Harian Nusantara

Fungsi Jarum Inokulum

review produk 254 View

Fungsi Jarum Inokulum (Ose)

Mendengar kata jarum tentu yang terpikirkan banyak orang adalah sebuah benda kecil yang memiliki ujung tajam. Dimana biasanya jarum digunakan oleh penjahit untuk menjahit pakaian.

Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya ada banyak jenis jarum lainnnya yang tidak hanya bisa digunakan untuk menjahit pakaian saja. Selain itu bentuk jarumnya juga berbeda satu sama lain tergantung kegunaanya.

Misalnya jarum untuk menjahit bentuknya kecil dengan ujung yang tajam sedangkan jarum yang digunakan untuk melakukan analisa di laboratorium biasnaya memiliki bentuk yang cukup besar dengan ujung yang tidak begitu tajam bahkan ujungnya berbentuk lingkaran.

Loading...

Salah satu jarum yang biasanya digunakan didalam laboratorium adalah jarum inokulum (ose). Tentu jarum yang satu ini memiliki bentuk yang berbeda dengan jarum pada umumnya yang biasa digunakan untuk menjahit pakaian.

Apa Itu Jarum Inokulum (Ose)

Jarum inokulum (ose), dilihat dari namanya saja tentu jarum yang satu ini berbeda dengan jarum yang digunakan untuk menjahit pakaian. Jarum inokulum umumnya terbuat dari kawat platinum atau nichrome.

Dimana bahan yang digunakan untuk membuat jarum inokulum (ose) tentu berbeda dengan bahan yang digunakan untuk membuat jarum jahit pakaian. Bahan yang digunakan saja berbeda tentu keguanaanya berbeda.

Karena terbuat dari bahan platinum atau kawat nichrome maka jarum inokulum (ose) memiliki keistimewaan yaitu dapat berpijar jika terkena panas.

Bentuk ujung jarum inoculum (ose) berbentuk lingkaran atau inoculating loop, sedangkan ujung lainnnya berbentuk lurus atau inoculating needle.

Fungsi Dan Manfaat Jarum Inokulum (Ose)

Secara umum jarum inokulum (ose) dapat berfungsi untuk memindahkan mikroba atau koloni tertentu dari tanaman atau mdia yang satu ke tanaman atau media yang baru.

Jarum inokulum (ose) sendiri memiliki 2 ujung yang berbeda satu sama lain. Dimana ujung jarum inokulum (ose) berbentuk lingkaran dan juga lurus. Pada bagian lingkaran atau yang sering disebut dengan bagian inoculating loop cocok digunakan untuk melakukan streak di permukaan agar Sedangkan pada bagian inoculating needle berguna untuk inokulasi tusukan pada agar tegak.

Secara sederhana bagian ose lurus atau inoculating needle yang ada pada jarum inokulum (ose) digunakan untuk menanam sedangkan bagian ose bulat atau inoculating loop pada jarum inokulum (ose) digunakan untuk menggores.

Cara Menggunakan Jarum Inokulum (Ose)

Bagi masyarakat awam yang belum pernah menggunakan jarum inokulum (ose) tentu akan merasa kebingungan saat menggunakannya. Tapi jika diperhatikan dengan baik cara menggunakan jarum inokulum (ose) bisa dibilang cukup mudah. Adapun cara penggunannya adalah dengan menyentuhkan jarum inokulum (ose) pada mikroba kemudian meletakan mikroba tersebut ke kaca prepart dengan cara menggosokannnya ke kaca prepart untuk diamati.

Seperti yang sudah dibahas diatas sebelumnya bahwa jarum inokulum (ose) terdiri dari 2 ujung yang berbeda yaitu ujung inoculating loop dan ujung inoculating needle. Pada bagian inoqulating loop sangat pas digunakan untuk melakukan streak pada permukaan agar. Adapun pada bagian inoculating needle sangat pas digunakan untuk inokulasi ditusuk pada bagian stab inoculating atau agar tegak.

Dengan kata lain jarum inokulum (ose) sangat baik ketika membelah agar untuk preparasi Heinrich Slide Culture.

  

Harga Jarum Inokulum (Ose)

Jarum inokulum (ose) terbuat dari bahan yang berkualitas seperti kawat nichrome atau platinum serta memiliki banyak kegunaan ketika digunakan untuk melakukan analisa mikroba di laboratorium. Harga sebuah jarum inokulum (ose) bisa dibilang cukup terjangkau.

Jarum inokulum (ose)

Di tokopedia.com harga jarum inokulum (ose) berkisar Rp 11.000. Adapun kelengkapannya meliputi satu buah jarum inokulum (ose) lengkap dengan pipa kaca sepanjang 12,5 cm.

Jarum inokulum (ose)

Adapun harga sebuah jarum inokulum (ose) di bukalapak.com seharga Rp 20.000. Dengan kelengkapan satu buah jarum inokulum (ose) yang terbuat dari kawat nichrome tau platinum. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim.

 Jarum inokulum (ose)

Berdasarkan harga pasaran di shopee.co.id jarum inokulum (ose) dibanderol dengan harga Rp 24.000. Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim, adapun kelengkapannya meliputi satu buah jarum inokulum (ose) yang terbuat dari platinum yang sudah dilengkapi dengan pipa kaca.

 

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019