Selamat! Anne Hathaway Didapuk Jadi Duta Perempuan PBB

244
Anne Hathaway
Anne Hathaway

Hariannusantara.comAnne Hathaway beruntung telah terpilih untuk bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ia akan ditetapkan menjadi Global Goodwill Ambassador atau duta besar wanita yang mewakili lembaga bergengsi dunia itu. Hathaway menjadi selebriti Hollywood terbaru yang ditunjuk oleh PBB sebagai duta global untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Dikutip dari Aceshowbiz, Kamis (16/6), Hathaway bukan merupakan artis Hollywood pertama yang dipilih PBB untuk bergabung. Sebelumnya, sudah ada Angelina Jolie dan Emma Watson yang ikut berperan bersama PBB untuk kemanusiaan.

“Ini adalah demonstrasi sangat berbahaya dari ketidaksetaraan gender yang ada di tempat kerja,” kata Mlambo Ngucka, Rabu (15/6/2016).

Pemeran film Les Misérables ini akan menyoroti isu seputar tidak meratanya pekerjaan di rumah yang menjadi hambatan utama untuk kesetaraan gender, pekerjaan internasional untuk mengajukan pengangkatan, dan pelaksanaan kebijakan yang membawa perubahan.

Isu lainnya juga yang menjadi perhatian Hathaway, yaitu hal yang merupakan layanan penitipan anak yang terjangkau. Termasuk juga permasalahan berbagai cuti bagi orangtua baik dalam perusahaan atau pemerintahan.

“Saya merasa terhormat dan terinspirasi oleh kesempatan ini untuk membantu dalam memajukan kesetaraan gender. Kemajuan yang signifikan telah dibuat tetapi saat itu kami bersama mengintensifkan upaya kami dan memastikan bahwa kesetaraan sejati akhirnya tersadari,” kata Hathaway.

Hathaway memang sudah dikenal lama cukup menaruh perhatian pada bidang sosial terutama gender. Pada tahun 2013, dia bersama Nike Foundation mengunjungi Kenya dan Ethiopia untuk meningkatkan kesadaran tentang pernikahan anak. Ia juga pernah menyumbangkan suara untuk film dokumenter CNN “Girl Rising” yang ditujukan agar perempuan dapat berjuang untuk impian mereka.

“Penunjukan Anne adalah tepat waktu karena tahun ini UN Women mendorong keras untuk menumbuhkan pola pikir yang lebih positif dan pengaturan praktis di sekitar tempat kerja yang membangun dan mendukung kesetaraan bagi perempuan,” sambungnya seperti dilansir The Guardian.

Bintang film Interstellar tersebut merasa terhormat dan terinspirasi oleh kesempatan yang diberikan dalam memajukan kesetaraan gender.

Anne Hathaway memang sudah tidak asing dengan advokasi dan menyampaikan hak-hak perempuan. Sebelumnya ia juga pernah menjabat sebagai advokat untuk Nike Foundation, sebuah program yang dibentuk untuk memberdayakan remaja perempuan di negara berkembang. Pada tahun 2011, ia juga pernah melakukan perjalanan ke Kenya untuk meningkatkan kesadaran tentang kekerasan seksual di daerah tersebut.