Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Jimbe

review produk 139 View

Jimbe merupakan sebuah alat musik yang mirip seperti gendang dan cara memainkannya adalah dengan di pukul pada bagian kulitnya. Jimbe ini kerap kali digunakan pada instrumen musik-musik yang santai dan memiliki ritme yang tepat untuk bergoyang. Beberapa musik yang mengkombinasikan dengan jimbe ini antara lain adalah musik blues, reggea dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai alat musik jimbe ini. Beberapa hal mendasar seperti pengertian, fungsi dan kegunaan, cara memainkan serta harga dari alat musik jimbe tersebut akan kami jelaskan secara lengkap. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang alat musik jimbe beserta fungsi dan manfaatnya. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Djembe atau Jimbe

Alat musik Djembe atau dalam bahasa Indonesia di baca Jimbe, adalah sebuah alat musik yang memiliki bentuk seperti perkusi dan cara memainkannya dengan di pukul pada bagian membran kulit atau plastiknya.

Loading...

Alat musik jimbe pada bagian badan dibuat dengan menggunakan bahan dasar kayu yang telah di ukir dengan alat modern maupun dengan pahatan tangan yang membentuk seperti sebuah piala yang melengkung.

Secara umum pada bagian membrannya terbuat dari bahan dasar berupa kulit hewan yang telah di samak dan di keringkan. Ketika bagian membran tersebut di pukul maka akan menghasilkan getaran suara yang membuat badan ingin bergoyang mengikuti irama-irama ritmisnya.

Semakin modern sebuah zaman, kini pada bagian membran dibuat dengan bahan-bahan lain semisal mika plastik dan lain sebagainya. Antara bagian badan dengan bagian selaput gendang di rekatkan dengan menggunakan tali agar tidak terlepas ketika sedang di mainkan atau di pukul-pukulkan.

Menelisik kembali sejarah alat musik jimbe, alat musik yang satu ini berasal dari benua Afrika. Lebih tepatnya berada di kerajaan Mali dan di mainkan untuk pertama kali pada kurun masa abad ke 12 masehi. Kata djembe atau jimbe sendiri berasal dari pribahasa Mali yaitu Anke djé, anke bé. Anke djé, anke bé ini jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah semua orang berkumpul dengan damai.

Dari pribahasa Mali yaitu Anke djé, anke bé tersebutlah kemudian alat musik tersebut dinamai dengan djembe. Yaitu gabungan dari suku kata dje yang artinya berkumpul dan be yang artinya damai.

Fungsi Alat Musik Jimbe

Pada mula-mulanya alat musik jimbe digunakan oleh masyarakat Mali untuk berkomunikasi antara warga desa satu dengan yang lain. Seiring perkembangan zaman, alat musik jimbe mulai mengalami pergeseran fungsional. Dari yang semula untuk alat komunikasi antar warga, berganti menjadi alat musik yang digunakan untuk acara-acara tradisional di Mali secara khusus dan meluas ke benua Afrika.

Beberapa fungsi lain dari alat musik jimbe yang berlangsung selama bertahun-tahun di negara Mali yaitu untuk acara perayaan seperti menyambut bulan purnama datang. Juga alat musik jimbe tersebut akan dimainkan untuk menyambut awal musim dingin, musim panas, musim semi dan musim panen.

Ketika ada acara perkawinan, senandung alat musik jimbe juga akan di tabuhkan untuk merayakan hari bahagia tersebut. Kemudian dalam ritus agama di kota Mali, alat musik jimbe digunakan untuk upacara pembaptisan dan masih beragam lain fungsi yang lain.

Dari segi musik, jimbe kerap kali menjadi alat musik yang digunakan dalam genre reggea. Karena ketukan yang ritmis dari alat musik jimbe ini sangat selaras dengan harmoni nada dalam permainan musik bergenre reagea. Kamu akan merasakan sensasi ingin bergoyang ketika jimbe di tabuhkan pada musik reagea. Seperti halnya lagu-lagu bob marley dan sebagainya.

Selain genre tersebut, alat musik jimbe juga terkadang digunakan untuk musik dengan genre blues. Untuk genre musik blues juga alat musik jimbe ini sangat cocok dengan nada yang ringan dan membuat orang yang mendengar melayang-layang.

Cara Memainkan Jimbe

Bisa dengan menaruh jimbe pada permukaan yang datar atau di lekatkan pada tubuh bagian depan dan alat musik tersebut kamu pukul pada bagian membrannya menyesuaikan ritme musik yang mengiringinya.

Harga Alat Musik Jimbe

Alat musik jimbe ini di bandrol dengan harga yang variatif mulai dari 50 ribu rupiah versi mini dan 225 ribu rupiah dengan ukuran 40 cm.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019