Harian Nusantara

Review Redmi 6 dari Xiaomi: Ponsel yang Merakyat

xiaomi 102 View

Xiaomi merupakan salah satu merek ponsel yang booming di Indonesia. Faktor utamanya tentu saja karena harga yang merakyat dengan fitur yang mewah. Salah satu seri merakyat dari Xiaomi adalah Redmi 6.

Bagi kamu yang menginginkan ponsel dengan harga murah, berikut spesifikasi Redmi 6 untuk kamu jadikan pertimbangan. Simak lebih lanjut spesifikasi dari Redmi 6 :

Fitur dan Spesifikasi Xiaomi Redmi 6

Berikut spesifikasi dari Xiaomi Redmi 6:

OS (sistem operasi) Android Oreo 8.1
Prosesor (CPU) Mediatek Helio P22
Kamera 12 megapiksel f/2.2 PDAF

5 megapiksel f/2.2 depth sensor

4 megapiksel kamera depan

Layar IPS LCD 16 M warna 5.45 inci rasio 72,7 persen, kerapatan 295 ppi
Baterai Litium Polimer 3000 mAh, masa bertahan hingga 83 jam
RAM & ROM 3 GB/32 GB, 3 GB/64 GB, 4 GB/64 GB
Sensor Sidik jari, akselerometer, proximity, gyroskop, infrared

Ulasan Spesifikasi Lengkap Redmi 6

Jaringan dan Konektivitas

Redmi 6 mampu dijalankan pada jaringan GSM, CDMA, 3G HSPA, dan 4G LTE. Mendukung 2 SIM yang bisa aktif sekaligus, pengguna bisa menentukan tipe jaringan dari tiap SIM.

Untuk berbagi file, Xiaomi Redmi 6 menawarkan bluetooth versi 4.2 yang merupakan versi yang sama pada Redmi 5, koneksi WiFi untuk menghubungkan ke internet tanpa operator seluler, dan konektivitas GPS untuk merekam dan melacak lokasi.

Prosesor dan Pengolahan Grafis

Xiaomi menyematkan prosesor Mediatek Helio P22 pada seri Redmi yang satu ini. Prosesor ini mampu berjalan dengan kecepatan 2 GHz Cortex Octa Core.

Untuk mendukung prosesor sistemnya, disematkan juga chip pengolahan grafis yang menggunakan PowerVR versiĀ  GE8320 dengan kemampuan pengolahan grafis dan optimalisasi penggunaan RAM.

Sistem Operasi dan Antar Muka

Redmi 6 mendukung sistem operasi 8.1 Oreo yang dikabarkan juga akan mendapat update untuk versi terbaru Android yaitu Android Pie versi 9.0.

Untuk membantu kinerja prosesor dan sistem operasi, Xiaomi memberikan MIUI versi 9 sebagai software antarmukanya. Bagi yang sudah pernah menggunakan Xiaomi pasti akan merasa familiar dengan tampilan grafis UI pada ponsel.

Kamera Belakang & Kamera Depan

Seri Redmi ini merupakan seri pertama yang mendukung dual kamera. Mempunyai dua lensa, objek yang ditangkap bisa diedit atau diatur langsung untuk penangkapan gambar mode bokeh. Resolusi kamera utama adalah 12 megapiksel yang dibantu lensa kedua 5 megapiksel.

Adapun untuk kamera depan atau kamera selfie, Xiaomi Redmi 6 memiliki kamera resolusi 5 megapiksel yang mendukung vudeot call dan juga perekaman video juga.

RAM dan Memori Internal

Redmi 6 memiliki 3 varian RAM dan memori internal. Yang pertama RAM 3GB untuk memori internal 32 GB, yang kedua RAM 3 GB untuk memori internal 63 GB, dan yang terakhir RAM 4GB untuk memori internal 64 GB. Ponsel masih mendukung memori eksternal hingga 256.

Pengguna tidak perlu cemas lagi karena slot micro SD kini sudah memiliki slot tersendiri sehingga tidak perlu mengorbankan satu SIM untuk nonaktif.

Fitur Lain

Redmi 6 sudah mendukung USB on the go yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer file langsung ke flashdisk atau mengambil file dari flashdisk tanpa perlu menyambungkan ke PC/laptop.

Ponsel yang satu ini juga mendukung hotspot tethering untuk berbagi jaringan ke ponsel lain saat data dinyalakan.

Harga Redmi 6

Redmi 6 merupakan salah satu ponsel entry level Xiaomi seperti generasi sebelumnya yaitu Redmi 5. Adapun bagi yang memiliki budget terbatas, bisa mempertimbangkan untuk membeli ponsel ini karena ponsel ini dijual dengan harga 2 jutaan. Selain versi baru, ada juga versi second yang banyak beredar di online shop.

Tips dan Kesimpulan Membeli Redmi 6 Secara Online

Mengingat ponsel Xiaomi lebih banyak bermain di pasar online, akan lebih beresiko bagi pembeli untuk mengalami penipuan saat berbelanja, pastikan untuk mengikuti tips berikut ini saat akan membeli Redmi 6.

  • Pilih seller terpercaya dengan ulasan yang bagus dan reputasi toko yang sudah terbangun
  • Tanyakan kartu garansi serta kelengkapan ponsel (dusbox, charger, dan aksesoris lain)
  • Bandingkan harga di satu toko dan toko lainnya.
  • Beli hanya di toko yang memiliki offline store juga atau yang memiliki situs sendiri.

Sebelum memutuskan untuk membeli Xiaomi Redmi 6, simak kekurangan dan kelebihan Redmi 6 berikut ini.

Kekurangan Redmi 6

Berikut beberapa kekurangan Redmi 6:

Prosesor yang Sudah LamaProsesor yang disematkan pada Redmi 6 sudah cukup lama dirilis. Meskipun prosesor tersebut masih bisa menjalankan sistem Android terkini, ada beberapa game dan aplikasi yang mungkin akan terasa sedikit lagging dijalankan dengan prosesor yang satu ini.

Game-game populer seperti PUBG dan Free Fire masih bisa dijalankan dengan ponsel ini namun dengan frame rate maksimum di level medium.

Baterai Cepat Panas – Salah satu konsekuensi lain dari menggunakan prosesor Mediatek adalah baterainya yang sedikit lebih cepat panas dibandingkan dengan prosesor lain. Meskipun seri Helio dikenal lebih dingin, namun baru mulai dari seri P60 prosesor ini tidak terlalu menghasilkan panas yang berlebih saat digunakan.

Desain yang Membosankan – Seakan sudah kehabisan ide atau memang Xiaomi ingin menjadikan prototipe desain ini menjadi ciri khas mereka, banyak yang mengeluhkan desain Xiaomi yang itu-itu saja. Meskipun begitu karena Redmi 6 memiliki dual kamera, ada sedikit perbedaan pada penataan kamera dimana 2 kamera belakang dirangkai secara horizontal pada bagian belakang ponsel.

Bagi pecinta Xiaomi, desain yang tidak kunjung berubah bisa menjadi hal yang menjenuhkan.

Meskipun ponsel ini memiliki beberapa kekurangan, masih ada beberapa kelebihan yang akan membuatmu berpikir ulang untuk tidak memilih ponsel ini.

Kelebihan Redmi 6

Berikut beberapa kelebihan Redmi 6:

Performa Grafis yang Bagus – Seperti yang sudah disebutkan pada spesifikasi diatas, Redmi 6 dibekali dengan pengolah grafis PowerVR GE8320. Pengolah grafis PowerVR merupakan salah satu GPU yang mampu mengoptimalkan kerja RAM sehingga ponsel terasa lebih ringan saat membuka banyak aplikasi.

Layar IPS lcd pada ponsel ini juga mampu menghasilkan kualitas grafis yang cerah dan hidup, meskipun bukan yang terbaik di kelasnya.

Dual Kamera – Berbeda dengan versi Redmi 5 yang masih memiliki satu kamera, Redmi 6 sudah memiliki dual kamera yaitu kamera utama 12 megapiksel dan kamera sensor kedalaman 5 megapiksel. Dengan begitu pengguna kini bisa juga memotret gambar dengan mode bokeh untuk memberikan fokus pada objek tertentu.

Bagi yang hobi berbagi jepretan gambar ke sosial media, adanya fitur mode bokeh ini tentunya sangat bagus dan bermanfaat.

Itulah review Redmi 6 dan tips saat akan membeli ponsel yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019