Harian Nusantara

Fungsi Dan Manfaat Kateter

review produk 113 View

Kateter merupakan salah satu alat yang digunakan dalam dunia medis yang berfungsi untuk memasukan atau mengeluarkan cairan dari dan ke dalam tubuh seorang pasien. Pada umumnya penggunaan alat Kateter ini adalah di pasang atau di masukan pada uretra ke dalam kandung kemih untuk mengeluarkan urin.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas alat kesehatan atau alat medis Kateter tersebut. Mulai dari pengertian alat Kateter, fungsi da manfaat dari Kateter, cara menggunakan alat Kateter, harga jual dari Kateter di pasaran dan beberapa hal lain yang berkaitan dengan Kateter tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap dari Kateter yang berada di bawah ini.

Pengertian Kateter

Kateter secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah tabung kecil dengan bentuk yang fleksibel dan digunakan untuk membantu seorang pasien agar mengeluarkan kandung kemih. Pemasangan alat Kateter ini di peruntukan khusus bagi pasien yang tidak bisa buang air kecil sendiri. Semisal seorang pasien di rawat di rumah sakit lantaran kecelakaan atau sebagainya.

Loading...

Alat Kateter ini digunakan oleh pasien dalam jangka waktu yang bersifat sementara sampai dengan si pasien tersebut sudah bisa beranjak dari tempat berbaringnya untuk membuang kandung kemih sendiri. Selain itu, penggunaan kateter untuk seorang pasien juga di ganti secara berlaka agar tidak memicu terjadinya infeksi dan Kateter bisa tetap berfungsi sebagaimana seharusnya.

Cara Menggunakan Alat Kesehatan Kateter

Seperti yang sudah di jelaskan diawal, penggunaan kateter ini hanya dalam kondisi tertentu saja. Paling umum, kateter digunakan ketika seseorang pasien mengalami permasalahan kandung kemih tidak mampu mengeluarkan semua urine atau biasa disebut dalam dunia medis sebagai permasalahan retensi urine. Contoh paling mudah ditemukan adalah ketika pasien tersebut mengalami pembesaran prostat.

Selain itu, kateter juga digunakan untuk seorang pasien yang mengalami kondisi inkontinensia urine atau kondisi dimana kandung kemih tidak mampu di kontrol oleh pasien tersebut sehingga perlu dilakukan pemasangan kateter agar kandung kemih tidak mengeluarkan urine dimana-mana.

Ada juga beberapa kondisi lain yang mengharuskan di lakukan pemasangan kateter. Semisal seorang wanita yang akan melangsungkan persalinan atau operasi caesar. Juga terhadap pasien yang di rawat secara instensif dan mengharuskan dilakukan pemantauan pada cairan di dalam tubuhnya. Bagi pasien yang akan di operasi juga perlu dilakukan pemasangan kateter pada waktu sebelum, saat dan sesudah dilakukan operasi tersebut.

Dan tentu saja untuk pasien yang membutuhkan obat khusus yang langsung terarah ke kandung kemih, maka pemasangan kateter wajib dilakan agar memudahkan proses pemberian obat pada kandung kemih tersebut. Contoh untuk kondisi diatas adalah semisal seseorang mengalami sakit kanker kandung kemih, maka di pasang kateter tersebut.

Fungsi Dan Manfaat Kateter

Setelah kamu mengetahui pengertian beserta dengan kondisi-kondisi yang memerlukan untuk pemasangan alat kateter, berikutnya akan kami jelaskan beberapa manfaat atau fungsi di pasang alat kateter tersebut. Adapun fungsi dan manfaat dari alat kateter antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Fungsi utama dari alat kesehatan kateter adalah untuk mengatasi permasalahan retensi urine pada seorang pasien.
  2. Alat kesehatan kateter berfungsi untuk mengukur jumlah secara total produksi urine yang dilakukan oleh ginjal secara akurat dan tepat.
  3. Kateter juga berfungsi untuk memperoleh urine yang steril semisal untuk mengecek kondisi-kondisi tertentu.
  4. Alat kesehatan kateter berfungsi untuk mengukur jumlah residu dari kandung kemih secara akurat.
  5. Fungsi berikutnya dari kateter adalah untuk memperoleh bahan urine jika memang tidak dapat di tampung pada tempat yang lain.
  6. Untuk seorang wanita yang sedang mengalami menstruasi ketika di rawat di rumah sakit.
  7. Alat kesehatan kateter berfungsi untuk membantu pasien yang mengalami inkontinensia urin atau pasien tidak dapat mengontrol kandung kemih ketika mengeluarkan urine.
  8. Alat kateter berfungsi untuk mengosongkan kandung kemih bagi pasien yang akan melakukan pemeriksaan diagnostic ketika sebelum dan saat proses pemeriksaan.
  9. Bila pasien tidak dapat berdiri untuk membuang kandung kemih, maka alat kesehatan kateter akan sangat membantu pasien tersebut.

Harga Kateter

Ada berbagai jenis dan merk kateter yang bisa di beli untuk kebutuhan medis. Semisal suction catheter di jual dengan harga 15 ribu rupiah per pcs, kateter urine wanita di jual 15 ribu rupiah per pcs dan masih ada banyak lagi yang lain.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019