Harian Nusantara

Magnetic Stirrer Hot Plate

review produk 116 View

Magnetic Stirrer Hot Plate

Penggunaan alat-alat laboratorium kini semakin canggih. Banyak alat alat yang dulunya dikerjakan secara manual telah tergantikan oleh mesin mesin elektrik. Termasuk salah satu alat yang digunakan untuk pengadukan. Dahulu kita mengaduk larutan untuk menghomogenkannya menggunakan peralatan manual. Namun setelah ditemukannya sebuah inovasi dari alat bernama Magnetic Stirrer Hot Plate maka kita bisa mengaduk larutan dengab mudah dan efisien. Bahkan kita tidak hanya bisa mengaduknya saja, melainkan kita bisa juga memanaskannya tanpa kontak api secara langsung. Untuk itu, penggunaan alat ini memiliki banyak manfaat dalam proses pengujian laboratorium.

Apa itu Magnetic Stirrer Hot Plate

Magnetic stirrer hot plate ini dinamakan berdasarkan bahasa inggris. Dimana artinya adalah pengaduk magnetik dengan wadah pemanas. Secara definisi magnetic stirrer ini merupakan sebuah alat laboratorium yang digunakan untuk mengaduk larutan guna menghomogenkannya dengan dilengkapi pemanas khusus. Alat inu terdiri dari kedua komponen pertama yaitu plate panas atau hotel plate dengan batang magnetik. Dab satunya lagi adalah hot plate dengan stirrer bar. Dimana keduanya menjadi satu kesatuan. Walaupun begitu anda bisa hanya membeli pemanasnya saja tanpa menggunakan fitur stirrer. Namun hak tersebut dinilai kurang efektif dan efisien bagi laboratorium zaman sekarang. Karena alat ini sangat penting penggunaanya baik di laboratorium fisika, kimia ataupun biologi.

Cara Menggunakan Hot Plate Stirrer di Laboratorium

Cara menggunakan alat ini sebenarnya sangat sederhana berikut ini adalah yang harus anda lakukan.

Loading...
  1. Langkah pertama adalah menyambungkan alat hot plate stirrer pada sumber listrik yang tersedia.
  2. Setelah itu untuk menyalahkannya anda bisa menekan tombol on
  3. Selanjutnya anda bisa memasukkan aquades pelarut, Anda bisa memasukkannya pada gelas beaker ataupun tabung elenmeyer
  4. Setelah itu letakkan beaker glass tadi pada atas alat hot plate ini
  5. Setelah itu masukkan beberapa zat kimia yang sudah Anda tukar sebelumnya menggunakan timbangan analitik
  6. Setelah itu atur suhu dari magnetic stirrer atau batang pengaduk kemudian atur juga kecepatan pengadukan dalam satuan rpm.

Fungsi dan Kegunaan Hot Plate Stirrer

Fungsi umum dari alat ini adalah untuk memanaskan sekaligus mencampurkan larutan agar homogen. Dengan menggunakan prinsip pengadukan. Alat inu merupakan alat laboratorium yang universal kita bisa menjumpainya baik di laboratorium kimia, biologi ataupun laboratorium lainnya.

Sementara itu, kegunaan dari hot plate stirrer ini adalah untuk membuat larutan jenuh seperti kita ketahui bahwa beberapa bahan kimia membutuhkan bantuan panas dalam melakukan proses pelarutannya. Untuk itu alat ini dilengkapi juga dengan pemanas. Salah satu larutan yang membutuhkan pemanasan adalah gelatin. Kegunaanya membuat proses homogenisasi uni berjalan lebih mudah, aman serta cepat. Dengan begini dapat memudahkan kita dalam melakukan proses homogenisasi. Contohnya saja alat hot plate magnetic ini adalah mampu menghomogenkan larutan dengan volume sampai 10 Liter dengab suhu pemanasan mencapai 450 derajat celcius dan kecepatan pengadukannya mencapai 1600 rpm.

Dalam.laboratorium alat ini digunakan dalam.proses pemanasan glassware atau alat gelas. Pada beberapa jenis hot plate sudah dilengkapi dengan batang magnetik yang dapat mengaduk larutan secara otomatis sekaligus memanaskannya. Hal itu tergantung dari jenis Hotplate yang anda beli apakah anda ingin membeli yang terdapat magnetic stirrer atau hanya ingin membeli yang pemanasnya saja.

Dengan pengaplikasian hot plate ini jauh lebih memudahkan pekerjaan manusia. Karena salah satu kelebihannya adalah mampu melakukan pengadukan larutan dengan kecepatan yang stabil atau konstan. Dan hal ini bisa menghapus kesulitan pengadukan manual yang harus bersusah payah untuk mengaduk larutan dengan kecepatan tertentu. Hal ini karena pada hot plate stirrer telah dilengkapi dengan motor yang letaknya ada di bawah plate. Motor ini bekerja dengab memutar batang magnet yang diletakkan pada gelas beaker. Sehingga larutan ikut berputar dan teraduk.

Harga Magnetic Stirrer Hot Plate

Untuk alat ini harganya cukup mahal. Bahkan angkanya menyentuh nominal jutaan, hal ini karena komponen dan motor dari alat ini membuatnya mahal. Pada aplikasi Shopee ditemukan bahwa alat ini memiliki harga Rp. 2 jutaan. Namun untuk spesifikasi dan jenisnya bisa berbeda-beda.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019