Diguyur Hujan Saat Kualifikasi, Valentino Rossi Puas Start di Barisan Depan

363
Valentino Rossi
Valentino Rossi Usai Menjalani Sesi Latihan Moto GP

Hariannusantara.com – Hujan mewarnai sesi kualifikasi MotoGP Assen di Sirkuit Assen, Belanda yang diadakan pada Sabtu (25/6/2016) malam kemarin. Akibatnya, sebagian pembalap merasa kesulitan akan hal tersebut.

Beberapa nama yang biasa menempati barisan depan harus rela tertinggal, seperti Maverick Vinales dan Marc Marquez yang terjatuh dalam sesi kualifikasi. Hal yang juga mengejutkan terjadi pada juara musim lalu, Jorge Lorenzo yang harus rela start pada posisi ke-11.

Walaupun sebagian besar pembalap merasa kesulitan karena hujan tersebut, namun nyatanya tak demikian dengan Valentino Rossi. The Doctor masih mampu menempati posisi kedua saat menjalani sesi kualifikasi tersebut.

Dilansir dari Crash, Rossi mengungkapkan jika dirinya bisa menaklukkan Sirkuit Assen yang berada di kondisi basah akibat pemilihan ban yang tepat.

“Ketika baru tiga lap berada di lintasan, saya mengerti bahwa bagian belakang sering bergeser,” ujar Rossi.

“Ada beberapa titik di lintasan yang sudah kering, jadi kami butuh ban lembut dalam kondisi seperti ini. Kami memilih menggunakan ban medium untuk melaju dan itu pilihan yang tepat,” ujar pembalap Italia tersebut.

Dengan penggunaan ban yang tepat tersebut, Rossi akan start di barisan depan. Strategi yang digunakan oleh timnya membuat dirinya merasa puas dan senang, walaupun sebenarnya ia tetap ingin berada di posisi pole.

Rossi juga berharap jika pada balapan yang akan digelar di Assen tersebut tidak diguyur oleh hujan. Rossi mengharapkan hal tersebut karena ingin mendapatkan kemenangan kesepuluhnya di MotoGP Assen.

“Saya berharap lintasannya kering supaya saya bisa kompetitif. Tapi kami harus melihat kondisi cuaca. Sebab, sangat sulit untuk membuat pilihan menggunakan ban kering atau basah saat hujan tiba-tiba turun,” ujar Rossi.

Baca juga:

Jelang MotoGP Belanda, Lorenzo dan Rossi Galau Tentukan Sasis

2 Pembalap Muda Indonesia Akan Ditangani Rossi Secara Langsung