Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Keso-Keso

review produk 204 View

Keso-Keso merupakan alat musik tradisional dari provinsi Sulawesi Selatan dan khususnya pada daerah Toraja. Alat musik Keso-Keso ini di daerah Toraja biasanya disebut dengan nama P’keso. Alat musik tradisional yang satu ini bisa di mainkan dengan cara menggesek pada dawai senar dengan jumlah dua senar.

Suara musik yang di hasilkan dari alat musik tradisional Keso-Keso ini cukup enak di dengar. Dan jika di lihat dari sekilas pandang, alat musik tradisional Keso-Keso ini hampir mirip dengan rebab. Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail segala hal yang berkaitan dengan alat musik Keso-Keso ini. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Keso-Keso

Membahas mengenai alat musik Keso-Keso, tidak pas rasanya langsung mengarah ke bagian fungsinya. Terlebih dahulu kita harus tahu apa pengertian dari alat musik Keso-Keso tersebut. Keso-keso adalah sebuah alat musik tradisional dari daerah Sulawesi Selatan atau lebih tepatnya dari suku Toraja. Di Toraja, alat musik Keso-Keso ini di kenal dengan nama P’keso.

Loading...

Bentuk dari alat musik tradisional Keso-Keso adalah serupa dengan rebab, yaitu alat musik yang berasal dari pulau Jawa. Bisa dibilang Keso-Keso adalah alat musik yang dimainkan dengan cara di gesek pada bagian senarnya dengan menggunakan alat tertentu. Serupa dengan biola dan sebagainya. Alat musik Keso-Keso hanya memiliki dua dawai utama yang di gesek. Meskipun begitu, perpaduan dua dawai tersebut memiliki suara yang cukup enak di dengar.

Alat musik tradisional Keso-Keso ini terbuat dari bahan dasar berupa tempurung kelapa, bambu atau kayu dan juga benang kasar dari pohon enau. Tempurung kelapa digunakan sebagai wadah keluarnya suara dari alat musik tersebut. Bambu atau kayu digunakan untuk batang dari alat musik Keso-Keso dan yang terakhir adalah benang kasar dengan warna hitam yang berasal dari pohon enau, digunakan sebagai dawai atau senar.

Sebenarnya alat musik Keso-Keso ini merupakan kesenian dari masyarakat Toraja yang senantian di mainkan setiap harinya pada masa yang lampau. Sekarang sangat sedikit anak muda yang memainkan alat musik tersebut. Padahal bisa di sejajarkan dengan gitar dan alat musik komtemporer lain, Keso-Keso tidak kalah keren dari segi suara musik yang dikeluarkannya.

Fungsi Alat Musik Keso-Keso

Jika kita menelisik dari karakterisktik musik, alat musik tradisional Keso-Keso ini berfungsi sebagai pengiring rythem. Karena, hanya terdapat dua dawai atau senar yang dimainkan dalam alat musik tersebut. Dengan kata lain, alat musik tradisional Keso-Keso ini adalah alat musik yang berperan untuk menjadi melodi dalam sebuah musik.

Berlanjut kita membahas fungsi alat musik Keso-Keso dari segi kebudayaan suku Toraja. Alat musik tradisional Keso-Keso memiliki fungsi dalam segi kebudayaan sebagai pengiring suatu upacara keagamaan. Ketika ada suatu acara keagamaan dari suku Toraja, maka pengiring musiknya adalah dengan petikan dawai dari alat musik tradisional Keso-Keso.

Selain itu, alat musik Keso-Keso juga digunakan untuk penyambutan tamu. Semisal ada tamu penting yang datang ke wilayah Toraja, maka untuk menyambut kedatangan tamu tersebut akan di adakan upacara penyambutan dengan iringan musik Keso-Keso yang melantun dengan harmoni nada yang selaras.

Seperti yang di jelaskan pada awal artikel, sebenarnya alat musik Keso-Keso dahulunya sering dimainkan oleh warga sekitar Toraja sehari-harinya. Mereka memainkan alat musik tradisional Keso-Keso ketika sedang bersantai dan sejenisnya. Hingga zaman berganti zaman, peran alat musik Keso-Keso sebagai permainan musik tradisional mulai bergeser dan memudar.

Sekarang sangat jarang warga masyarakat Toroja masa kini yang mulai tak mengenal alat musik tersebut. Karena kurangnya pengembangan sehingga menyebabkan alat musik Keso-Keso ini tidak familiar di dengar oleh  warga sekitar.

Cara Memainkan Keso-Keso

Alat musik Keso-Keso dimainkan dengan cara di gesek-gesek pada bagian dawainya. Dua dawai tersebut dimainkan dengan sistem melodis. Mungkin alat musik Keso-Keso ini sangat jarang di jual sehingga untuk permasalahan berapa harganya, sampai saat ini kami belum mengetahui dengan pasti.

Nah itulah ulasan lengkap tentang alat musik Keso-Keso. Sekian dan terima kasih.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019