Harian Nusantara

Cara membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

surat 201 View

Surat lamaran kerja memiliki peranan yang penting agar bisa di terima kerja di perusahaan atau kantor yang di tuju. Dalam bahasa Inggris, surat lamaran kerja biasa juga di kenal dengan nama cover letter. Cover letter bisa memberi penilaian tersendiri bagi HRD untuk mempertimbangkan apakah si pelamar di terima atau tidak.

Surat lamaran kerja baik itu menggunakan bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia secara format tidaklah jauh berbeda. Yang membedakan hanya bahasa yang digunakan. Jika kamu melamar pekerjaan di sebuah perusahaan atau kantor yang menekankan penggunaan bahasa Inggris, alangkah baiknya kamu gunakan bahasa Inggris dalam surat lamaran kerja.

Struktur Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Walaupun secara struktur lamaran kerja Bahasa Inggris tak jauh beda dengan lamaran kerja bahasa Indonesia, namun kamu tetap harus mengetahui struktur dan elemen penting di dalam sebuah surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa struktur penting yang menyusun sebuah lamaran kerja dengan bahasa Inggris.

1. Informasi Kontak Pelamar

Bagian atau struktur pertama yang harus tercantum di dalam sebuah lamaran kerja bahasa Inggris adalah informasi kontak dari pelamar. Pada bagian ini biasanya terdiri dari nama, kode pos, alamat lengkap dan nomer telepon yang bisa di hubungi. Mencantumkan informasi kontak pelamar di dalam sebuah lamaran kerja bahasa Inggris adalah sangatlah penting. Karena dengan mencantumkan informasi tersebut maka akan memudahkan bagian personalia dari kantor atau perusahaan tersebut bisa menghubungi pelamar jika ada informasi selanjutnya mengenai lowongan kerja tersebut.

Loading...

2. Salam

Struktur berikutnya yang harus di cantumkan dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris adalah salam. Salam dalam surat lamaran tersebut memiliki arti sebagai sapaan. Yang harus kamu ketahui adalah salam dalam surat lamaran kerja bahasa Inggris haruslah singkat dan langsung di tujukan kepada orang yang mengatur lowongan kerja atau bagian personalia. Karena itu pelamar kerja harus mengetahui siapa yang akan mengurusi bagian personalia di perusahaan atau kantor tersebut. Sebagai contoh salam dalam sebuah lamaran pekerjaan berbahasa Inggris adalah semisal ‘Gabriel’, ‘Astuti’ dan lain-lain. Jangan kamu gunakan kata depan ‘Hi’ sebelum nama dari bagian personalia tersebut. Langsung tulis saja nama dari bagian personalia tersebut.

3. Pembukaan

Struktur berikutnya yang harus tercantum di dalam sebuah lamaran pekerjaan bahasa Inggris adalah bagian pembukaan. Pada bagian pembukaan ini tidak perlu kamu tuliskan panjang lebar. Kamu bisa gunakan kata yang simpel dan deskripsikan tentang job desk yang kamu kuasai agar dapat menyakinkan perusahaan atau kantor tersebut. Dengan menulis bagian pembukaan yang singkat dan jelas, maka kemungkinan kamu di terima kerja bisa lebih terbuka lebar.

4. Badan Surat

Struktur berikutnya dalam surat lamaran kerja adalah badan surat. Di badan surat tersebut kamu bisa isi dengan resume dan juga kamu deskripsikan kemampuan atau skill yang kamu miliki. Skill dan kemampuan tersebut kamu bisa deskripsikan dengan jelas dan spesifik sehingga bisa sesuai dengan kriteria yang di inginkan oleh perusahaan atau kantor tersebut.

5. Penutup

Struktur terakhir di dalam sebuah lamara pekerjaan berbahasa Inggris harus singkat dan informatif. Kamu bisa tulis dengan kalimat yang optimis dan memiliki keyakinan maksimal sehingga bagian personalia dari perusahaan atau kantor tersebut bisa yakin dan menerima kamu di tempat tersebut. Jika kamu ingin mencantumkan CV atau perfotolio dirimu, maka kamu bisa mencantumkan pada bagian penutup di surat lamaran kerja bahasa Inggris tersebut. Intinya pada bagian penutup harus singkat dan tidak bertele-tele serta memiliki rasa optimistik yang besar terhadap di terimanya pekerjaan tersebut.

Format Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Yang menjadi pembeda berikutnya antara surat lamaran kerja berbahasa Inggris dengan surat lamaran kerja bahasa Indonesia adalah mengenai formatnya. Lamaran kerja bahasa Inggris memiliki beberapa format yang bisa kamu pilih dan format tersebut bisa menjadi pertimbangan agar di terima bekerja. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa format surat lamaran kerja bahasa inggris yang harus kamu ketahui dengan baik dan benar.

1. Surat Lamaran Pekerjaan

Format lamaran kerja bahasa inggris pertama adalah surat lamaran pekerjaan. Format ini merupakan format surat yang banyak di temui dalam surat-surat lamaran pekerjaan bahasa inggris. Biasanya surat lamaran pekerjaan tersebut di tulis berdasarkan informasi yang di ketahui pelamar mengenai lowongan kerja yang di temukan olehnya. Kalau di dalam bahasa Indonesia, biasanya surat lamaran pekerjaan di tunjukan kepada bagian HRD atau pimpinan perusahaan, namun pada surat lamaran kerja bahasa Inggris surat tersebut di tunjukan kepada bagian menejer. Maka dari itu kamu perlu mengetahui siapa nama menejer dari perusahaan atau kantor yang ingin kamu kirim lamaran pekerjaan nya.

2. Surat Melamar Pekerjaan

Format lamaran kerja bahasa Inggris berikutnya adalah surat melamar pekerjaan. Format ini sedikit berbeda dengan format sebelumnya. Surat melamar pekerjaan ini memiliki ciri khusus yaitu pelamar terlebih dahulu meminta pekerjaan pada perusahaan atau kantor tersebut. Jadi dalam format lamaran ini adalah pelamar meminta lowongan kepada perusahaan apakah ada lowongan kerja atau tidak. Bahasa yang digunakan dalam surat melamar pekerjaan juga harus menggunakan bahasa yang santai dan friendly. Yang perlu kamu cantumkan pada surat lamaran kerja dengan menggunakan format ini adalah kamu deskripsikan manfaat perusahaan atau kantor tersebut agar perusahaan bisa mempertimbangkan akan menerima kamu atau tidak.

3. Surat Melamar Pekerjaan Pada Rekanan

Surat lamaran pekerjaan berikutnya adalah surat lamaran pekerjaan pada rekanan. Format ini hampir sama dengan format lamaran pekerjaan lain, hanya saja yang membedakan dari format ini adalah bahasa yang lebih santai dan tidak kaku. Karena surat lamaran pekerjaan dengan format ini di tunjukan kepada orang yang sudah kenal. Kalau pada umumnya kata ‘Hi’ tidak di cantumkan pada lamaran kerja, namun dengan menggunakan format ini maka kata ‘Hi’ sah-sah saja digunakan dalam surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris tersebut.

4. Surat Lamaran Yang Tidak Melamar Kerja

Format lamaran kerja berbahasa Inggris berikutnya adalah surat lamaran yang tidak melamar kerja. Format yang satu ini memiliki karakteristik tersendiri yaitu tulisan sangat sederhana dan hanya digunakan sebagai bahan pengantar dari resume. Format lamaran pekerjaan yang satu ini sangat efektif digunakan jika perusahaan atau kantor tidak mencantumkan kriteria khusus pada lamaran yang mereka kehendaki. Format ini terbilang cukup simple hanya berisi salam, bagian pembuka, isi dengan penjelasan yang singkat dan terakhir adalah bagian penutup surat lamaran pekerjaan.

5. Surat Lamaran Melalui Email

Format berikutnya dari surat lamaran kerja bahasa inggris adalah dengan menggunakan Email atau surat elektronik. Di zaman yang serba digital ini semua kebutuhan manusia di permudah. Termasuk dalam urusan melamar pekerjaan. Seseorang hanya perlu mengetik pada kolom di email dan kemudian mengirimkan pada alamat email dari kantor atau perusahaan yang di tuju. Kamu bisa sertakan juga pada surat lamaran tersebut cv atau perfotofolio milik mu dan sertakan juga kontak yang bisa di hubungi oleh pihak hiring. Dengan menggunakan email maka kamu bisa dengan mudah melamar pekerjaan dan tidak perlu lelah menulis di kertas atau mengeluarkan biaya untuk print out.

6. Surat Lamaran Pegawai Negeri

Format lamaran pekerjaan berikutnya adalah untuk pegawai negeri. Format ini memiliki karakteristik khusus yang akan memudahkan dalam pembuatan lamaran pekerjaan. Biasanya, dalam format surat lamaran pegawai negeri sudah disediakan formulir yang hanya tinggal di isi saja. Hal ini di karenakan pihak birokrasi pemerintah yang membuka lowongan pekerjaan sudah pasti memiliki banyak piminat sehingga untuk menghindari antusiasme pelamar yang menulis surat lamaran panjang lebar, maka pihak birokrasi pemerintah menyediakan form khusus untuk melamar pekerjaan di instansi mereka.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Menulis Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Surat lamaran pekerjaan dengan bahasa Inggris sebaiknya kamu tulis khusus untuk perusahaan asing atau perusahaan lokal yang memiliki kriteria karyawan harus bisa berbahasa Inggris. Karena dengan begitu kamu bisa mendapat nilai lebih dari perusahaan tersebut dengan penggunaan bahasa Inggris di dalam surat lamaran kerja.

Namun, jika kamu melamar pekerjaan pada perusahaan atau kantor yang tidak memiliki kriteria khusus kepada karyawan nya untuk mahir berbahasa Inggris, maka kamu tidak perlu menulis surat lamaran dalam bahasa Inggris. Karena jika kamu tetap memaksakan menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris pada perusahaan atau kantor lokal, bisa jadi kamu akan dianggap caper dan kamu mendapat nilai yang buruk bagi perusahaan itu. Karena itulah kamu harus memperhatikan perusahaan apa yang ingin kamu lamar.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang harus kamu perhatikakan dalam menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib di perhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris. Simak keterangan yang ada di bawah ini.

1. Bandingkan Berbagai Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Bagi kamu yang baru pertama kali menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah membandingkan berbagai contoh atau template lamaran kerja bahasa inggris. Setelah kamu bandingkan, kamu bisa pilih yang menurutmu paling sesuai dengan kebutuhan mu. Atau kamu bisa gabungkan beberapa format sehingga bisa menghasilkan surat lamaran kerja bahasa Inggris dengan kalimat dan format yang paling tepat untuk kamu gunakan melamar pekerjaan di perusahaan yang kamu inginkan.

2. Pahami Visi Perusahaan

Dalam menulis surat lamaran kerja bahasa inggris, maka kamu perlu memahami dengan benar visi dari perusahaan yang ingin kamu kirimkan lamaran. Karena itu kamu harus melakukan riset terlebih dahulu agar surat lamaran kerja bahasa Inggris mu bisa relate dengan perusahaan yang kamu tuju. Mengetahui visi sebuah perusahaan juga bisa menjadi modal utama ketika nanti kamu masuk ke dalam tahap interview pekerjaan. Jadi, hal yang perlu kamu perhatikan adalah pahami dengan benar visi dari perusahaan yang ingin kamu lamar agar tidak salah dalam menulis surat lamaran kerja berbahasa Inggris.

3. Ketahui Lokasi Perusahaan Berada

Hal lain yang wajib kamu perhatikan ketika menulis surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa Inggris adalah kamu harus mengetahui lokasi dari perusahaan yang ingin kamu kirimkan surat lamaran pekerjaan. Karena hal ini menjadi sangat penting terlebih jika kamu menggunakan jasa ekspedisi seperti kantor pos dan lain sebagainya maka kamu perlu mencantumkan alamat lengkap dari perusahaan tersebut agar surat lamaran kerja bisa sampai di lokasi yang benar. Mengetahui lokasi sebuah perusahaan yang ingin kamu kirimkan surat lamaran pekerjaan bahasa Inggris adalah hal yang wajib. Dan apabila yang kamu lamar adalah perusahaan asing, maka mengetahui lokasi dari perusahaan tersebut bisa menjadi poin plus karena kamu bisa menyesuaikan format lamaran kerja sesuai dengan kriteria atau format yang berlaku di wilayah tersebut.

4. Keuntungan Menggunakan Template untuk Surat Lamaran Kerja

Kamu bisa menggunakan jasa internet agar dapat membuat surat lamaran kerja bahasa inggris dengan cepat dan efesien yaitu dengan mendownload template lamaran kerja yang banyak tersedia di google. Kamu bisa mendownload template tersebut dengan gratis dan edit sesuai dengan kebutuhan mu. Template lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa Inggris biasanya terdiri dari kurang lebih 400 kata. Kamu bisa download dan pilih surat lamaran kerja bahasa inggris yang mudah di pahami dan memiliki bahasa yang singkat, padat dan jelas.

5. Kerugian Menggunakan Template untuk Surat Lamaran Kerja

Menggunakan template surat lamaran kerja selain bisa membuat kamu lebih cepat dalam menulis surat lamaran kerja, namun penggunaan template ini tetap memiliki sisi negatif yang dapat merugikan dirimu. Kebanyak orang yang menggunakan template lamaran kerja bahasa inggris adalah hanya mengedit bagian cv atau resume saja. Sedangkan yang seharusnya adalah lamaran kerja bahasa inggris bukan hanya tentang cv atau resume saja. Ini yang bisa dapat merugikan dirimu. Menggunakan template lamaran kerja bahasa inggris juga bisa menjadi rugi karena kebanyakan orang akan langsung memilih satu tanpa mempertimbangkan template lain yang terdapat banyak sekali di internet. Maka dari itu jika kamu menggunakan template surat lamaran kerja di internet, kamu cari yang benar-benar bagus dan sebelum memakainya kamu harus mempertimbangkan dengan template lain agar bisa efektif digunakan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Setelah kamu mengetahui tentang hal-hal penting yang harus di perhatikan dalam membuat atau menulis surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa inggris, berikutnya akan kami berikan beberapa contoh surat lamaran kerja dalam bahasa inggris.

Contoh-contoh di bawah ini bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam menulis surat lamaran pekerjaan bahasa inggris dan bida di edit sesuai dengan kebutuhan mu. Berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa inggris. Simak beberapa contoh di bawah ini.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Ke 1

Johanes Syahbandi

379 Alfrad Hutapea

Jl. Karambol 778

Johanessyah@gmail.com

0864-758936

Mira

I have more than five years experience in the field of graphic design. During that time I have worked on more than dozens of designs with a variety of themes. Art, music, visuals, book covers, vectors, illustrations and much more. With that experience, I am confident that I can bring this company forward with all the capabilities that I have.

A graphic design must have proficiency and sensitivity in order to produce visual works that can bring messages to those who see the design. With all the experience that I have is very enough to be the main capital to apply for work in this company.

Therefore this company needs to consider me to be hired. With me working here, I think it only took a few months for me to be able to bring this company forward.

For all the attention and consideration, I thank you.

Johanes Syahbandi

2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Ke 2

Lukman Baehaqy

88 Tamaram LC

Jl. Nusa Karam 69

0866786363894

LukmanBaehaqy@gmail. Com

This company has more value than others. Therefore I chose this company to be my destination. I need to give a little description about myself. I am a graphic design major with a fairly high GPA. A number of years I have struggled in this field and have brought my previous company better.

With all the experience and abilities that I have, I think this company needs people with abilities like me. Because I will make this company even more advanced and potentially be the best.

I hope this company will accept my offer. If you are impressed, please contact the number listed on the resume.

Sincerely

Lukman Baehaqy

3. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Rekanan

Johanes Syahbandi

379 Alfrad Hutapea

Jl. Karambol 778

Johanessyah@gmail.com

0864-758936

Hi Mira

How are you? Hope you are always fine. I with yesterday you opened a vacancy in the field of graphic design?

I read your ad on a social media and I’m interested in joining your team. You know that I am a graduate of Visual Communication Design. And I’ve also experienced a lot about design and illustration.

I guess you need to include me in the list of people who are worthy of being co-workers. Along with this application letter, I also include a resume that you can use as material for consideration.

Best,

Johanes Syahbandi

4. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Ke 4

Lukman Baehaqy

88 Tamaram LC

Jl. Nusa Karam 69

0866786363894

LukmanBaehaqy@gmail. Com

Dear Felix

Hello, I’m Johanes and I got information that your company is currently recruiting a new graphic design. With that in mind, I would like to apply for a job as a designer. I have sent a job application through the nearest post office and this email will serve as a confirmation page.

In this email, I attach an example of a design that I made using Corel Draw software.

I have the ability to be qualified in the field of graphic design and can be loyal to this work (in other words is dedication). I hope you will consider me to be hired at your company.

Greetings,

Johanes

5. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris Melalui Email

To: Alkasih@gmail.com

Subject: Design Graphic

Hi Alkasih,

I am Febrian. I graduated from S1 majoring in graphic design. I have quite a long experience in the world of design. Yesterday I read the news that this company is recruiting design workers.

Because of this I want to try my luck by applying for a job here. Along with this letter of application, I attach a resume for your consideration in accepting me to work at this company.

Best,

Febrian

Mobile: 089-746281837

Email: febrian@gmail.com

Tips Menulis Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Berikut akan kami berikan beberapa tips dalam menulis lamaran kerja dengan menggunakan bahasa Inggris

1. Jangan Kosongi Kolom Subject Di Email

Jika kamu menggunakan email untuk mengirim lamaran kerja, maka pada bagian subject tidak boleh kamu kosongkan. Pada bagian subject email tersebut kamu tulis dan isi dengan job desk yang ingin kamu lamar. Karena perusahaan besar biasanya akan melihat email dari subject terlebih dahulu. Dengan kamu menulis subject pada email maka bisa memberi peluang kamu di terima kerja di perusahaan tersebut.

2. Buat Surat Yang Pendek Tapi Tepat Sasaran

Buatlah surat lamaran kerja yang pendek saja. Kamu tidak perlu menjelaskan panjang lebar di dalam surat lamaran kerja bahasa inggris. Yang perlu kamu tulis adalah pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki dengan kalimat yang singkat dan jelas. Karena lamaran pekerjaan tak perlu sama sekali menulis panjang lebar kalimat-kalimat yang tak penting. Kamu harus menulis yang pendek namun bisa langsung tepat mengenai sasaran.

3. Harus Percaya Diri

Tulislah kalimat-kalimat yang pendek di dalam surat lamaran pekerjaan bahasa inggris tersebut dengan kalimat yang penuh percaya diri. Penuh percaya diri beda dengan sombong. Kamu bisa tulis pengalaman nyata dirimu dan kemampuan yang kamu miliki di dalam surat lamaran kerja bahasa inggris tersebut.

4. Buatlah Resume Yang Bernilai

Kamu juga perlu membuat resume yang menarik oleh bagian perekrut kerja. Dengan resume yang menarik maka kemungkinan untuk kamu dapat di terima kerja pada perusahaan tersebut bisa menjadi lebih besar. Resume tersebut tidak perlu terlalu banyak kata-kata. Dengan resume yang singkat namun berkesan maka akan memberi nilai plus pada dirimu.

5. Riset Dengan Benar Perusahaan Yang Dilamar

Sebelum kamu melamar kerja maka kamu perlu melakukan riset yang mendalam mengenai perusahaan yang akan kamu kirimkan surat lamaran kerja tersebut. Dengan melakukan riset yang benar dan tepat maka kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang perusahaan tersebut dan pengetahuan tersebut bisa menjadi modal yang penting ketika nanti kamu akan melakukan interview kerja semisal di tanya tentang visi dari perusahaan.

6. Gunakan Informasi Loker

Dalam membuat surat lamaran kerja kamu harus menggunakan informasi yang tertera pada iklan lowongan kerja. Karena biasanya pada iklan lowongan kerja tersebut di cantumkan tentang syarat-syarat yang harus di lengkapi dari perusahaan tersebut. Informasi loker tersebut harus kamu manfaatkan dengan baik agar dapat membuat surat lamaran kerja dalam bahasa inggris yang sesuai dengan syarat yang telah di tentukan oleh perusahaan tersebut.

7. Cek Ejaan Kembali Grammar

Tips berikutnya dalam membuat surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa inggris adalah setelah menulis surat lamaran kerja, kamu perlu melakukan cek ejaan kembali pada grammar bahasa inggris adalah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kesimpulan

Nah itulah sekilas mengenai surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan bahasa inggris beserta dengan contoh-contohnya. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019