Huawei Berencana Luncurkan Smartphone 5G Tahun Depan!

83
Mantap!-Huawei-Honor-7c-Hadir-Dengan-Dual-Kamera-Berukuran-Jumbo
Huawei Honor 7c

Hariannusantara.comTeknologi 5G nampaknya bakal diadopsi oleh Huawei dalam waktu dekat ini. Kabar ini secara blak-blakan dinyatakan oleh vendor asal China tersebut. Menurut bocoran yang beredar, tahun 2019 nanti Huawei siap meluncurkan ponsel pintar yang mendukung teknologi 5G tersebut.

Erix Xu sebagai CEO Huawei telah mengungkap rencana tersebut saat berkesempatan bicara dalam gelaran Mobile World Congress Shanghai 2018. Menurutnya, solusi komersil 5G dan chip smartphone yang mendukung smartphone tersebut diprediksi bakal mulai rilis pada Maret tahun depan. Dilansir dari Phone Arena, Minggu (1/7/2018), setelah perilisan kedua teknologi  itu kemungkinan pada Juni tahun depan smartphone dengan dukungan teknologi 5G tersebut sudah bisa meluncur.

Menurut sejarah Huawei, smartphone ini bakal menjadi ponsel pintar pertama Huawei yang akan didukung oleh teknologi 5G dan akan menduduki segmen kelas menengah. Pasalnya, ponsel flagship generasi berikutnya dari Huawei (P30) berada di timeline yang berbeda dan kemungkinan besar akan rilis terlebih dahulu tanpa teknologi 5G tersebut.

Menurut perkiraan, Huawei akan menyematkan chip 5G di smartphone seri Mate 30. Kemungkinan besar, hal ini akan terwujud karena Mate 30 memang direncanakan memakai chipset Kirin 1020 yang sudah mendukung 5G. Namun, peluncurannya kemungkinan baru akan dilakukan pada Oktober 2019 mendatang.

Sementara itu, sekarang Huawei diketahui tengah melakukan finalisasi terkait masalah latensi rendah dan juga konektivitas jaringan 5G. Kemungkinan, pada kahir 2018 nanti semua hal itu akan selesai diperbaiki.

Sebagai informasi, 5G merupakan standart teknologi komunikasi seluler yang memberikan kecepatan akses internet yang lebih kencang jika dbandingkan 4G. Sinyal 5G ini bakal dipancarkan di frekuensi 600 MHz hingga 6 GHz.