Harian Nusantara

Mengenal fungsi HYGROMETER dan kegunaannya

review produk 62 View

MENGENAL HYGROMETER: ALAT PENGUKUR KELEMBAPAN

Sejak zaman dahulu, para ilmuan berusaha mengembangkan teknologi ilmu pengetahuan dengan mempelajari apa yang ada di alam. Tetapi mempelajari alam tak cukup hanya menggunakan indra penglihatan saja. Oleh karena itu, para ilmuan berhasi menciptakan alat ukur yang dapat menjadi strandar dan berguna bagi kehidupan manusai. Salah satunya yaitu Hygrometer.

 

Hygrometer atau alat pengukur kelembapan merupakan alat yang memiliki banyak kegunaan dan manfaat bagi kehidupan manusia. Kegiatan manusia yang sangat membutuhkan kehadiran alat ini misalnya kegiatan budidaya jamur. Di tempat budidaya jamur alat ini bisa digunakan sebagai alat mengukur kelembaban ruangan yang tepat. Dan hasilnya, jamur bisa berkembang dengan baik karena adanya alat pengukur kelembapan ini. Hygrometer juga sering dipasang di kandang burung wallet, reptile dan penetasan telur. Tujuannya untuk mendukung perkembang biakkannya. Sedangkan pada produksi, alat ini sering diletakkan pada suatu Box sehingga keawetan dan kualitas produk terjamin. Woe begitu banyak manfaat dari alat yang satu ini.

Apa itu Hygrometer?

Mungkin kita sering mendengar alat bernama ampermeter dan voltmeter, tapi apakah kalian sering mendengar alat bernama hygrometer? Namun tak banyak orang mengetahui apa itu hygrometer. Lantas, apa itu hygrometer?

Loading...

Hygrometer merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi mengukur kelembapan atmosfer yang dapat menunjukkan kelembapan relarif yang teridiri dari kelembapan mutlak, presentase kelembapan udara, atau kedua presentase kelembapan udara dan kelembaban mutlak).

Bagian-Bagian Hygrometer

Setelah mengetahui apa itu  hygrometer, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui bagian-bagian dari hygrometer juga. Berikut ini penjelasan bagian-bagian hygrometer.

  1. Skala Dry

Ini merupakan bagian dari alat hygrometer yang memiliki fungsi sebagai alat untuk mengukur kelembaban dari udara yang dipasang alat ini, dan bisa dibilang ini adalah komponent penting dan utama pada Hygrometer.

  1. Skala Wet

Selain skala dry sebagai komponen utama, skala wet juga merupakan komponen terpenting. Bagian ini mempunyai fungsi sebagai pengukur suhu udara, basah, jenuh, atau lembap.

  1. Bagian Sumbu

Pada bagian ini berfungsi untuk menghantarkan air menuju skala wet.

  1. Bagian Tabung

Tabung memiliki kegunaan untuk menyimpan atau menampung air.

Jenis-Jenis Hygrometer atau Alat Ukur Kelembapan

Hygrometer atau alat pengukur kelembapat terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Hygrometer Kertas Coil atau Logam

Hygrometer jenis ini sangat bermanfaat dalam memberikan indikasi yang cepat ketika terjadi perubahan kelembapan udara. Alat ini juga sering disebut Hygrometer Kertas Coil. Laertas coil ini dipakai perangkat yang memiliki nilai rendah dan akurasi terbatas. Hygrometer ini selalu menunjukkan hasil yang berbeda di setiap penggunaannya meskipun alat dan jenis yang digunakan sama.

  1. Hygrometer Rambut Ketegangan

Sesuai dengan namanya, alat hygrometer ini menggunakan rambut sebagai media pengukuran. Rambut yang dapat digunakan merupakan rambut kuda atau manusia yang sudah tidak ada lemak di dalamnya. Mekanismenya, rambut dikaitkan pada pengungkit yang terhybyng langsung dengan jarum skala sehingga nantinya dapat diregangkan.perubahan kelembapan membuat rambut menjadi panjang.

  1. Hygrometer Elektronik

Pada hygrometer elektronik menggunakan Dewpoint. Ini merupakan temperature saat sampel udara lembap berada pada tekanan konstan.

Fungsi dan Kegunaan Hygrometer

Fungsi pokok dari alat ini adalah untuk mengukur kelembapan relatif. Namun, saat ini s ering kita jumpai alat ini memiliki kegunaan atau manfaat yang sangat banyak di kehidupan sehari-hari. Di antaranya yaitu:

  1. Menegetahui dan memantau kelembapan dalam ruang laboratorium
  2. Mengetahui kelembapan ruang penyimpanan
  3. Meramal cuaca terkini
  4. Berguna dalam budidaya tanaman
  5. Dapat dipakai untuk sebuah penelitian

Cara Mennggunakan Alat Pengukur Kelembapan atau Hygrometer

Tidak jauh berbeda dengan cara menggunakan alat ukur thermometer, cara menggunakan alat pengukur kelembapan atau hygrometer pun sangat mudah. Di bawah ini adalah cara-cara menggunakan hygrometer:

  1. Letakkan alat ukur ini di tempat atau ruangan yang akan kamu tes kelembapannya. Misalnya di ruang kamar, ruang tamu, atau di tempat lain.
  2. Setelah kamu letakkan hygrometer di suatu ruangan, tunggu lah beberapa saat  untuk bisa membaca skala.
  3. Skala ditandai dengan presentase (%) bersama dengan derajat Celcius, skala ini lah yang menunjukkan tingkat kelembapan ruangan tersebut.

 

Demikian pengenalan mengenai pengertian  hygrometer, bagian-bagian hygrometer, jenis-jenis, fungsi dan kegunaan, serta cara pemakaian hygro meter. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019