Harian Nusantara

Fungsi kabel instalasi listrik

review produk 104 View

Fungsi kabel instalasi listrik dirumah

Kabel listrik jenisnya sangat banyak, dan setiap jenis kabel listrik akan memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Pada saat pemasangan instalasi listrik ini tidak boleh silakukan secara sembarangan serta harus benar-benar memilih kabel yang bagus. Tujuannya adalah agar instalasi listrik ini dapat terpasang dengan baik dan juga yang lebih penting adalah memberikan rasa aman dan nyaman penghuni rumah.

Selain itu peralatan listrik dirumah juga harus lolos uji kelayakan. Salah satu uji kelayakan yang ada saat ini adalah BSN atau badan Standarisasi Nasional dan Standar Nasional Indonesia atau dikenal dengan SNI. Hal ini juga diatur dalam Undang – undang tentang persyaratan umum instalasi listrik, yaitu ayat 202 A2. Yang di dalamnya menyatakan bahwa semua seralatan listrik harus sesuai dengan persyaratan umum sebuah instlasi listrik yang lulus uji kelayakan.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang fungsi kabel instalasi listrik berserta, jenis, cara menggunakan dan harga terbaru di bawah ini.

Loading...

Apa yang Dimaksud kabel instalasi listrik?

Kabel instalasi listrik adalah kabel listrik yang terpasang yang bisa menghantarkan arus listrik.

Fungsi kabel instalasi listrik

Fungsi kabel instalasi listrik :

  • Sebagai penghantar arus listrik
  • Sebagai penghantar radio frekuensinswbwlum sipancarkan antena

Jenis-Jenis Kabel Instalasi Listrik

Ada beberapa jenis-jenis kabel instalasi listrik :

1. NYA

Jenis kabel ini sangat umum kita gunakan di sistem tenaga listrik dan instalasi listrik rumahan. Untuk pemasangan kabel instalasi rumah menggunakan kabel NYA dengan ukuran 1.5mm dan 2.5mm. Agar aman pada saat menggunakan kabel ini maka kabel harus dimasukkan dalam pipa pvc atau tertutup. Tujuannya adalah untuk melindungi kabel dari gigitan tikus,serta apabila terkelupas maka tidak langsung tersentuh oleh orang.

2. NYM

Biasanya jenis kabel ini banyak digunakan di instalasi rumah, gedung ataupun sistem tenaga. Jika dibandingkan dengan kabel NYA kabel jenis NYM ini lebih baik dari segi keamanan penggunaannya, serta untuk harga juga lebih mahal. Kabel jenis ini dapat digunakan di lingkungan basah dan kering. Tetapi kabel NYM pemasangannya tidak boleh ditanam.

3. NYY

Kabel NYY ini merupakan jenis kabel yang pemasangannya ditanam ke dalam tanah dan terdapat pelindung khusus untuk jenis kabel ini. Instalasi ini pemasangannya bisa diluar ataupun didalam ruangan baikbdalam kondisi yang lembab ataupun kering.

Isolasi yang melindungi kabel NYM ini lebih tebal dan kuat dibandingkan kabel NYM dan harganya juga lebih mahal. Kabel NYY ini juga mempunyai bahan yang tidak disukai oleh tikus.

4. NYAF

Jika kalian membutuhkan instalasi kabel di dalam doct atau di dalam kotak distribusi pipa maka jenis kabel NYAF adalah yang paling tepat digunakan. Sering digunakan untuk instalasi panel yang memerlukan fleksibiltas tinggi. Kabel ini juga cocok digunakan untuk tempat yang mempunyai belokan tajam.

5. NYFGbY/NYRGbY/NYBY

Jenis kabel ini diperuntukkan untuk instalasi yang terpasang didalam tanah tanpa perlindungan. Penanaman kabel ini ukurannya kurang lebih 0.8m.

6. NYCY

Diperuntukkan untuk jaringan listrik dengan penghantar konsentris yang ada didalam tanah, dalam ruangan, saluran kabel serta alam terbuka.

7. BC

Kabell ini dipilin serta disatukan mempunyai ukuran 6-500m2.

8. AAAC

Terbuat dari campuran logam, silicon, magnesium dan alumunium kabel jenis AAAC ini yang membuat memiliki keterhantaran elektrik yang tinggi karena di dalamnya juga terdapat magnesium silicade. Hal ini dimaksudkan untuk membuat sifat lebih baik.

9. ACSR

Ketika kalian membutuhkan saluran transmisi tegangan tinggi pada instalasi listrik, maka jenis kabel ACSR ini adalah yang paling cocok digunakan.

10. ACAR

Jenis kabel instalasi ini terbuat dari kawat penghantar dari campuran logam dan alumunium.

11. NYMHYO

Jika kalian ingin membuat loudspeaker, sound system ataupun virtual video maka kabel jenis NYMHYO adalah yang kalian gunakan.

12. NYMHY/NYYHY

Biasanya digunakan untuk rumah yang tidak permanen.

Cara menggunakan kabel instalasi listrik

Cara menggunakannya kitab harus memperhatikan kabel tersebut apakah sudah terpasang dengan baik atau belum. Apabila ada kabel yang terkelupas sebaiknya segera diperbaiki  agar tidak membahayakan orang lain ataupun agar tidak terjadi kebakaran. Setelah kita pastikan kabel terpasang dengan baik maka barulah bisa untuk mengahntarkan arus listrik. Selalu gunakan kabel ber SNI agar terhindar dari hal -hal yan tidak diinginkan. Disamping itu juga kita yang menggunakannya merasa lebih aman.

Harga Kabel Instalasi Listrik Terbaru

Kabel di Tokopedia

  • Harga Rp 9.000
  • Merk eteena
  • Jenis kawat tembaga
  • Isi 2 NYM 2×2.5mm2

v

kabel di bukalapak

  • Harga Rp 31.600
  • Isi tembaga

Kabel di shoppe

  • Harga Rp 105.000
  • Kabel listrik NYM
  • Isi tembaga
  • Berat 4800 gram

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019