Harian Nusantara

13 Contoh Surat Pengunduran Diri

surat 17 View

 

Karier pekerjaan setiap manusia pasti berbeda beda. Ada kalanya berjalan mulus ada kalanya berjalan tidak sesuai harapan. Dalam dunia kerja, karier setiap orang pasti bergerak dinamis. Semua orang selalu ingin meningkatkan kemapanan maupun kualitas hidup yang lebih baik lagi. Oleh karena itu mereka selalu mencari dan mencari pekerjaan yang berkualitas.

Namun disatu sisi, orang orang yang memiliki kepentingan tertentu justru banyak yang memilih mengundurkan diri dari posisinya tentunya dengan berbagai alasan. Mengundurkan diri bisa saja dipilih sebagai salah satu pilihan terakhir jika anda tidak ingin menghendaki bekerja di tempat sebelumnya.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara melakukan pengunduran diri yang etis hingga membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan bahkan organisasi.

Loading...

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Sebelum kita menyelam lebih dalam, ada baiknya jika kita mengulas tentang pengertian dari Surat Pengunduran Diri tersebut.

Surat Pengunduran Diri merupakan sebuah surat yang berisi pernyataan seseorang untuk meninggalkan pekerjaan yang biasa si kerjaannya dengan alasan tertentu. Surat pengunduran diri biasanya dibuat oleh pekerja yang bekerja di perusahaan. Surat pengunduran diri biasanya ditujukan kepada manajer personalia atau manajer sumber daya manusia.

Dalam membuat surat pengunduran diri, sebenarnya hanya mencangkup tiga poin utama yaitu: tujuan surat, data pengirim dan alasan seseorang tersebut mengundurkan diri.

Namun, dalam membuat surat pengunduran diri terdapat beberapa aturan yang harus diikuti saat sedang membuatnya.

  • Pertama, anda harus menyebutkan nama atasan dengan bentuk terhormat, contoh “Kepada Yth” atau juga bisa “Yth.”
  • Kedua, anda harus mengisi data pekerjaan secara lengkap dan detail hal ini mencangkup nama lengkap yang sesuai dengan identitas KTP, jabatan saat bekerja dan lama masa kerja di perusahaan saat ini dan tanggal terakhir bekerja saat akan mengundurkan diri.
  • Selanjutnya dalam menulis surat anda harus menggunakan bahasa yang formal.
  • Keempat, anda harus menjelaskan alasan pengunduran diri anda dengan logis, sopan dan jelas. Beberapa contoh alasan kasus pengunduran diri misalnya sakit, pindah rumah, ingin pensiun dll. Namun jika alasan anda menyangkut dengan seseorang dalam perusahaan maka sebaiknya tidak disebutkan.
  • Terakhir anda bisa menyampaikan terimakasih kepada atasan dan semua bagian manajemen dalam perusahaan. Anda juga bisa menambahkan doa dan harapan kedepannya. Ada baiknya jika menulis surat ini yaitu dengan tulisan tangan, namun dengan diketik pun tidak dilarang.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Tepat Sesuai Aturan

Dalam membuat surat pengunduran diri hampir sama dengan membuat surat formal pada umumnya. Namun yang membedakan adalah esensi dari surat tersebut. Surat Pengunduran Diri memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk memberi informasi bahwa seseorang ingin meninggalkan pekerjaannya.

Untuk struktur surat pengunduran diri hampir mirip dengan struktur surat lamaran kerja. Format dan tata bahasanya juga tidak jauh berbeda. Layaknya sebuah surat resmi harus memiliki unsur unsur seperti: Tanggal dan tempat surat itu dibuat, nama dan alamat tujuan, isi surat yang menggunakan bahasa formal, pembubuhan tanda tangan ( bila perlu menggunakan materai)

Aturan penulisan surat pengunduran diri yang baik adalah:

  • Isi surat harus singkat padat dan jelas
  • Memberi ucapan terimakasih kepada atasan dan seluruh jajaran manajerial karena telah diberi kesempatan untuk bekerja disana.
  • Hindari memberikan kesan buruk berlebihan kepada perusahaan.
  • Menuliskan alasan pengunduran diri yang logis, jelas dan dengan bahasa yang sopan.
  • Untuk memperkuat landasan hukum, anda bisa mengambil kutipan dari peraturan perusahaan dll.
  • Anda juga bisa memberikan kenang kenangan berupa cindra mata atau semacamnya agar kepergian anda lebih berkesan.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Sesuai Aturan

Jika anda sudah mantap ingin mengundurkan diri maka selanjutnya adalah anda harus bisa menuliskN surat pengunduran diridari pekerjaan dengan baik dan benar serta sesuai aturan penulisan yang tepat. Hal ini agar pengunduran diri anda jauh lebih terhormat sopan dan disegani.

Kali ini kami akan memberikan susunan dari beberapa contoh surat pengunduran diri dari suatu pekerjaan dengan contoh yang baik dan benar. Semoga contoh ini bisa membantu anda dalam menuliskan maksud pengunduran diri dengan tepat kepada manajemen yang bersangkutan.

Contoh surat pengunduran diri yang kami sajikan disini adalah contoh surat pengunduran diri secara umum dan berbeda-beda untuk tiap alasan pengunduran diri.

Tanggal Bulan Tahun Surat Pengunduran diri dibuat

Nama lengkap Bapak atau Ibu pembuat surat

Judul surat pengunduran diri

Nama Perusahaan Anda saat ini

alamat jalan dari perusahaan

Kodepos perusahaan

Yth. Nama dari manajer personalia atau pimpinan perusahaan

Pada paragraf pertama berisi tentang pernyataan anda dalam mengundurkan diri, kemudian disertai alasan secara singkat padat dan logis mengapa anda ingin mengundurkan diri. Gunakan bahasa sendiri namun tetap formal dan sopan. Untuk menutup paragraf pertama Anda bisa menambahkan dengan memberi hormat secara profesional.

Jika anda memang mengundurkan diri karena ditawari oleh perusahaan lain maka anda bisa menjelaskan mengapa anda lebih memilih perusahaan lain dibanding perusahaan yang lama. Sertakan alasan positif dan tidak meninggalkan kesan yang buruk.

Pada paragraf kedua anda bisa menampilkan data dan rincian seperti tanggal bekerja dan hari terakhir Anda. Selain itu anda juga bisa membubuhkan detail kontak, hal ini agar sewaktu waktu terjadi urusan bisa dengan mudah berkomunikasi dengan anda.

Untuk menutup surat pengunduran diri anda, anda juga bisa menambahkan kalimat penyesalan seperti “saya menyesal atas ketidaknyamanan ini” atau semacamnya. Berikan kesan positif yang anda habiskan di perusahaan anda sebelumnya. Selain itu kesan positif bisa juga ditujukan dengan menambahkan kalimat bahwa anda menikmati pekerjaan sebelumnya, namun hal ini opsional.

Tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada atasan /jajaran perusahaan atas dukungan dan kesempatan yang ada untuk bekerja di perusahaan yang bersangkutan. Gunakan bahasa yang sopan dan formal tetapi tetap komunikatif pada atasan Anda.

Dengan hormat

[Tanda tangan]

Gunakan tanda tangan basah, jika anda ingin menggunakan ketikan. Sebaiknya anda pindai terlebih dahulu tanda tangan Anda ke bentuk digital agar lebih absah.

Namamu

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Langsung Ke Direktur

Trenggalek, 29 Agustus 2018

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Indonesia Healthy Food

di Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Bonita Aderani

Tempat, tgl. lahir      : Kendari , 21 Mei 1978

No. Pegawai               : D5109043

Jabatan                       : Staf Warehouse

Departemen               : Quality Control

Bekerja sejak             : 2015

 

Saya ingin mengajukan surat pengunduran diri  dari perusahaan PT. Indonesia Healthy Food sebagai Staf Warehouse. Alasan saya mengundurkan diri karena saya memiliki amanah untuk mengurus bayi yang baru lahir dengan begitu saya kemungkinan besar tidak bisa melaksanakan tugas perusahaan seperti sedia kala. Terimakasih saya sampaikan kepada Bapak Direktur dan jajaran PT Indonesia Healthy Food.

Sekian surat pengunduran diri saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaat dan dengan  segala kekurangannya yang saya tulisa atau lakukan selama ini saya minta maaf seikhlas-ikhlasnya.

Hormat saya,

Bonita Aderani

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Bandung, 16 April 2018

Kepada Yth,

HRD Manager

PT Adharo Tambang

Jl. Melong, No. 15

Surabaya

Dengan Hormat,

Surat ini dibuat oleh saya dalam bentuk surat pemberitahuan resmi pengunduran diri saya. Berkaitan dengan  kontrak kerja yang telah disepakati, saya memberikan pemberitahuan dua bulan dan akan masuk kembali pada tanggal 17 Agustus 2018

Selama ini saya sangat  menikmati waktu saya bekerja di PT. Adharo Tambang. Langkah ini saya ambil untuk menambah jenjang karier yang lebih baik lagi. Selama ini saya sangat menghargai kesempatan yang telah diberikan oleh PT Adharo Tambang selama empat tahun terakhir ini. Saya sempat merasa sedih harus meninggalkan perusahaan ini san teman tema.

Anda bisa memberitahu saya apabila membutuhkan bantuan dan informasi lain.

 

 

       Hormat Saya

    [Tanda Tangan]

Abdul Salam Arifin

4. Contoh Surat Pengunduran Diri ke Supervisor atau Kepala Bagian

Banyumas, 30 April 2016

Kepada Yth.

Kepala Departemen Quality Control

PT Waskita Karya Baru

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Joko Sanusi Amirudin

Tempat, tgl. lahir       : Jember , 13 Mei 1989

No. Pegawai                : D5000143

Bekerja sejak              : 2016

Bermaksud mengajukan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Staf Safety departemen Quality Health Safety and Environment. PT. Waskita Karya Baru . Alasan mengapa saya mengundurkan diri adalah karena kehadiran buah hati yang baru lahir. Saya ingin fokus memberikan waktu saya kepada anak baru saya. Saya sangat berterimakasih kepada Saudara Kepala Departemen Quality Control Bapak Anzo Fereiroo Harapan serta teman teman di perusahaan. Saya sangat minta maaf atas setiap kesalahan selama kami bertugas. Kami berharap departemen ini semakin maju.

Sekian surat pengunduran diri dari saya dari PT Waskita Karya Baru yang buat tanpa adanya paksaan dan dengan kesadaran akal sehat saya. Atas perhatian Bapak/Ibu telah membaca surat pengunduran diri ini saya mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Joko Sanusi Amirudin

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Kepada Kepala Departemen SDM dan Umum

Jakarta , 1 Januari 2020

 

Kepada Yth.

Kepala Departemen SDM dan Umum

PT Inophyllum

di Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Francisco Xaver

Tempat, tgl. lahir       : Kupang , 19 Mei 1989

No. Pegawai                : D51408063

Jabatan                        : Staf Warehouse

Departemen                : Quality Control

Bekerja sejak              : 2017

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari PT Inophyllum karena saya ingin fokus mengurus dan merawat bayi saya yang baru lahir beberapa waktu yang lalu . Saya menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak danIbu selaku Kepala Departemen SDM dan Umum yang sudah memberikan kesempatan saya menjadi bagian PT inophyllum dan alasan mengapa saya harus mengundurkan diri dari perusahaan ini adalah karena kehadiran buah hati yang baru lahir beberapa waktu yang lalu. Saya ingin fokus memberikan waktu saya kepada anak baru saya. Saya sangat berterimakasih kepada Saudara  Bapak dan Ibu Pimpinan HDR dan Pimpinan Perusahaan yang telah merekrut saya menjadi bagian PT Inophyllum. Saya sangat minta maaf atas setiap kesalahan selama kami bertugas. Kami berharap departemen ini semakin maju.

Demikian surat pengunduran diri dari PT Inophyllum saya buat dengan akal sehat dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari orang lain saat membuat surat pengunduran diri ini. saya mohon maaf seihklas-ikhlasnya atas segala kekurangan selama ini dalam bekerja.

Hormat saya,

Francisco Xaver

6. Surat Pengunduran Diri Bahasa Pribadi

Jember, 13 Maret 2017

Kepada Yth,

HRD Manager

PT Setiawan Materi

Jl. Huruhara, No. 15

Jember

Dengan Hormat,

Sebelumnya saya ingin memberi tahu kemarin saya ditawari kadet bagian jurnalisme di PT. Cipta Mandiri. Saya menganggap Ini adalah kesempatan besar untuk saya, karena saya sangat  berkeinginan untuk bekerja di industri Berita . Ini adalah posisi full time jadi saya tidak akan dapat terus bekerja di perusahaan PT Setiawan Materi.

Mulai Tanggal 1 Januari saya izin mengundurkan diri dari perusahaan. Menurut kontrak saya dengan PT. Setiawan Materi saya wajib  memberikan pemberitahuan dalam waktu  dua minggu dengan begitu  berarti saya harus menyelesaikannya pada tanggal 31 April. Saya akan berusaha menyelesaikan masalah ini secepat yang saya bisa dengan kemampuan semaksimal mungkin.

Saya sangat berterimakasih atas waktu yang telah diberikan untuk bekerja disini. Saya sangat menikmati pekerjaanan saya sebelumnya.

       Hormat Saya

 

Silulu Maluweno

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kehamilan

 

Samarinda, 25 April 2020

 

Kepada Yth,

Direktur. HRD

PT Subur Jaya

Di Tempat

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Siti Gita Mirza

Departemen: Staff Administrasi

Jabatan: Karyawan tetap

No.Karyawan: 45678900009

  

  Saya ingin memberi tahu kepada saudara bahwa saya akan mengundurkan diri dari jabatan di PT. Subur Jaya karena kehamilan. Sebenarnya saya sangat sedih karena saya hatus meninggalkan pekerjaan yang membuat saya selalu belajar untuk jadi lebih baik lagi.

Sesuai dengan kesepakatan kontrak kerja yang telah tertulisu untuk bekerja di PT Subur Jaya maka saya memberikan pemberitahuan pada  tanggal 24 Juli 2020 saya akan mulai berhenti bekerja. Saya akan bersungguh sungguh untuk menyelesaikan proyek yang telah diberikan. Apabila ada kesempatan saya juga akan kembali untuk berkarier disini.

Terimakasih atas kerja sama nya dan segala dukungan selama ini dalam bekerja. Anda bisa menghubungi jika membutuhkan informasi lebih lanjut lagi.

Dengan hormat

Siti Mirza Gita

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Cianjur, 14 Januari 2019

Kepada Yth.

Bapak Direktur CV Anak Sapi

di tempat

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                         : Anggoro Ahmad Amin

Jabatan                      : Operator Exavator

Bekerja sejak             : 17 Maret 2014

Bermaksud mengajukan permohonan mengundurkan diri dari CV Anak Sapi. saya mengundurkan diri dari perusahaan ini karena menderita sakit Stroke  .Dengan hadirnya penyakit ini membuat saya tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka dari itu saya ingin beristirahat dan mengundurkan diri. Saya menyampaikan banyak terimakasih sebanyak banyaknya kepada karyawan dan rekan kerja di CV Anak Sapi. Semoga perusahaan yang saya tinggalkan bisa segera menemukan karyawan  pengganti yang lebih baik.

Sekian surat pengunduran diri dari CV Anak Sapi sebagai Operator Exavator saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas segala kekurangan yang telah saya lakukan selama di perusahaan, saya mohon maaf yang seikhlas-ikhlasnya.

 

Hormat saya,

Anggoro Ahmad Amin

9. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Belajar

Surabaya 16 Mei 2017

Kepada Yth,

HRD Manager

Firma Berkah Mantap

Jalan Cianjur no. 17

Cianjur

 

Dengan Hormat

Saya meminta ijin untuk  menerima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya akan mengundurkan diri dari Firma Berkah Mantap segera. Hal ini saya lakukan setelah saya memutuskan untuk melanjutkan studi penuh waktu di Universitas cambridge. Dengan melanjutkan studi saya percaya bahwa ini akan membantu memajukan karir saya untuk masa depan.

 

Sesuai kontrak kerja dari Firma Berkah Mantap yang telah disepakati di awal kerja , saya memberikan pemberitahuan pada tanggal 20 Juli 2017 saya akan mulai berhenti bekerja di perusahaan ini.

 

Terima kasih atas segala dedikasi dan dukungan perusahaan Firma Berkah Mantap selama ini dan saya mohon maaf jika banyak kesalahan pernah dilakukan selama bekerja di Firma Berkah Mantap.

Dengan hormat

 

Armand Maulana

 

10. Surat Pengunduran Diri Sebagai Karyawan Kontrak

 

Jakarta, 21 Juli 2018

Kepada Yth.

Kepala Bagian SDM dan Umum

PT Nihonggo Sumeru

di Jakarta

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Anindya Nurlatifa

Tempat, tgl. lahir        : Medan, 21 Juli 1996

Jabatan                       : Safety Officer

Departemen               : QHSE

Bekerja sejak             : 2015

Dengan dituliskannya surat ini kami bermaksud untuk mengajukan permohonan undur diri dari PT Nihonggo Sumeru. Karena masa kontrak kerja saya telah berakhir disini saya pamit mengundurkan diri dari perusahaan. Saya menyampaikan terimakasih sebanyak banyaknya untuk para karyawan dan jajaran PT Nihonggo Sumeru. Semoga perusahaan ini selalu maju dan berkembang.

Sekian surat permohonan undur diri saya dari PT Nihonggo Sumeru. Atas segala kesalahan yang mungkin telah saya lakukan selama bekerja di PT Nihonggo Sumeru, saya mohon maaf yang setulus tulusnya dan seikhlas-ikhlasnya.

Hormat saya,

 

Anindya Nurlatifa

11. Surat Pengunduran Diri di Instansi Pemerintah

Madiun, 13 Juli 2018

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT Kereta Api Indonesia

di Madiun

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                           : Ramlan Sulaiman

Tempat, tgl. lahir        : Wonigiri, 17 Mei 1994

Jabatan                       : Masinis

Bekerja sejak             : 2014

Dengan dituliskannya surat ini saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatan sebagai Masinis di PT. KAI.  Adapun saya mengambil langkah demikian karena kondisi tubuh saya sakit dan sudah tidak memungkinkan mengambil posisi ini. Sebelumnya kami berterima kasih sebanyak banyaknya kepada jajaran PT Kereta Api Indonesia yang memberikan banyak kesan dalam hidup saya.

Sekian surat pengunduran diri saya dari PT Kereta Api Indonesia dan saya meminta maaf seiklhas dan setulus-tulusnya jika selama bekerja banyak kesalahan yang dibuat.

 

Hormat saya,

 

Hendro Sulistio

 

12. Surat Resign Guru 1

Banyumas, 12 Juni 2018

Yth. Soehartono M.M.Pd

Kepala SMA Nusa Indah Permai

Jalan Kartini no 10 Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah

Dengan Hormat,  

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                : Lutfi Setiawan  S.Pd

Alamat              : Jalan Gajah Tunggal 19, Purwokerto Timur

Jabatan             : Guru Seni Rupa

NIP.                     : 1128272345773

Surat ini bertujuan untuk meminta secara resmi pengajuan permohonan undur diri sebagai guru seni rupa. Hal ini terhitung mulai tanggal 21 Mei 2018 atau sesudah penilaian tengah semester genap.

Keputusan ini saya ambil karena masalah kesehatan yang membuat saya tidak bisa melakukan kewajiban sebagai guru dengan baik. Keputusan ini cukup berat karena di Sma ini saya telah mengabdi lebih dari 10 tahun. Sudah banyak kesan positif yang saya dapatkan dari tempat ini. Namun demi kebaikan kedua belah pihak, akhirnya saya berbulat tekad dan mengajukan surat undur diri.

Kepada seluruh jajaran Civitas Akademika Sma Nusa Permai Indah kami mengucapkan banyak terimakasih atas segala kesempatan dan dukungan yang diberikan untuk mengabdi di tempat ini. Apabila selama ini saya memiliki maaf baik yang disengaja maupun tidak saya meminta maaf setulus tulusnya.

Sekian surat ini saya buat dengan kesadaran dan akal yang sehat untuk mengundurkan diri dari SMA Nusa Indah Permai. Atas kerjasamanya saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua rekan dan pimpinan di SMA Nusa Indah Permai.

Hormat saya,

 

Lutfi Setiawan S.Pd

13. Surat Pengunduran Diri Dari Organisasi  BEM Universitas

Jakarta, 21 Sepetember 2018

Yth. Ketua BEM Politeknik Ketenagakerjaan

Di Tempat

Bersama surat ini saya :

Nama                           : Islam Nasution

Alamat                        : Bobok 5, Tangerang Selatan

Fakultas / Prodi       : MSDM

Dengan dituliskannya surat ini saya bermaksud untuk memohon pengunduran diri sebagai sekretaris BEM kali ini. Hal ini karena saya ingin fokus belajar dan membangun iklim keilmuan yang sebenarnya. Saya sangat berterimakasih kepada semua rekan rekan saya yang telah membagi pengalaman kepada saya. Banyak kenangan yang telah kita lewati dan hal tersebut akan selalu kami kenang dalam hidup. Apabila dalam melaksanakan tugas kami banyak kesalahan dan kekurangan mohon untuk dimaklumi dan dimaafkan. Semoga untuk kedepannya BEM Politeknik Ketenagakerjaan lebih maju lagi dan menjadi pelopor dalam perkembangan institusi.

Sekian yang dapat kami haturkan tentang surat pengunduran diri dari kepengurusan BEM Politeknik Ketenagakerjaan. Segala kekurangan saat berada di BEM Politeknik Ketenagakerjaan saya mohon maaf setulus tulusnya dan seikhlasnya. Atas segala kerjasama dan perhatian yang pernah dilakukan di BEM Politeknik Ketenagakerjaan saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

 

Islam Nasution

Pemilihan Waktu Yang Sesuai Untuk Resign

Setelah memilih contoh surat yang tepat seperti yang sudah kami berikan contohnya. Kemudian kami akan memberikan tips, kapan sih waktu yang pas buat resign dari perusahaan kamu? Nah dalam menentukan hal ini kita tidak bisa sembarangan. Kita harus menentukan strategi yang pas sehingga resign kita jauh lebih terhormat dan sopan. Waktu yang pas juga akan memberi keuntungan antara anda dan perusahaan anda. Lalu bagaimana menentukan strategi dalam hal ini?

1. Pastikan tugas kewajiban kantor anda sudah terselesaikan

Sudah sangat jelas, tagihan tugas kantor harus anda selesaikan dulu sebelum anda resign. Hal ini karena jika anda tiba tiba resign dengan meninggalkan tugas kantor maka anda akan dicap negatif oleh orang perusahaan. Selanjutnya mungkin saja akan berpengaruh pada nama baik anda. Bahkan apabila anda menginginkan resign tetapi masih memiliki tugas maka bisa saja permohonan tersebut ditolak.

2. Perencanaan Mengundurkan Diri

Dalam mengundurkan diri, anda juga harus menentukan waktu dari jauh jauh hari. Hindari resign dengan tiba tiba hal ini akan membuat manajer personalia kebingungan dalam merekrut pengganti anda. Sebaiknya anda mengajukan hitungan tanggal resmi berhenti untuk bekerja di perusahaan Anda saat ini. Biasanya pengajuan tersebut memiliki waktu sekitar empat hari hingga satu minggu. Dengan begitu manajer personalia akan lebih mudah dalam menyiapkan pengganti anda.

3. Rahasiakan Pengunduran Diri Kepada Karyawan Lain

Jika anda memiliki rencana untuk mengundurkan diri maka sebaiknya anda berkonsultasi kepada yang berwenang seperti atasan atau manajemen sumber daya manusia. Jangan sampai anda malah berkonsultasi kepada para karyawan lain hal ini tentu saja akan membuat dampak buruk bagi organisasi perusahaan. Dengan berkonsultasi kepada bagian yang tepat maka mereka akan memberikan solusi apakah mengijinkan pengunduran diri anda.

4. Perhatikan Citra Selama Bekerja

Nah yang terakhir anda harus memperhatikan citra anda dalam bekerja. Hal ini maksudnya adalah mengoreksi jika masih terdapat kekurangan pada pekerjaan anda. Jangan sampai anda resign dan meninggalkan permasalahan yang belum terselesaikan. Hal ini tentu saja akan melatih integritas anda sebagai karyawan yang baik.

Strategi Menulis Surat Pengunduran Diri

Dalam menulis surat pengunduran diri, anda juga memerlukan strategi dari segi isi dan format penulisannya. Hal ini tentu akan membuat penulisan surat anda jauh lebih baik lagi dan meninggalkan kesan yang positif.

1. Menulis sewajarnya dan hanya hal hal penting saja

Dalam menulis surat pengunduran diri anda harus memperhatikan isinya. Jangan sampai anda menuliskan kata kata yang tak perlu dan tak etis seperti tuntutan pemberian pesangon,  hutang dan sebagainya. Ada baiknya anda tidak menulis hal hal yang berbau sensitif. Hal ini tentu saja sangat tidak etis. Jika ingin menyampaikan hal lain ada baiknya menyampaikan di waktu lain dan ditempat lain.

2. Surat Pengunduran Diri Sendiri

Usahakan anda menulis surat berdasarkan isi hati sendiri. Hal ini tentu akan mencerminkan maksud dan tujuanebih gamblang ke pembaca. Adapun dari segi struktur dan contoh elemen anda bisa melihat contoh surat yang telah kami tuliskan diatas. Walaupun dengan kata kata sendiri pastikan anda menulis dengan format yang rapi dan tetap formal.

3. Sikap Menghargai Atasan

Atasan sudah sebaiknya kita hargai walau terkadang sudah sangat akrab dengan kita. Dalam menulis surat pengunduran diri kepada atasa ada baiknya kita mengutamakan unsur kesopanan. Gunakan kalimat yang efektif dan hindari kalimat yang menyinggung atasan. Apabila anda menginginkan bahasa yang komunikatif sehari hari dengan atasan diperbolehkan, namun dengan catatan bahwa tetap menghargai dia sebagai posisi yang lebih tinggi dari kita.

4. Maksud Dan Tujuan Surat Jelas

Dalam membuat surat pengunduran diri anda harus memberi gambaran dengan tegas mengenai isi surat tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan mencantumkan tanggal pengunduran diri dengan jelas. Hindari penggunaan kalimat yang memberikan unsur tidak sopan, tidak jelas dan ada keraguan raguan dalam pengambilan keputusan. Karena pada surat pengunduran diri ini ketegasan dan kejelasan anda sangat ditunjukkan.

5. Apresiasi Yang Baik Untuk Perusahaan

Anda bisa mulai mengapresiasi dan memberikan rasa terimakasih kepada perusahaan yang akan anda tinggalkan. Sebaiknya menggunakan kata kata yang sederhana namun berkesan. Hindari penggunaan kata yang berlebihan karena hal ini bisa menimbulkan kesan bohong.

6. Cantumkan Pencapaian Selama Bekerja di perusahaan

Anda juga bisa mencantumkan pencapaian yang telah Anda lakukan untuk perusahaan yang akan Anda tinggalkan. Namun hal ini dalam batas wajar dan tidak berlebihan. Karena apabila berlebihan maka akan terkesan sombong dan melebih lebihkan.

7. Gunakan Penutup Yang Santun Dan Hangat

Untuk penutup surat anda bisa menggunakan kalimat yang bersahabat dan komunikatif. Biasanya penutup diisi dengan kalimat permohonan maaf dan salam perpisahan. Pada bagian penutup anda juga bisa memberikan harapan untuk perusahaan kedepannya.

8. Berikan Surat Langsung Kepada Pimpinan

Nah poin terakhir yang harus anda perhatikan adalah dengan memberikan surat secara langsung kepada yang bersangkutan. Anda harus menghindari memberikan surat secara daring dan titipan. Walau penyampaiannua sama saja akan tetapi bisa menggambarkan kesan yang tidak sopan dan kurang menghargai.

 

Copyright 2016 - 2019