Harian Nusantara

Fungsi Labu Destilasi

review produk 121 View

Fungsi Labu Destilasi

Pada saat melakukan percobaan didalam laboratorium pasti pernah melakukan metode destilasi. Dimana metode destilasi adalah metode yang digunakan untuk memisahkan larutan yang sudah tercampur menjadi satu.

Dengan metode destilasi maka larutan yang sudah tercampur bisa dipisahkan kembali berdasarkan perbedaan kecepatan penguapan yang terjadi pada larutan atau zat kimia tersebut.

Dimana zat tersebut nantinya akan didihkan terlebih dahulu sampai menguap. Selanjutnya uap tersebut akan didingankan kembali sehingga membentuk cairan atau larutan. Dengan menggunakan metode destilasi maka bisa diketahui zat mana yang memiliki titik didih yang lebih rendah sehingga akan menguap terlebih dahulu jika dipanaskan atau didihkan.

Loading...

Untuk melakukan metode destilasi tentu diperlukan alat untuk mendukung proses tersebut. Adapun salah satu alat yang sering digunakan dalam melakukan metode destilasi adalah labu destilasi.

Apa Itu Labu Destilasi

Kalo dilihat secara sekilas tentu labu destilasi akan terlihat berbeda dan mencolok jika dibandingkan dengan labu lainnnya. Pasalnya labu destilasi berbentuk bulat yang memiliki leher cukup kecil dan panjang dengan 2 buah lubang pipa yang ada di atas dan disamping leher.

Labu destilasi terbuat dari bahan kaca borosilikat yang tahan panas. Sehingga pada saat cairan atau zat yang ada di dalam labu destilasi dipanaskan maka labu destilasi tidak akan ikut meleleh. Ukuran labu destilasi juga bermacam-macam ada yang berukuran 100 ml, 250 ml, 500 ml hingga 1000 ml.

Fungsi Dan Manfaat Labu Destilasi

Secara umum labu destilasi memiliki fungsi sebagai alat penyuling. Dimana dengan menggunakan labu destilasi maka larutan yang tercampur akan terpisah berdasarkan titik didih masing-masing larutan atau cairan yang sudah bercampur sebelumnya.

Misalkan ada 2 larutan berbeda yang dicampur menjadi 1, dengan menggunakan labu destilasi maka larutan tersebut akan dapat dipisahkan kembali menjadi 2 larutan yang berbeda. Selain itu labu destilasi juga berfungsi untuk memisahkan bahan kimia berdasarkan perbedaan titik didih bahan kimia tersebut.

Dengan kata lain bahan kimia yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap terlebih dahulu, sedangkan bahan kimia yang memiliki titik didih tinggi tidak mudah menguap. Selain itu labu destilasi jgua berfungsi untuk memurnikan senyawa atau bahan kimia yang sebelumnya sudah tercampur dengan senyawa lainnnya.

Cara Menggunakan Labu Destilasi

Sebenarnya cara menggunakan labu destilasi terbilang cukup mudah. Dimana hal yang perlu dilakukan adalah memasukan larutan yang akan di destilasi kedalam labu destilasi. Setalah larutan berhasil dimasukan kedalam labu destilasi, kemudian pipa yang ada di sisi labu destilasi dihubungkan dengan alat lainnnya seperti gelas atau tabung lainnya.

Adapun fungsi dari gelas atau tabung tersebut adalah untuk menampung uap atau hasil destilasi. Berdasarkan jenisnya destilasi dibedakan menjadi beberapa jenis antara lain destilasi sederhana, destilasi azetrop, destilasi vakum, destilasi uap dan juga destilasi bertingkat.

Dimana setiap jenis destilasi memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain untuk memisahkan zat atau larutan yang sudah tercampur menjadi satu. Misalkan destilasi uap biasanya digunakan untuk larutan yang memiliki titik didih kurang lebih 200oC. Sedangkan destilasi beringkat digunakan untuk memisahkan dua atau lebih cairan yang sudah bercampur menjadi satu yang memiliki perbedaan titik didih kurang lebi 20oC.

Harga Labu Destilasi

Jika diperhatikan dengan seksama tentu penampilan labu destilasi terlihat berbeda dengan labu atau tabung lainnnya. Dimana labu destilasi memiliki 2 pipa yang ada di bagian atas dan bagian leher. Hal itu tentu berbeda dengan tabung atau labu pada umumnya yang hanya memiliki satu buah pipa atau lubang dibagian atasnya.

Labu Destilasi 1000 ml dan 500 ml

Labu destilasi di indotrading.com dijual dengan harga Rp 250.000. Dengan Rp 250.000 sudah mendapatkan 1 labu destilasi ukuran 1000 ml dan 2 buah labu destilasi 500 ml. Jadi total akan mendapatkan 3 buah labu destilasi.

Labu Destilasi 100 ml DURAN

Harga sebuah labu destilasi di medicalogy.com dengan kapasitas 100 ml merk DURAN berada dikisaran harga Rp 175.000.

Labu Destilasi 250 ml PYREX

Untuk harga 1 buah labu destilasi ukuran 250 ml merk PYREX di bukalapak dijual dengan harga Rp 175.000. Dengan spesifikasi tinggi labu sekitar 200 mm dengan panjang leher pipa 34 mm.

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019