Harian Nusantara

Penjelasan Lengkap dan Contoh penulisan Daftar Pustaka

surat 543 View

Bagi yang sudah pernah membuat makalah atau karya tulis, pastinya sudah tahu tentang apa itu daftar pustaka. Daftar pustaka merupakan sebuah daftar dari semua kutipan atau isi dari sebuah buku ketika kita menulis sebuah karya ilmiah. Secara tata cara pembuatan karya ilmiah pemberian adanya halaman daftar pustaka merupakan suatu kewajiban yang harus ada disetiap karya ilmiah. Dimana kegunaan dari daftar pustaka sendiri adalah untuk mempermudah para pembaca karya ilmiah kita jika mereka ingin mengetahui sumber yang ada didalam suatu karya ilmiah.

Sudah lama orang menulis sebuah karya ilmiah dan membentuk halaman daftar pustaka, namun masih ada beberapa dari kita yang belum bisa membuat daftar pustaka secara baik dan benar sesuai dengan tata cara penulisannya. Penulisan sebuah daftar pustaka biasanya ditulis pada akhir halaman dari suatu karya ilmiah. Penulisan dari daftar pustaka sendiri wajib di berikan jika seseorang mengutip sebuah halaman dari karya ilmiah orang lain. Ini bertujuan agar penulisan sebuah karya ilmiah terhindar dari yang namanya plagiarisme.

 

Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka

Secara umum penulisan sebuah halaman daftar pustaka dituliskan secara baku. Sedangkan untuk aturan cara penulisan dari sebuah halaman daftar pustaka harus bisa memenuhi beberapa unsur didalamnya. Penulisan sebuah daftar pustaka tidaklah boleh sembarangan dimana aturan yang berlaku bahwa penulisan dari daftar pustaka harus sesuai dengan abjad, karena jika kita mengurutkan susunan menurut abjad maka kita bisa mengetahui dengan mudah informasi yang ada di daftar pustaka.

Loading...

Unsur-Unsur yang Umum Digunakan Dalam Menulis Daftar Pustaka

Untuk menulis sebuah daftar pustaka harus memenuhi sebuah unsur wajib yang menjadi tata cara penulisan daftar pustaka, berikut ini unsur-unsur yang harus ada di setiap pembuatan daftar pustaka

 

Nama Penulis

Penulisan dari sebuah Nama Penulis, dimana jika nama penulis terdiri dari dua buah kata maka kata yang di belakang dipindah kedepan dan diberikan tanda koma diantara nama penulis tersebut. Jika dalam penulisan nama penulis ada sebuah gelar yang ada pada nama penulis maka gelar tersebut dihilangkan ketika menulis nama penulis.

Tahun Terbit

Setelah penulisan nama penulis di daftar pustaka, kita beralih ke tahun terbit sebuah buku yang menjadi referensi karya ilmiah kita, dimana setelah nama penulis maka kita tinggal menambahkan tahun terbit dari buku tersebut. Penulisan tahun terbit juga tidak boleh menggunakan huruf namun angka, dan tahun terbit berbeda dengan tahun cetakan awal dari sebuah buku. Jika kita tidak bisa menemukan tahun terbit dari sebuah buku maka kita menggunakan kata Tanpa Tahun dengan diakhiri tanda baca titik.

Judul Buku

Penulisan dari judul buku dari referensi buku karya ilmiah harus dituliskan secara lengkap dan dituliskan setelah tahun terbit. Untuk gaya penulisan sendiri masih belum ada aturan baku, dimana ada yang menggunakan cetak tebal, ada yang menggunakan huruf miring, dan juga menggunakan tanda garis bawah. Untuk gaya penulisan silahkan menggunakan gaya kalian masing-masing.

Kota terbit

Kota terbit merupakan sebuah kota dimana pertama kali buku referensi tersebut terbit. Penulisan dari kota terbit tepat setelah judul buku dituliskan dengan akhir menggunakan tanda baca titik dua

Nama penerbit

Penulisan nama penerbit merupakan akhir dari sebuah penulisan daftar pustaka dimana dituliskan setelah kota terbit dengan diakhiri tanda titik.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Perbedaan didalam menulis sebuah daftar pustaka ini dikarenakan sumber dari daftar pustaka itu sendiri yang berbeda beda, jika kita menulis daftar pustaka dari sebuah buku maka ada beberapa aturan, jika dari sebuah website juga berbeda cara penulisannya.

 

Contoh Daftar Pustaka Dari Sebuah Buku

Untuk tata cara atau aturan dalam penulisan daftar pustaka jika dikutip dari sebuah buku memiliki aturan sebagai berikut, dimana penulisan awal Nama Pengarang atau nama penulis, dilanjutkan dengan tahun terbit, Judul buku yang ingin dijadikan daftar pusataka, kemudian tempat terbit buka : nama penerbit buku tersebut. Penulisan juga tergantung dari jumlah dari penulis yang menulis buku tersebut berikut adalah contohnya

Satu Orang Penulis

Jika buku referensi dari karya ilmiah kita hanya memiliki satu orang penulis maka contoh dari penulisan daftar pustaka sebagai berikut.

  • Effendy, 1989. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Karya.
  • 2010. Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: Muara Indah.
  • 1971. Penggunaan Visual Aid Dalam Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Direktorat Penyuluhan Pertanian
  • Hanafi, 1984. Hubungan Manusia dalam Berkomunikasi. Jakarta: Nasional Buku.

Dua atau tiga penulis buku

Biasanya kita akan menjumpai buku referensi yang kita baca dikarang oleh dua atau tiga orang pengarang. Jika terdapat dua atau tiga pengarang maka contoh penulisan bukunya sebagai berikut

  • Nuryanti, D.M. dan N.N. Kasim. 2017. Analisis Perbedaan Usaha Mikro Sebelum Dan Sesudah Menerima Bantuan Kredit Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan. Surakarta: Tesis.
  • Taniredji, T. Dan Mustafidah. 2014. Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pengantar Sebuah Alvabeta.

Tanpa Penulis

Jika buku referensi yang kita baca tanpa adanya nama pengarang atau penulis, beginilah contoh penulisan daftar pustakanya

  • Departemen Pertanian. 2009. Pedoman Umum Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP). Jakarta Departemen Pertanian.
  • Direktorat Perkebunan Indonesia. 2017. Statistik Perkebunan Indonesia 2015-2017. Jakarta: Direktorat Perkebunan.
  • Departemen Pertanian, 1985. Pedoman Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian. Diterbitkan Oleh Badan Pendidikan, Latihan dan Penyuluhan Pertanian. Jakarta. Departemen Pertanian
  • Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Kota Kendari Tahun 2011. Kendari. Bappeda dan PM Kota Kendari.

Buku Teks Terjemahan

Tentunya kita pernah menemukan judul dari sebuah buku dimana isinya merupakan hasil dari teks terjemahan bahasa inggris ataupun dari bahasa lain. Berikut ini contoh penulisan daftar pustakanya

  • Resilowati, Eti (Penterjemah). 2010. Dasar-dasar Akuntansi Keuangan Menengah. Surabaya: Balai Pustaka.
  • Isnan, Albadawi (Penterjemah). 2011. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Produksi dalam Analisis. Bandung: Intermedia
  • Kira, Yatamo (Penterjemah). 2010. Pemasaran dan Perencanaan dalam Produksi di Perusahaan. Surabaya: Mediatizen
  • Todaro, M.P. and S.C. Smith. 2004. Dunia Ketiga dalam Pandangan Pembangunan. Terjemahan. Garuda Buku, Semarang.

Nama Penulis Sama, Judul Buku Yang Berbeda

Terkadang pada saat kita membaca beberapa buku referensi terdapat nama penulis yang sama tetapi memiliki judul buku yang berbeda. Untuk penulisannya bisa diganti dengan tanda baca garis bawah sebanyak 10 ketukan. Berikut ini contoh penulisannya.

  • Alisjahbana, S. Takdir. 1996. Puisi Lama. Jakarta: Pustaka Rakjat.

__________. 1996. Puisi Baru. Jakarta: Pustaka Rakjat

 

  • Damono, Saparjo Djoko. 1994. Hujan Bulan Juni. Jakarta: Grasindo.

__________. 2003. Puisi Indonesia Sebelum Kemerdekaan. Jakarta: Pusat Bahasa.

  • Jassin, H.B. 1987. Pujangga Baru. Jakarta: Gunung Agung

__________. 1976. Angkatan 66. Jakarta: Gunung Agung

__________. 1982. Gema Tanah Air: Prosa dan Puisi. Jakarta: Balai Pustaka

  • Keraf, Gorys. 1989. Komposisi. Ende: Nusa Indah

__________. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Semarang: Pusaka Utama

__________. 2007. Argumentasi dan Narasi. Semarang: Pusaka Utama

 

Contoh Daftar Pustaka Yang Diambil dari Sebuah Jurnal

Adakalanya ketika kita membuat sebuah karya ilmiah, kita mengutip sebuah referensi dari sebuah buku jurnal. Untuk penulisan daftar pustaka pada dasarnya sama dengan penulisan aftar pustaka yang umum, hanya saja adanya tambahan nama jurnal, volume, dan halaman jurnal yang kita kutip. Sedangkan nama kota dan penerbit tidak dicantumkan. Berikut ini contoh daftar pustaka dari sebuah jurnal

  • Windia Wayan. 2013. Penguatan Budaya Subak Melalui Pemberdayaan Petani. Jurnal Kajian Bali. 03(2): 137-157.
  • Suradisastra, Kedi. 2011. Kelembagaan Untuk Mempercepat Pembangunan Sektor Pertanian Dalam Era Otonomi Daerah. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian. 4(2): 118-136.
  • Bustami Unggul, (2015). Pelestarian dan Pemberdayaan, Jurnal Bumi Kita, 23,(5), 102 -104.
  • Aini Yenni Nur, Nadida Zafira. 2014. Analisis Keberfungsian Infrastruktur Irigasi (Studi Kasus: Daerah Irigasi Bajarsari Kidul, Sokaraja), Jurnal Infrakstukrut Negara,7, (2), 110-111.
  • Margi, Tino dan Balkis, Siti. 2016. Analisis Usaha Padi Sawah Di Desa Kota Jombang Kecamatan Dudukan, Amanah, (2) 55-57.
  • Bedjeck, M.C., et all. 2010. Variability and Change on Fishery. Journal of Marine Policy. 34, 375-383.

 

Contoh Daftar Pustaka Dari Makalah

Pengambulan sumber referensi dalam pembuatan karya ilmiah tidak jarang kita menggunakan bahan berupa makalah dari seseorang. Untuk penulisan daftar pustaka jika mengutip dari sebuah makalah nama penulis tidak ditulis secara terbalik, dan tidak dicantumkan nama penerbit dan kota penerbit. Dan diakhiri dengan tulisan makalah. Berikut ini contoh dari penulisan daftar pustaka yang berdasarkan pada sebuah makalah

  • Ainul M. 2013. Sistem Dagang Indonesia dan Singapura. Makalah.
  • Alya Mauliya. 2010. Perubahan Iklim di Indonesia. Makalah.
  • Ardito Prasetya. 2011. Penerapan Teknologi Android dalam Startup. Makalah.
  • Anna Adirasti. 2019. Metode Industri 4.0 di Indonesia. Makalah.
  • Yuni Desianan. 2019. Startup dalam dunia Android. Makalah
  • Dini Andita. 2015. Efek Samping Junkfood bagi Kesehatan Anak-anak. Makalah.
  • Andini lolita. 2016. Peran Pemerintah dalam Dunia Kreatif. Makalah.
  • Isyana Lulu. 2015. Pengaruh Internet Untuk Dunia Kerja. Makalah.
  • Bustami Nana. Faktor Berkurangnya Hutan di Kalimantan. Makalah.
  • Winda Intani. 2015. Era Digital Merubah Kebiasaan Hidup Anak Jaman Sekarang. Makalah.
  • Ayuningtyas Asih. 2014. Manfaat Abu Vulkanik untu Kehidupan. Makalah.
  • Joko Dinanto. 2018. Berkurangnya Minat Anak Muda dalam Mempelahari Sejarah. Makalah.
  • Handika Eston. 2011. Metode Jualan Online Untuk Peluang Usaha Anak Sekolah. Makalah.

Contoh Daftar Pustaka Dari Internet

Tatkala kita sudah mencari berbagai referensi buku di perpustakaan dan tiba saat perpustakaan tutup, tentu saja kita harus mencari sumber referensi lain seperti mencarinya di internet. Pada penulisan daftar pustaka yang diambil dari internet untuk penulisannya tidak mencantumkan kota penerbit dan nama penerbit, namun mencantumkan link referensi dan tanggal akses ke website tersebut. Berikut ini contoh daftar pustaka yang ditu;is berasal dari referensi internet atau sebuah website.

  • Andin, Rasma. 2015. Budidaya Kaktus di Desa Bukit Indah. http://asdfas.blogspot.com/2015/05/budidaya-di-bukit-indah.html. (3 Mei 2015).
  • Gino, Anjar. ……. . Teknik Percetakan. Http://Academia.Edu/teknik-percetakan. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2015
  • Hendra, Hardika. … . Modul Kesenian Tradisional. Http://Academia.Edu/modul-kesenian-tradisional. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2015
  • Miko, Setiabudi. 2017. Dampak Sosial Media di Indonesia. http://sosmedindo.blogspot.com/2017/05/05-dampak-sosmed-di-Indonesia.html. (5 Mei 2017).
  • Rusdian, Tririo. 2018. Pakaian Adat Daerah yang Ada di Indonesia. http://cultureindonesia.blogspot.com/2018/05/05-pakaian-adat-di-indonesia.html. (5 Mei 2018).
  • Bungamelatis Blogs. ….. . Tema Kesenian tradisional. Http://bungamelatis.wordpress.com/tag/tema-kesenian-tradisional. Diakses pada tanggal 5 Mei 2015
  • Yusrifal, Ammad. 2017. Pendapatan Provinsi Jawa Tengah. http://ekonomiindo.blogspot.com/2017/05/05-pendapatan-provinsi-jateng.html. (5 Maret 2017).

 

Contoh Daftar Pustaka Dari Skripsi/Tesis/Disertasi

Tidak hanya kita bisa mengutip referensi dari sebuah makalah saja, namun kita juga bisa mengambil referensi dari sumber Skripsi/Tesis/Disertasi seseorang untuk dijadikan bahan referensi karya ilmiah kita. Untuk penulisan dari daftar pustaka yang bersumber pada skripsi/tesis/disertasi adalah penulisan penerbit digantikan dengan nama universitas dimana skripsi tersebut dibuat. Ada beberapa skripsi atau tesis yang tidak diterbitkan, maka penulisan bagi skripsi yang tidak diterbitkan ditambahkan kata tidak diterbitkan pada akhir daftar pustaka. Berikut ini contoh daftar pustaka yang diambil dari referensi skripsi/tesis/disertasi seseorang.

 

  • Tuti, Mira. 1990. Analisis Resiko dan Keuntungan Berkebun Kangkung. Tesis. Surabaya. Pertanian Pasca Sarjana Universitas Jenderal Soedirman.
  • Lia, Saputri. 2010. Analisis Kepuasan Layanan Klinik Kesehatan di Kota ABC. Skripsi. Semarang. Politeknik Kesehatan Semarang.
  • 2015. Analisis Kepuasan Pelanggan Koperasi di Desa ADD. Skripsi. Jakarta: Universitas Muhamadiyah Purwokerto.
  • Lita, Ceria. 2017. Jurnalistik di Perusahaan Telkom Purwokerto. Skripsi. Purwokerto. Universitas Terbuka Purwokerto.
  • Rutfi, Sario. 2017. Pengaruh Makanan Ringan Terhadap Anak Usia Sekolah. Skripsi. Purwokerto.
  • Maia, Anca. 2017. Pandangan Umum Terhadap Isu SARA di Indonesia. Skripsi. Bekasi: Universitas Indonesia.
  • 2016. Pemanfaatan limbah rumah tangga sebagai barang kreatif. Skripsi. Purbalingga. Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman.
  • Sarimin, Indrawati. 2011. Analisis Kursus Terhadap Peluang Kerja. Skripsi. Universitas Terbuka Surakarta.
  • Saritem, Lilis 2015. Implementasi Internet Untuk Pendidikan. Skripsi. Cilacap. Universitas Terbuka Cilacap.
  • Sinta, Andina. 2015. Penggunaan Kamera CCTV di Tempat Usaha. Skripsi. Kebumen. Politeknik Negeri Kebumen.

 

Contoh Daftar Pustaka Dari Koran

Pengambilan sebuah referensi karya ilmiah tentu saja tidak hanya sekedar dari buku yang tebal, namun untuk mendapatkan sebuah berita yang terupdate tak jarang kita mengambilnya dari koran atau majalah. Untuk penulisan daftar pustaka yang berasal dari referensi sebuah koran adalah dimana nama penulis, tahun terbit, judul artikel, dan nama penerbit dicantumkan semua. Hanya gaya penulisan dimana judul tidak dituliskan secara miring namun tegak lurus dengan tambahan tanda baca kutip pembuka dan penutup. Berikut ini contoh dari penulisan daftar pustaka yang diambil dari sebuah koran

 

  • Ajis, masbayu. 2014. Hirup Piruk Politik Indonesia. Kompas, hlm 51-52.
  • Hadirosidi, Ibsnum. 2002. Produk China Menguasai Pasar Indonesia. Tempo, hlm 1-2.
  • Wati, Risma. 2017. Otonimi Derah Untuk Kemajuan Negara. Detik. Hlm 14-15.
  • Suryo, Iza. 2016. Internet Menguasai Pasar Jual Beli Di Era Modern. Tribunnews, hlm 10-11.
  • Marani, Tikamudi. 2001.Model Busana Terkini 2001. Pontianak: Tribunnews. (22 Januari 2001).
  • Ari, Ispin. 2015. Harga Telor Naik. Tempo ( 20 Mei 2015).
  • Sisil, Amin. 2015. BBM Naik. Kompasiana, hlm 2-5.
  • 2017. Bangunan Sekolah Dasar N 1 Dodol Roboh. Tempo, hlm 7-8.
  • 2010. Impor Garam. Tempo. (4 Oktober 2010).

 

Contoh Daftar Pustaka Dari Kamus Atau Ensiklopedia

Sumber referensi lainnya yang bisa kita ambil adalah di sebuah buku ensiklopedia. Dimana untuk penulisan dari daftar isinya adalah dengan mencantumkan judul ensiklopedia dan jenid ensiklopedia, juga halaman dari ensiklopedia yang kita kutip, berikut ini contoh daftar pustaka yang mengutip dari kamus atau ensiklopedia.

  • Agung, Jaya. 2011. Ilmu Fisika. Penerapan Ilmu Fisika 200: 100-110
  • Ita Maharani. 2020. Ilmu Geografi. Ensiklopedia Gunung Berapi 200: 189-190
  • Putri, Heri. 2010. Ilmu Geografi. Ensiklopedia Lembah 300: 221-228
  • 2014. Ilmu Promgramer. Ensiklopedia Programer Komputer 200: 93-98

 

Contoh Daftar Pustaka Dari Majalah

Untuk penulisan dari daftar pustaka yang diambil dari sebuah majalah sama seperti penulisan daftar pustaka dari koran, dinama ditambahkan halaman dimana referensi itu didapatkan. Berikut ini contoh daftar pustaka yang diambil dari sebuah majalah.

  • Iyas, Asih. 2016. Modif Motor Ceper. Jogja: Berita Modifikasi. Hlm 6.
  • Indro, Wahyudi. 2010. Sepatu Kekinian. Jakarta: Fashion Pria.
  • Nini, Indrianti. 2019. Masker Bahan Alami Yang Memutihkan. Surabaya: Tips Kecantikan. ( 5 Mei 2019).
  • Permata, Anita. 2019. Pemain Sepak Bola Termahal di Indonesia. Jakarta: Olahraga (5 Juni 2019).
  • Rai, Handika. 2017. Kamera 2 Jutaan Terbaik. Bogor: Kamera Fotografi (5 Mei 2017).
  • Intan, Anrumi. Masker Tanah Liat Untuk Mengurangi Minyak Berlebih. Surabaya: Majalah Ledies. Hlm 8.
  • Nabila, Rumi. 2017. Mix and Match Hijab Kekinian. Bekasi: Tips Hijab. Hlm 4-6.
  • Bari, Aulia. 2015. Pakian Pria Trend Tahun ini. Bandung: Majalah Mens Indo.
  • Sari, Dewita. 2015. Baju Musim Hujan Yang Keren dan Fashionable. Bekasi: Majalah Girls (10 Januari 2015).
  • 2015. Mix and match pakaian untuk ke kantor. Bekasi: Majalah Girls (6 Mei 2015).
  • 2019. Masker dari Buah Buahan Yang Memutihkan Kulit Wajah. Jakarta: Majalah Girls ( 5 Januari 2019).

 

Contoh Daftar Pustaka Dari Wawancara

Sebagai data referensi sebuah karya ilmiah juga bisa kita ambil dari sebuah wawancara yang dilakukan disuatu memen atau bahkan saat ada di televisi. Untuk penulisan daftar pustakanya adalah peletakan nama pembicara, nama acara, tahun wawancara, dan juga dan jika wawancara disiarkan di televisi maka penambahan durasi juga perlu dicantumkan. Berikut ini contoh daftar pustaka dari suatu wawancara.

  • 2019. Interview “wanita dan karir”. NET TV. Bandung. 30 mins.
  • Liawati, Indi. 2019. Peringatan Hari Kartini. SCTV. Jakarta. 60 mins.
  • Ayunda, Ferawati. 2019. Menyambut Tahun Baru. RCTI. Jakarta. 30 mins.
  • Ayudi, Isna. 2019. Sejarah Bangsa. TVRI. Surabaya. 30 mins.
  • 2019. Kuliner Indonesia. TransTV. Jakarta. 30 mins.

 

Didalam sebuah penulisan karya ilmiah, mencantumkan daftar pustaka adalah sebuah kewajiban dimana daftar pustaka bisa mempermudah pembaca untuk mencari bahan referensi yang lain. Selain itu dalam penulisan sebuah daftar pustaka juga harus teliti untuk menulisnya, jika adanya kesalahan maka bisa dimungkinkan para pembaca pun juga akan merasa kebingungan. Bagi yang ingin membuat sebuah karya ilmiah lebih baik memperhatikan beberapa contoh penulisan daftar isi yang ada diatas.

 

Dengan adanya daftar pustaka di sebuah karya ilmiah maka akan memberikan keorisinilan sebuah karya dan terlepas dari yang namanya plagiarisme. Itulah beberapa contoh penulisan karya ilmiah yang bisa kita gunakan dalam membuat daftar pustaka di karya ilmiah kita.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019