Harian Nusantara

Redmi 7A, Harga sejutaan fitur tak perlu diragukan

xiaomi 931 View

Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone terkenal yang berasal dari Tiongkok. Setelah sukses merilis berbagai macam smartphone dengan performa yang tidak perlu diragukan lagi, contohnya seperti Redmi 6A dan Redmi 7.

Kini xiaomi mengeluarkan smartphone dengan kualitas yang tidak kalah dari smartphone keluaran sebelumnya. Redmi 7A diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi para pengguna dengan berbagai fitur yang ada.

Dengan harga yang sangat terjangkau, hanya kisaran satu jutaan apakah Redmi 7A mampu memberikan performa yang memanjakan pengguna.

Fitur dan spesifikasi Redmi 7A

  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 439
  • GPU : Adreno 505
  • CPU : Octa-core ( 4×2.0 GHz Kyro 260 Gold & 4×1.8 GHz Kyro 260 Silver)
  • Resolusi Layar : 1440 x 720 pixel, HD+, 18:5
  • Ukuran Layar : IPS lebar 5,45 inchi
  • Kamera Belakang : 13 MP f/2.2
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Memori Internal : RAM 2GB + 16 GB
  • Baterai : 4000 mAh
  • OS : Android 9.0 (Pie)
  • Dimensi : 146.3 x 70.4 x 9.55 mm
  • Bobot : 165 g
  • Warna : Matte Black dan Matte Blue
  • Sensor : Akselerasi | Jarak | Cahaya | Kompas elektronik

Ulasan spesifikasi dan performa

Membahas mengenai spesifikasi dan performa yang dimiliki Redmi 7A. Tentu akan membuat orang bertanya-tanya. Sejauh mana kecanggihan yang ditawarkan Redmi 7A yang dibaderol dengan harga hanya satu jutaan.

Apakah mungkin fitur yang dihadirkan Redmi 7A akan memberikan pengalaman berbeda bagi penggunanya. Ataukah hanya khayalan belaka yang tidak ada gunanya untuk memperoleh keuntungan semata.

Daripada kalian bertanya-tanya langsung saja simak infonya dibawah ini.

Desain sederhana tapi elegan

Untuk bagian desain Redmi 7A memberikan konsep desain yang terlihat sederhana tapi elegan. Hal itu bisa kita lihat dari bagian belakangnya yang masih menggunakan bahan plastik dengan finishing doff.

Tapi jangan salah, justru dengan bagian belakang yang menggunakan bahan plastik akan memudahkan pengguna dalam menggenggam karena tidak terasa licin, jika dibandingan dengan bahan kaca atau metal.

Walaupun berbahan plastik tetapi hal yang menarik adalah adanya fitur splash resistant yang sudah ada pada Redmi 7A. Dimana dengan fitur ini Redmi 7A akan aman jika terkena cipratan air.

Dibagian belakang smartphone ini ditanamkan kamera dan LED Flash dengan adanya aksen bertuliskan AI Camera. Sementara pada bagian sisi kanan terdapat tombol power dan juga tombol volume. Adapun dibagian sisi sebelah kiri terdapat slot untuk SIM Card dan juga slot microSD.

Sementara dibagian atas Redmi 7A terdapat jack audio 3,5 mm yang digunakan untuk mendengarkan musik. Sedangkan dibagian bawah terdapat lubang speaker dan port USB.

Dengan dimensi 146,3 x 70,4 x 9,6 mm dan berat hanya 165 gram tentu smartphone ini akan lebih mudah untuk digenggam serta lebih fleksibel untuk disimpan disaku.

Layar yang berbeda

Jika dilihat secara sekilas, tentu tampilan layar Redmi 7A mirip dengan tampilan layar Redmi 6A. Redmi 7A sudah memiliki layar IPS LCD yang memiliki resolusi HD+ 720 x 1440 pixel dengan tingkat kerapatan mencapai 300 ppi.

Dengan kualitas layar seperti itu, tentu kualitas tampilan layar terlihat jernih dan juga memiliki warna yang cukup tajam. Bagi yang suka menonton video dengan kualitas HD, layar yang ada pada Redmi 7A tergolong masih nyaman untuk digunakan.

Walaupun Redmi 7A digunakan diluar ruangan dengan dibawah sinar matahari yang terik, tampilan layar Redmi 7A masih cukup terlihat jelas dengan catatan tingkat kecerahan ataupun kontras nya harus dinaikan.

Layar yang ada pada Redmi 7A cenderung sudah memiliki tingkat sensitivitas yang baik. Sehingga membuat penggunaan menjadi lebih nyaman baik untuk sekedar browsing ataupun untuk bermain game.

Untuk bagian antarmuka Redmi 7A juga sudah menggunakan MIUI 10.2.5 versi global. Sehingga terlihat lebih sederhana yang dihiasi dengan ikon aplikasi yang berbentuk persegi. Merkipun sederhana, tampilan Redmi 7A tetap enak untuk dipandang.

Didalam MIUI 10 memiliki banyak fitur yang bermanfaat. Beberapa fitur yang diantaranya fitur ruang kedua, fitur aplikasi ganda dan juga fitur kunci aplikasi.

Fitur ruang kedua sangat bermanfaat untuk membuat sebuah ruang rahasia. Dengan fitur ini pengguna akan memiliki privasi yang lebih terjaga di Redmi 7A. Dimana untuk membuka ruang rahasia yang ada pada Redmi 7A.

Pengguna akan diminta untuk memasukan kata sandi yang sudah dibuat bisa berbentuk pola taupun digit angka tertentu. Selain itu jika pengguna sudah tidak membutuhkan ruang tersebut. Pengguna bisa menghapusnya sewaktu-waktu.

Sedangkan fitur kunci aplikasi sangat bermanfaat untuk memproteksi aplikasi yang diinginkan tidak bisa diakses orang lain. Untuk passwordnya pengguna bisa menggunakan PIN ataupun kombinasi huruf dan angka.

Selanjutnya adalah fitur aplikasi ganda, dimana aplikasi ini memiliki fungsi untuk menggandakan aplikasi tertentu. Seperti menggandakan aplikasi sosial media seperti facebook ataupun instagram. Sehingga dalam satu smartphone anda akan memiliki dua aplikasi sosial media sekaligus.

Sebenarnya masih banyak fitur yang ada pada MIUI 10. Tapi jika dibahas semuanya tentu akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu kali ini kita hanya membahas tiga fitur saja dari sekian banyak fitur yang ada pada MIUI 10.

Performa bagus

Untuk performa Redmi 7A tidak bisa diremehkan. Pasalnya smartphone Redmi 7A sudah menggunakan chipset Snapdragon 439 besutan Qualcomm dikombinasikan dengan prosesor octa-core serta didukung dengan pengolah grafis Adreno 505.

Tentu dengan kombinasi chipset, CPU dan juga GPU yang ada pada Redmi 7A akan meberikan performa yang cukup tinggi di kelasnya. Hal itu sudah lebih dari cukup untuk menunjang aktifitas pengguna Redmi 7A seperti menonton video, membuka sosial media bahkan untuk browsing dan juga chatting.

Dengan kapasitas RAM 2 GB yang dimiliki Redmi 7A tentu performa untuk multi tasking sudah bisa berjalan dengan lancar. Sedangkan pada bagian memori internalnya hanya sebesar 16 GB. Tapi bagi pengguna yang memiliki data berkapasitas besar bisa mengatasinya dengan menggunakan microSD.

Kamera berteknologi AI

Pada bagian kamera, Redmi 7A sudah dibekali dengan kamera dengan resolusi 12 megapixel dengan aparture f/2.2. Untuk kamera belakang yang dimiliki Redmi 7A sudah mempunyai beberapa fitur seperti phase detection auto focus, LED flash, HDR dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga fitur yang tidak kalah menarik dari kamera Redmi 7A antara lain fitur AI Camera yang membuat kualitas foto menjadi semakin bagus.

Untuk kamera depan Redmi 7A sudah dibekali dengan kamera beresolusi 5 megapixel dengan aperture f/2.2. Dengan kamera yang dimiliki Redmi 7A pengguna sudah bisa menggunakan efek bokeh.

Baterai berkapasitas besar

Baterai yang tertanam pada Redmi 7A memiliki kapasitas besar. Hal itu tentu tidak berlebihan pasalnya baterai yang dimiliki Redmi 7A berkapasitas 4000 mAh. Untuk daya tahan baterainya sendiri bisa dibilang cukup baik.

Dengan kapasitas baterai sebesar ini, tentu pengguna tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang bermain game ataupun browsing dan juga meonton video.

Harga Redmi 7A

Untuk harga Redmi 7A sendiri bisa dibilang sangat terjangkau. Berdasarkan mi.co.id, harga sebuah smartphone Redmi 7A adalah Rp 1.299.000 saja. Tentu harga tersebut sudah sesuai dengan fitur yang ditawarkan Redmi 7A.

Kesimpulan

Bagi kalian yang membutuhkan smartphone untuk mendukung aktiftas sehari-hari seperti browsing, bermain mesia sosial ataupun menonton film. Fitur yang ditawarkan Redmi 7A sudah bisa mengatasi hal tersebut.

Tapi bagi pengguna yang suka bermain game, apalagi game dengan grafik yang tinggi. Tentu smartphone seri Redmi 7A ini bukan pilihan yang paling tepat.

Kelebihan

  • Baterai berkapasitas besar
  • Harga terjangkau
  • Kualitas foto bagus

Kekurangan

  • Tidak ada fingerprint
  • Belum ada fast charging
  • Kapasitas memori internal yang kecil

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019