Harian Nusantara

Fungsi Hard disk dan Prinsip Kerjanya 

review produk 68 View

Fungsi Hard disk dan Prinsip Kerjanya – Hard disk merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. Dengan adanya Hard disk, manusia bisa menyimpan data di komputer dengan lebih aman dan tahan lama. Perkembangan Hard disk sendiri dari tahun ke tahun terus berkembang pesat. Mulai dari bentuk hingga kapasitas dari Hard disk, semakin hari semakin membaik.

Dibalik itu semua, tahukah kamu fungsi dan prinsip kerja dari Hard disk? Tentunya alat ini tidak semata-mata dibuat begitu saja tanpa ada cara kerja yang jelas. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai fungsi Hard disk dan prinsip kerjanya secara lebih mendalam.

Apa Itu Hard disk?

Hard disk merupakan sebuah alat yang mampu menyimpan data pada perangkat seperti komputer, maupun konsol game. Alat ini merupakan sebuah alat sekunder dalam susunan komputer, namun sama sekali tidak boleh dilupakan. Hal tersebut karena hard disk bisa menyimpan data sistem pada komputer sehingga nantinya komputer bisa bekerja dengan baik.

Loading...

Hard disk sendiri dikenal memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Hal tersebut tentu sulit didapatkan oleh perangkat keras lain seperti flash disk maupun SSD sekalipun. Hard disk terbukti sangat efisien dalam hal penyimpanan data dan harga yang relatif lebih murah. Bentuk dari hard disk sendiri dibuat compact meskipun tergolong besar. Kecepatan akses data dari hard disk sendiri tergolong cepat, meski bukan salah satu perangkat tercepat.

Fungsi dari hard disk

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, komputer dioperasikan tidak hanya menggunakan komponen penting berupa perangkat kerasnya saja. Kamu perlu perangkat lunak seperi sistem operasi dan juga aplikasi-aplikasi penting untuk dapat menggunakan komputer dengan baik. Untuk itu, hard disk menjadi tempat penyimpanan perangkat lunak tersebut.

Selain komponen perangkat lunak yang penting, hard disk juga menyimpan berbagai data penting yang siap untuk diolah. Sebagai contoh, apabila kamu seorang video editor yang bekerja menggunakan komputer, maka kamu perlu menyimpan terlebih dahulu bahan-bahan video yang akan diedit. Hard disk juga akan menyimpan hasil olahan aplikasi tersebut menjadi sebuah karya yang siap digunakan.

Selain digunakan pada komputer, hard disk juga digunakan oleh perangkat lain. Salah satu perangkat selain komputer yang menggunakan hard disk adalah konsol game. Hard disk pada konsol game berguna untuk menyimpan kumpulan game-game yang siap dimainkan setiap saat. Tentunya menggunakan hard disk pada konsol game jauh lebih efisien bila dibandingkan harus menyimpan pada kaset CD maupun media penyimpanan yang lainnya.

Cara Menggunakan Harddisk

Hard disk memiliki spindle motor yang mampu memutar plat pada hard disk dengan kecepatan tinggi. Kecepatan putar tersebut memiliki satuan RPM yang semakin cepat berputar, maka semakin baik hasilnya. Pada bagian atas plat yang berputar tersebut, terdapat head yang berfungsi untuk membaca dan menulis data. Nantinya plat yang berputar tersebut menjadi media penyimpanan data yang bisa dihapus sewaktu-waktu.

Untuk letak dari head diletakkan pada alat yang bernama slider yang memungkinkan head bisa bergerak. Slider ini terhubung dengan sebuah lengan dan menjadi sebuah kesatuan yang dinamakan actuator.

Dengan rangkaian tersebut, dapat diketahui bahwa bagian yang bertugas untuk mengingat data adalah pada bagian plat. Pada bagian plat inilah yang menentukan besaran dari suatu hard disk. Tentunya jumlah dari plat ini juga berbeda-beda, menyesuaikan dengan kapasitas penyimpanan yang digunakan. Meskipun begitu, pada tiap plat akan memiliki dua buah head yang terus bekerja ketika proses baca dan tulis data. Plat ini tentu akan terus berputar dan siap sedia menerima informasi secara detail.

Harga Harddisk Terbaru

Untuk harga harddisk internal 500gb dijual dengan harga sekitar 170 ribu sampai 300 ribu. Harga harddisk internal 1 Tera dijual dengan kisaran harga 500 ribu sampai 1 juta lebih.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai fungsi dari hard disk beserta dengan prinsip kerjanya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami lebih dalam mengenai perangkat penyimpanan yang satu ini. Kamu akan bisa lebih memahami isi artikel ini jika diiringi juga dengan mempelajari fisik hard disk tersebut secara langsung. Pahami dengan benar artikel ini sehingga kamu bisa menambah wawasan dengan cara yang tepat.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019