Harian Nusantara

Pengertian dan Contoh Biografi

surat 152 View

Teks biografi merupakan sebuah teks yang menjelaskan mengenai sejarah hidup dari seseorang secara lengkap dan terperinci. Teks biografi berisi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan seseorang yang di ceritakan dalam teks tersebut mulai dari biodata sampai dengan hal-hal lain semisal prestasi dan semacamnya.

Tujuan dari teks biografi adalah agar para pembaca bisa mengetahui dengan jelas seluk beluk seseorang yang di deskripsikan dalam teks biografi tersebut. Teks biografi tidak harus dari pertama kali lahir sampai mati. Penulis bisa memilih di taraf hidup mana orang yang ingin ia ceritakan dalam teks biografi tersebut. Pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa contoh teks biografi agar kamu bisa lebih memahami. Simak contoh-contoh di bawah ini.

 Contoh-Contoh Biografi Dan Penjelasannya

Kami akan memberikan kurang lebih 7 teks biografi dari latar belakang orang yang berbeda-beda. Jika di bedah lagi, teks biografi umumnya terdiri dari dua jenis yaitu teks biografi diri sendiri dan teks biografi orang lain. Teks biografi diri sendiri mudah di buat karena penulis mengetahui dengan jelas info-info tentang dirinya dan teks biografi orang lain dibuat harus berdasarkan data-data yang valid dan tidak asal-asalan. Untuk lebih detailnya akan kami jelaskan satu per satu pada setiap contoh teks biografi yang ada di bawah ini.

Loading...

1.  Biografi Tentang Diri Sendiri

Contoh teks biografi pertama yang akan kami berikan kepada kamu adalah teks biografi tentang diri sendiri. Seperti yang sudah di jelaskan diatas, teks biografi diri sendiri mudah di buat karena penulis biografi adalah dirinya sendiri dan mengetahui dengan pasti semua hal yang berkaitan dengan dirinya. Sudut padang yang digunakan dalam penulisan teks biografi diri sendiri adalah dari sudut pandang orang pertama yaitu menggunakan kata “aku”, “saya” dan semacamnya. Berikut ini adalah contoh teks biografi untuk diri sendiri.

Contoh Biografi Yang Membahas Tentang Diri Sendiri :

Orang memanggilku dengan nick name John. Sedangkan nama asli saya ketika pertama kali di lahirkan adalah Joni Android. Saya tidak tahu mengapa orang tua saya memberi nama saya dengan kata “android”. Mungkin biar saya ketika dewasa bisa menguasai dunia dengan kecepatan teknologi termutakhirnya.

Saya lahir di Purwokerto pada tahun 1998. Ayah saya pernah bercerita bahwa ketika saya lahir kondisi negara ini sedang kacau balau dengan banyak demonstran yang berusaha menurunkan pimpinan negara saat itu. Konon, ayah saya dulu juga ikut dalam barisan demonstran tersebut dan Ibu sangat khawatir akan keselamatan ayah karena dengar kabar banyak dari demonstran yang hilang tanpa pesan.

Sejak kecil saya tumbuh menjadi anak-anak yang bisa di bilang jahil dan sedikit liar. Pernah suatu ketika saya berkelahi dengan anak tetangga sebelah kiri. Si anak tetangga kiri tersebut dengan kurang ajar menendang jatuh es krim yang sedang aku nikmati. Karena marah, saya hajar dia hingga menangis dan melapor pada mamah bapaknya.

Beranjak remaja, saya semakin nakal. Kenakalan saya masih di kategorikan dalam batas wajar. Seperti misal ketika sekolah sering sekali bolos dan hal-hal semacamnya. Alasan saya bolos sekolah adalah karena di sekolah tak saya temukan hal-hal yang menyenangkan. Maka dari itu saya ajak serta beberapa kawan untuk bolos berjamaah. Alhasil, kita semua besoknya di hukum lari memutari lapangan sepuluh kali putaran.

Setelah lulus sekolah, saya sedikit di hadapkan dengan kebimbangan. Mau kuliah, atau kerja atau mengejar mimpi menjadi rockstar terkenal. Ayah dan ibu hanya memberi dua opsi antara kuliah atau kerja. Sedangkan untuk menjadi rockstar terkenal tidak pernah ada dalam kamus mereka. Namun saya tetap ingin memilih menjadi rockstar. Dengan sopan, saya mencoba melawan argumen orang tua bahwa mimpi saya menjadi rockstars adalah jalan yang paling menyenangkan.

Singkat cerita, saya saban hari berlatih band dengan kawan-kawan. Hampir setengah bulan kegiatan harian saya adalah latihan, latihan dan terkadang sesekali tampil di gigs-gigs kecil kota. Harapan dan mimpi saya menjadi rockstars ternama perlahan surut ketika beberapa kawan memutuskan hengkang dari band. Saya juga mulai pesimis dengan mimpi ini. Akhirnya saya memutuskan untuk membubarkan band yang belum terkenal sama sekali.

Hingga cerita ini di tulis, sekarang saya sedang menjalankan kehidupan menjadi seorang karyawan di sebuah perusahaan tekstil terkemuka. Meskipun saya tidak betah kerja semacam ini, tapi saya tetap mencoba bertahan karena saya butuh uang. Saya saat ini tetap sedikit demi sedikit membangun kerajaan saya sendiri agar suatu saat saya bisa bebas dari belenggu ketergantungan dengan korporat kapitalis yang sekarang menaungi ku.

2. Biografi Tentang Orangtua

Contoh berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel kali ini adalah teks biografi tentang orang tua. Dalam hal ini penulis akan menjelaskan mengenai semua yang berkaitan dengan orang tuanya. Biasanya penulis akan menggambarkan kehebatan orang tuanya menurut persepsi sendiri. Karena pada dasarnya semua orang tua di dunia ini adalah sosok-sosok yang hebat dan patut kita apresiasi. Kata yang digunakan dalam penulisan teks biografi ini adalah “orang tua saya”. Berikut ini adalah contoh teks biografi yang menjelaskan tentang orang tua. Simak contoh yang ada di bawah ini.

Contoh Biografi Yang Membahas Tentang Orangtua :

Saya lahir dari rahim seorang ibu yang hebat bernama Suci Damayanti. Di asuh, di rawat dan di besarkan dengan peluh keringat dari bapak yang bernama Suryadi Permana. Kedua orang tua saya mengikat janji suci cinta sehidup semati pada tahun 1989. Setahun berselang setelah penikahan, lahirlah saya. Seorang bayi mungil yang mereka beri nama Jalaludin Rumi. Orang tua saya memberi nama saya Jalaludin Rumi karena mereka berdua adalah pengagum seorang sufistik yang namanya sama seperti saya.

Bapak saya berprofesi sebagai seorang buruh di pabrik kayu lapis terbesar di daerah ku. Gaji yang beliau dapat dari memeras keringat pada perusahaan itu memang jauh dari kata besar. Namun gaji tersebut mampu menghidupi kami sekeluarga dan membiayai saya bersekolah hingga kini saya sudah bisa sedikit membantu mereka berdua. Sedang ibu saya sembari mengurusi seluk beluk rumah tangga, beliau berjualan makanan di samping sekolah dasar dekat rumah.

Saya bangga memiliki kedua orang tua yang tidak pernah sekalipun menceritakan lelahnya di hadapan saya. Sesusah-susahnya mereka, kedua orang tua saya selalu menampakan raut bahagia ketika sedang bersama saya. Dan saya tahu, di balik senyum simpul yang mereka hadirkan di hadapan saya, sebenarnya mereka sedang menanggung beban yang sungguh berat. Itulah kehebatan dua malaikat yang derajatnya lebih tinggi di banding dengan surga apapun yang pernah saya dengar dari cerita-cerita kehidupan.

Jujur saya katakan, saya belum sepenuhnya bisa meringankan segala beban orang tua. Saya hanya mampu memberi mereka sedikit rupiah hasil dari kerja serabutan saya selama beberapa bulan terakhir ini. Saya selalu berharap kepada tuhan agar tidak memanggil mereka terlebih dahulu sebelum saya bisa memberi mereka kebahagiaan dan sebelum saya bisa melihat mereka santai di masa tua karena segala biaya hidup saya tanggung sendiri. Semoga tuhan mengabulkan harapan saya.

3. Contoh Biografi Tentang Guru

Contoh teks biografi berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel kali ini adalah teks biografi yang mendeksripsikan mengenai seorang guru. Guru merupakan orang tua kedua setelah bapak dan ibu. Peran guru tidak bisa di pandang sebelah mata. Guru serupa teko yang menuangkan air pada gelas-gelas kosong dan gelas kosong itu adalah kita yang merupakan muridnya. Berikut ini adalah contoh teks biografi tentang seorang guru. Simak contoh teks biografi yang ada di bawah ini.

Contoh Biografi Yang Membahas Tentang Guru

Muhamad Darmawan adalah seorang guru yang saat ini mengajar di sekolah dasar negeri 2. Beliau adalah salah satu guru yang paling berkesan dalam ingatan saya. Jasa-jasa beliau tidak mungkin saya lupakan begitu saja. Beliau lulusan kampus sastra ternama di kota saya. Sebenarnya, jika beliau mau, beliau bisa menjadi pendidik di sekolah yang lebih tinggi. Namun beliau memilih mengajar di SD dekat rumahnya karena suatu hal yang ia sebut sebagai pengabdian.

Di sekolah beliau mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode pengajaran yang beliau lakukan di dalam kelas juga sangat menyenangkan. Hingga saat ini saya masih tetap ingat dengan semua hal yang beliau ajarkan kepada muridnya.

Pada hari ini, semua air mata saya tumpah tak mampu tertahankan. Mendengar kabar beliau berpulang kembali ke pelukan semesta. Saya teramat sedih mendengarnya. Bersama dengan ratusan pelayat lain, saya antarkan beliau sampai ke peristirahan terakhir. Jasa mu tak akan pernah saya lupakan, wahai guru teladan. Semoga kau tenang dan segala dosa mu terampuni.

4. Contoh Biografi Tentang Tokoh Terkenal

Contoh teks biografi berikutnya yang akan kami berikan pada artikel kali ini adalah teks biografi yang menjelaskan kisah hidup publik figure atau tokoh terkenal. Tokoh terkenal dalam hal ini bisa dari latar belakang apapun. Bisa dari musisi, pemain sepak bola, tokoh politik dan lain sebagainya. Namun pada artikel kali ini kami memilihkan untuk menulis teks biografi dari seorang tokoh musisi terkenal yang mengguncang dunia pada kurun waktu 90 an dulu. Berikut ini adalah contoh teks biografi yang membahas mengenai tokoh terkenal dunia. Simak contoh yang ada di bawah ini.

Contoh Biografi Yang Membahas Tentang Tokoh Terkenal :

Kurt Cobain adalah leganda musisi dunia yang tiada henti di puja meskipun telah wafat sekian lama. Namanya begitu besar dan harum. Pecinta musik di seluruh dunia sangat mengapresiasi semua karya-karya yang ia ciptakan bersama dengan band Nirvana yang ia besarkan bersama dengan Chris Novoselic dan Dave Grohl. Bahkan, orang-orang di seluruh dunia menyandingkan sosok Kurt Cobain dengan para pahlawan yang berjasa bagi kehidupan umat manusia.

Musisi jenius tersebut di lahirkan pada tanggal 20 Februari tahun 1967 di sebuah kota Arbedeen, Washington, Amerika Serikat. Ayah Cobain bernama Don. Dia bekerja di sebuah bengkel dan selalu bergaya ala rock n roll Buddy Holly. Ibu Cobain bernama Wendy. Kedua orang tua Kurt Cobain menikah waktu usia muda karena Wendy terlanjur hamil mengandung benih dari Don.

Setelah keduanya menikah dan di karunia anak bernama Kurt Cobain, pada tahun 1974 keluarga kecil tersebut mengalami ketenganan ketika Don memutuskan untuk bekerja di sebuah pabrik kayu. Don mengira dengan bekerja di pabrik kayu tersebut akan mendapatkan gaji yang lebih besar. Namun sayangnya gaji yang ia dapat jauh lebih kecil di banding pekerjaan sebelumnya.

Kurt Cobain pernah menururkan bahwa masa kecilnya merupakan moment yang membahagiakan dan moment tersebut berakhir ketika ia berusia sembilan tahun. Perlakuan ayahnya, Don, kepada Kurt Cobain kala kecil bisa di anggap keras dan hal tersebut di keluhkan oleh Ibunya, Wendy, yang menganggap Don memperlakukan Cobain kecil serupa orang dewasa.

Sebagaimana anak kecil pada umumnya, Kurt sering menulis dan mencoret tembok, membanting pintu dan menjahili adiknya yang bernama Kimberly. Karena ulahnya, Kurt Cobain kerap mendapat hukuman fisik dari Don berupa di jepit pelipis atau dada Kurt dengan menggunakan dua Jari dari Don. Kehidupan Kurt semakin suram kala mendapati ayah dan ibunya bercerai. Kemudian Kurt membenci kedua orang tuanya. Lebih membenci lagi ketika Ayahnya menikah lagi dan Ibunya berpacaran dengan seorang pemuda yang berusia tujuh tahun lebih tua darinya.

Penceraian orang tua merupakan beban emosional terbesar di kehidupan Kurt Cobain. Kurt mengalami trauma mendalam pada ayahnya dan dia menderita Histeria Complex. Suatu saat nanti Kurt Cobain menciptakan sebuah lagu tentang ayahnya dengan judul “Been A Son”.  Selepas peristiwa perceraian dan hal-hal berkaitan tersebut, menjadikan Kurt Cobain sebagai seseorang yang pemurung dan liar. Hingga Kurt masuk dalam lembah hitam obat-obatan dan memutuskan hengkang dari sekolah.

Setelah keluar dari sekolah, Kurt Cobain menjalani hidup menjadi seorang musisi. Ia bergaul dengan komunitas Musik Punk di kota Seatle. Ia membuat Band dengan nama Nirvana bersama dengan kawannya yaitu Chris Novoselic dan setelahnya baru ia mengajak Dave Grohl. Karir musik Nirvana tidak langsung sukses. Setelah merilis album kedua yang bertajuk Nevermind, barulah seluruh dunia mengenal musik yang sekarang di kategorikan sebagai genre Grunge atau Seatle Sound.

Namun di puncak karirnya, Kurt Cobain memutuskan untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Kurt di temukan tewas di rumahnya yang berada di Seattle dengan salah satu sisi tengkorak kepala Kurt Cobain hancur akibat peluru Kaliber 9 mm. Berita kematian Kurt sontak menghebohkan dunia dan dunia berkabung atas wafanya dalam usia yang masih muda yaitu 27 tahun. Sampai hari ini seluruh dunia mengabadikan namanya dan segala karya yang pernah ia ciptakan tidak ikut mati di telan zaman. Salah satu quotes yang pernah Kurt ucapkan adalah “lebih baik hilang daripada memudar”.

5. Contoh Biografi Pahlawan

Contoh teks biografi berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel yang ada di bawah ini adalah teks biografi yang menjelaskan mengenai pahlawan. Ada banyak sekali pahlawan yang jasanya terkenang sepanjang zaman. Pada artikel kali ini kami akan menuliskan teks biografi dari seorang pahlawan perempuan terkenal yang mempopulerkan istilah emasipasi wanita. Berikut ini adalah contoh teks biografi yang membahas mengenai pahlawan. Simak contoh teks biografi yang ada di bawah ini.

Contoh Teks Biografi Yang Membahas Tentang Pahlawan:

Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau lebih di kenal dengan nama R.A Kartini merupakan salah satu pahlawan perempuan terkenal dari Indonesia. R.A Kartini lahir pada Senin, 21 April 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Ayahnya bernama  Raden mas Adipati Ario Sosroningrat dan ibunya bernama M.A Ngasirah. Beliau masih satu keturunan dengan silsilah Hamengkubuwono VI. R.A Kartini di kenal sebagai pahlawan emansipasi wanita.

R.A Kartini mendapt gelar sebagai pahlawan emansipasi wanita karena jasanya untuk perjuangan wanita Indonesia. Beliau menikah pada usia 24 tahun dengan bupati Rembang yang bernama  K.R.M Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat pada 12 November 1903. Suami R.A Kartini memberi pengertian perihal keinginan istrinya untuk mendirikan sekolah perempuan di sebelah timur kantor bupati Rembang. Kehidupan R.A Kartini terbilang cukup singkat. Setelah melahirkan anaknya yang bernama Soesalit Djojoadhiningrat pada 13 September 1904, empat hari setelahnya beliau meninggal dunia. Beliau meninggal di usia 25 tahun dan di kebumikan di Desa Bulu, Rembang.

Meski perjalanan hidupnya singkat, namun jasanya sampai hari ini tetap di kenang. Seperti kata yang pernah beliau ucapkan, habis gelap pasti terbitlah terang. Kisah hidupnya banyak di abadikan dalam bentuk film, musik dan buku. R.A Kartini merupakan simbol perlawanan perempuan agar mendapatkan setara dengan pria.

6.  Contoh Biografi Seorang Penulis

Contoh teks biografi berikutnya yang akan kami sajikan pada artikel kali ini adalah teks biografi tentang seorang penulis. Ada banyak penulis hebat dengan karya-karya nya di seluruh dunia dan di Indonesia. Namun pada artikel kali ini kami akan memilihkan salah satu penulis dari negara kita Indonesia. Penulis tersebut telah menciptakan banyak karya dan karyanya di apresiasi oleh dunia sebagai karya sastra terbaik sepanjang zaman. Berikut ini adalah contoh teks biografi tentang seorang penulis.

Contoh Teks Biografi Yang Membahas Tentang Penulis Buku :

Pramoedya Ananta Toer adalah seorang sastrwan ternama yang berasal dari Indonesia. Karya sastranya mendapat apresiasi dari seluruh dunia. Namu di Indonesia buku-buku karyanya pernah di berangus habis oleh pemerintah karena dianggap berpaham kiri yang mengganggu ketenagan penguasa saat itu. Namun sekarang, salah satu bukunya telah di adaptasi kedalam film yaitu Bumi Manusia.

Pramoedya Ananta Toer telah membuat buku sebanyak 50 lebih dan dari semua bukunya telah di terjemahkan ke dalam 41 lebih bahasa. Beliau selalu membuat karya yang kritis sehingga beliau sering keluar masuk jeruji besi dan karyanya dilarang di publikasi pada zaman orde lama dan orde baru. Bisa di bilang bahwa Pramoedya Ananta Toer merupakan tokoh yang di apresiasi oleh dunia namun di benci oleh negerinya sendiri.

Pramoedya Ananta Toer lahir di kota Blora pada 6 Februari tahun 1925. Pramoedya Ananta Toer merupakan anak sulung dari tokoh institut Boedi Utomo. Ketika lahir, nama beliau adalah Pramoedya Ananta Mastoer. Namun karena satu dua hal, pram mengubah nama Mastoer menjadi Toer saja. Karena nama Mastoer terlalu Aristokratik menurut Pram.

Pendidikan Pram ketika masa kecil tidak terlalu cerdas dan gemilang. Ia pernah 3 kali tidak naik SD sehingga membuat Ayahnya naik pitam dan tidak menyekolahkanya di sekolah MULO atau setara dengan SMP. Akhirnya dengan biaya dari Ibunya yang merupakan seorang penjual nasi, Pram di sekolahkan pada Sekolah Kejuruan Radio yang berada di kota Surabaya. Karena biaya pendidikan yang pas-pasan. Pram tidak dapat mengikuti ujian kelulusan. Namun karena nilainya cukup bagus sehingga beliau lulus. Naasnya ketika kelulusan Pram berbarengan dengan perang dunia kedua. Alhasil, ijazah tak pernah di terima olehnya.

Dimasa penjajahan Jepang, Pram bekerja pada sebuah surat kabar Jepang yang berada di kota Jakarta. Penghasilan dari menulis tak seberapa banyak. Ia lekat kaitannya dengan kemiskinan yang menjadikannya harus mengakhiri pernikahan pertama. Karena dirasa tak mampu menafkahi istrinya, sang mertua Pram mengusirnya dari rumah. Hingga suatu masa Pram bertemu perempuan penjaga Stand di pameran Buku. Ia jatuh cinta dan memperistri perempuan tersebut.

Ketika Indonesia merdeka, Pram bergabung dengan barisan tentara Jawa. Sepanjang hidupnya Pram selalu menulis karya dan bahkan ketika di penjara oleh Belanda pada tahun 1948 dan 1949 di kota Jakarta. Kemudian di tahun 1950, beliau tinggal di Belanda dan balik lagi ke Indonesia, bergabung dengan Lekra yang merupakan organisasi sayap kiri. Gaya penulisan Pram berubah menjadi kritis ketika sudah bergabung dengan barisan sayap kiri tersebut.

Karena sikap kritis dalam karyanya, Pram sering keluar masuk penjara. Pada masa Orde lama, beliau di penjara lantaran sikapnya yang di nilai pro terhadap komunisme. Kemudian pada masa orde baru beliau di penjara selama 14 tahun tanpa melalui proses tahapan peradilan. 14 tahun di penjara tersebut berlangsung di dua tempat yaitu Pulau Nusakambangan dan juga Pulau Buru. Selama dalam penjara beliau terus konsisten menulis walaupun di larang. Hingga lahirlah trilogi Pulau Buru yang paling terkenal yaitu Bumi Manusia.

Pada tahun 1979, Pram di bebaskan dari penjara dan menjadi tahanan rumah. Kemudian menjadi tahanan kota hingga menjadi tahanan negara sampai dengan tahun 1999. Beliau terus menulis hingga lahir banyak karya fenomenal.

Seorang Pram erat kaitannya dengan kontroversi. Selain di benci pemerintah orde baru, Pram juga berseteru dengan sastrawan lain Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah Pram mengkritik karya sastra dari Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau Hamka. Karya tersebut berjudul Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Pram menilai Novel tersebut menjiplak karya sastra dari Alvonso Care. Melalui koran Harian Bintang Timur dan Harian Rakyat, Pram memojokan karya sastra tersebut.

Kontroversinya dengan banyak sastrawan Indonesia semakin terlihat jelas tatkala Pram mendapat penghargaan dari Ramon Magsaysay Award. Ketika Ramon Magsaysay Award mendaulaut Pram, ada 26 sastrawan Indonesia yang menolak dan menuliskan surat protes pada yayasan Ramon Magsaysay untuk mencabut penghargaan tersebut.

Terlepas dari semua kontroversi yang ia lakukan, Pram adalah sastrawan yang patut di apresiasi oleh masyrakat Indonesia. Buku-buku Pram bisa menjadi bacaan yang wajib untuk orang-orang yang memiliki pikiran kritis. Ketika membaca karya Pram, maka akan dibawa menuju ke zaman-zaman masa lalu yang kalut kala penjajahan. Pram meninggal 30 April 2016 pada pukul 08.55 di usia 81 tahun. Karya-karya Pram akan abadi di hati para pembacanya dan menjadi referensi serta inspirasi bagi para penulis muda Indonesia agar tetap produktif menulis seperti beliau.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019