namun spesifikasinya cukup lengkap.

Xiaomi Redmi 5 Plus masih menjadi incaran masyarakat kelas menengah ke bawah, lalu apa saja daya tarik dari ponsel ini? Berikut spesifikasinya.

Fitur dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 Plus

Berikut spesifikasi dari Xiaomi Redmi 5 Plus.

 

Ulasan Lengkap Spesifikasi

Desain Bodi & Layar

Xiaomi Redmi 5 Plus atau dikenal juga dengan Redmi Note 5, memiliki layar yang lebih besar dibandingkan dengan Redmi 5. Lebar layar Redmi 5 Plus sebesar 5,99 inci dengan rasio layar 77,4 persen dari keseluruhan bagian depan ponsel. Kerapatan layar ponsel yang satu ini adalah salah satu yang terbaik di kelasnya yaitu mencapai 402 ppi.

Desain belakang Redmi 5 Plus hampir sama dengan Redmi lainnya yaitu sensor sidik jari dibelakang dengan kamera yang membulat.

Prosesor dan CPU

Xiaomi membekali Redmi 5 Plus dengan prosesor yang jauh lebih baru dibandingkan dengan pendahulunya Redmi 5. Jika Redmi 5 menggunakan Qualcomm 425, Redmi 5 Plus dibekali dengan prosesor Snapdragon 625 dari Qualcomm.

Berkecepatan Octa Core 2.0 GHz, performa Redmi 5 Plus mengalami peningkatan dari versi sebelumnya.

Sistem Operasi dan Antarmuka

Sistem operasi pada Redmi 5 Plus adalah Android 7.1.2 Nougat yang bisa diupgrade ke Android Oreo 8.1. Ada kemungkinan ponsel ini masih akan mendapatkan upgrade untuk Android versi terbaru yaitu Android versi 9.0 atau Android Pie.

Antarmuka Redmi 5 Plus seperti kebanyakan ponsel Xiaomi lainnya, menggunakan antarmuka MIUI yang didesain sendiri oleh Xiaomi. Pada Redmi 5 Plus, MIUI yang digunakan adalah MIUI versi 10.

Kamera dan Fotografi

Kamera yang terdapat pada Redmi 5 Plus menjadi salah satu keunggulan utamanya. Lensa utamanya sebesar 12 MP yang dilengkapi dengan optical image stabilizer sehingga membuat pembuatan video tidak bergoyang.

Adapun untuk kamera depan Redmi 5 Plus beresolusi 5 megapiksel yang mampu merekam video hingga resolusi 1080p.

RAM dan Memori Internal

RAM yang disematkan oleh Xiaomi pada Redmi 5 Plus adalah RAM 3 GB untuk memori internal 32 GB dan RAM 4 GB untuk memori internal 64 GB.

Penyimpanan internal dapat ditambahkan dengan memori eksternal menggunakan kartu micro SD. Ponsel ini mendukung dukungan penyimpanan eksternal hingga 128 GB. Namun kamu harus mengorbankan 1 slot kartu SIM jika ingin menyelipkan slot micro SD.

Jaringan dan Konektivitas

Redmi 5 Plus dapat berjalan pada jaringan GSM, 3G atau HSPA, dan 4G LTE. Selain jaringan, Redmi 5 Plus juga mendukung konektivitas lainnya seperti WiFi tipe 802.11 dan hotspot tethering untuk berbagi jaringan.

Xiaomi juga membekali ponsel ini dengan bluetooth versi 4.2 A2DP, GPS GLONASS tipe A, Micro USB tipe 2.0. Tidak ada keterangan yang menyebutkan ponsel ini mendukung NFC.

Dukungan Sensor

Dukungan sensor pada Redmi 5 Plus cukup lengkap. Beberapa sensor yang disematkan pada ponsel ini antara lain: sensor infrared untuk menyalakan alat elektronik, sensor sidik jari pada bagian belakang, sensor kompas, sensor proximity dan sensor akselerometer serta gyroscope.

Baterai dan Daya Tahannya

Redmi 5 Plus memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh dengan tipe litium polimer. Baterai ini cukup besar untuk bertahan hingga 3 hari untuk pemakaian ringan. Baterai tidak dapat dilepas/non removable.

Daya awet baterai untuk panggilan mencapai 104 jam dan sangat awet untuk sekedar menggunakan sosial media atau bermain game.

Kesimpulan dan Harga Review Redmi 5 Plus

Redmi 5 Plus merupakan salah satu seri terbaik yang hingga kini masih diandalkan oleh pengguna lama dan dicari pengguna baru. Tak lain karena fiturnya yang cukup lengkap untuk harga 2 jutaan. Namun tentu saja pengguna perlu beradaptasi dengan fitur Redmi 5 Plus yang tidak sama dengan ponsel keluaran baru tahun 2019. Ada beberapa fitur yang sedang kekinian namun tidak ditemukan di Redmi 5 Plus.

 

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi pertimbangan saat kamu ingin memilih ponsel yang satu ini.

– Grafis yang Berkualitas

Kerapatan layar pada Xiaomi Redmi 5 Plus mencapai 402 ppi. Jika dibandingkan dengan ponsel lain yang bahkan memiliki harga lebih tinggi. Kualitas grafis pada Redmi 5 Plus semakin maksimal dengan dukungan MIUI yang memiliki tampilan elegan dan juga intuitif.

Saat layar diposisikan ke berbagai arah, kamu masih bisa melihat kilasan layar dengan jernih tanpa muncul bayangan atau blur. Meskipun masih menggunakan layar IPS, namun kualitas layar yang jernih menjadikan pengalaman bermainnya game dan menonton semakin hidup.

– Hasil Video Kamera yang Stabil

Kelebihan lain dari Xiaomi Redmi 5 Plus adalah kemampuannya menghasilkan kualitas video yang anti goyang. Meskipun Xiaomi sendiri tidak memberikan pernyataan resmi apakah Redmi 5 Plus dibekali dengan OIS (Optical Image Stabilization), namun hasil video sendiri sangat stabil.

– Sensor Inframerah yang Praktis

Salah satu jenis sensor yang jarang ditemukan pada ponsel lain adalah sensor inframerah. Sensor ini mampu digunakan menyalakan perangkat elektronik seperti televisi dan pendingin ruangan.

Dengan adanya sensor ini, kamu bisa juga menjadikan ponsel Redmi 5S sebagai remote control pribadi jika kamu kehilangan remote atau sedang malas bergerak menyalakan perangkat elektronik.

Meskipun memiliki kelebihan, Redmi 5S juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

Kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus

Beberapa kekurangan dari Redmi 5 Plus adalah sebagai berikut.

– Desain yang Tidak Istimewa

Xiaomi generasi tahun 2017-2018 bisa dikatakan memiliki desain yang hampir sama dengan lensa kamera bulat dan sensor sidik jari dibagian belakang. Di saat merek sekelas Samsung pun menyerah mempertahankan desain ikonik dan beralih ke layar berponi, desain Redmi 5 Plus bisa dikatakan sudah ketinggalan jaman.

Masih terdapat bezel pada sekeliling layar meskipun layar dari Redmi 5 Plus sudah cukup besar.

– Tidak Mendukung Fast Charging

Fast charging sudah cukup booming pada masa Redmi 5 Plus dirilis, jadi fakta bahwa Xiaomi menyematkan baterai dengan kapasitas cukup besar namun tidak membekalinya dengan kaber fast charging, akan membuat kamu yang tidak sabar harus menunggu lama hingga ponsel terisi penuh.

Membutuhkan waktu 2-3 jam hingga daya baterai terisi penuh. Oleh sebab itu disarankan mengisi baterai saat daya tinggal 20 persen ke bawah dan tidak menunggu ponsel mati atau daya dibawah 10 persen karena akan membutuhkan waktu lebih lama.

Itulah kekurangan dan kelebihan Redmi 5 Plus, semoga informasi ini bermanfaat.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019