Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Bende

review produk 323 View

Bende merupakan sebuah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Alat musik ini kerap dimainkan pada acara-acara kebudayaan tertentu dan memiliki ciri khas suara yang ideofon. Jika di lihat secara tampilan fisik, alat musik bende ini hampir serupa dengan gong atau aramba. Hanya saja, Bende memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Pada artikel kali ini kami akan mencoba mengulas lebih detail dan mendalam tentang alat musik tradisional Lampung ini. Mulai dari pengertian sampai dengan harga dari alat musik Bende akan kami jelaskan agar kamu dapat memahamu segala hal yang berkaitan dengan Bende. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Alat Musik Bende

Bende merupakan sejenis alat musik yang berasal dari wilayah Lampung. Alat musik bende tergolong sebagai jenis alat musik ideofon. Ideofon sendiri bisa di artikan sebagai alat musik yang menghasilkan bunyi dari bahan dasar yang digunakan untuk membuat alat musik tersebut. Jadi, dari bahan dasarnya saja alat musik bende sudah mampu menghasilkan suara ataupun nada.

Loading...

Bende juga bisa di sebut dengan cawang. Yaitu sejenis gong dengan ukuran yang lebih kecil dari gong pada umumnya. Cawang atau Bende ini bisa di temukan di hampir semua wilayah yang ada di kepulauan nusantara ini mulai dari pulau sumatera, maluku sampai dengan papua yang ku cinta.

Jika menelisik dari segi tampilan atau visual, alat musik bende memilki kemiripan dengan alat musik aramba. Hal yang menjadi pembeda antara aramba dengan bende adalah dari segi warna dan ukurannya saja.

Seperti gong, alat musik bende ini terbuat dari tembaga atau perunggu khusus. Di bentuk dengan visual yang bulat atau bundar. Pada area tengah dari bende tersebut dibuat lebih condong ke atas sebagai inti atau tengah pukulan. Kalau di lihat dari bentuk lengkungan alat musik bende, bisa dibilang serupa seperti simbal. Hanya saja bende tentu saja memiliki bobot yang lebih berat dari simbal.

Pada area belakang dari bende terdapat tali yang berfungsi untuk mengaitkan benda pada bingkai kayu. Di bagian permukaan atas terdapat ukiran-ukiran yang menambah estetika dari alat musik tersebut. Ukiran tersebut berupa ornamen-ornamen yang beragam rupa jenisnya. Kemudian kita beralih ke alat pemukulnya.

Alat pemukul yang digunakan untuk menabuh bende terbuat dari bahan utama berupa kayu. Kayu tersebut tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Kayu tersebut sudah di lapisi dengan cat sehingga lebih mengkilat dan pada bagian ujung terdapat semacam bahan yang lebih lentur seperti karet atau sintesis yang lain. Bagian ujung sintesis tersebutlah yang digunakan untuk memukul pada area permukaan alat musik bende.

Fungsi Alat Musik Bende

Alat musik bende memiliki fungsi yang berbeda-beda menyesuaikan dengan konteks zaman. Ketika pada era kerajaan dahulu, alat musik digunakan untuk mengumpulkan warga masyarakat di alun-alun dan semacamnya untuk mendengarkan pengumuman-pengumuman dari pihak kerajaan atau penguasa.

Selain sebagai alarm untuk mengumpulkan rakyat, alat musik bende pada zaman dahulu akan di gaungkan ketika ada kedatangan raja dari kerajaan lain untuk melakukan hubungan diplomasi dan semacamnya. Bende digunakan untuk menyambut kedatangan raja tersebut sebagai bentuk penghormatan. Alat musik bende juga akan dimainkan ketika ada acara-acara pesta rakyat yang bersifat ritual-ritual pada zaman itu.

Lain zaman maka lain pula fungsi dari alat musik bende tersebut. Ketika dahulu alat musik bende hanya di peruntukan untuk kebanyakan kepentingan penguasa, pada zaman sekarang alat musik bende cenderung lebih universal dimainkan untuk kepentingan baik penguasa maupun rakyat. Sebagai contoh semisal acara-acara keramaian seperti topeng monyet atau mungkin acara hajatan dari orang yang berkaitan.

Cara Memainkan Bende

Alat pukul dari musik bende terbuat dari bahan khusus yang di desain sudah menyesuaikan dengan bende itu sendiri sehingga ketika di pukulkan tidak akan merusak bende. Alat pukul tersebut di pukul pada area tengah dari bende yang condong ke atas dan nantinya akan menghasilkan suara dari getaran pukulan tersebut.

Harga Alat Musik Bende

Alat musik bende di bandrol dengan kisaran harga sekitar 800 ribu rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019