Jelang MotoGP Belanda, Lorenzo dan Rossi Galau Tentukan Sasis

194
Valentno Rossi dan Jorge Lorenzo
Valentno Rossi dan Jorge Lorenzo

Hariannusantara.com – Pada gelaran MotoGP Belanda 2016 mendatang, sasis baru sudah dipastikan telah disiapkan oleh Yamaha untuk kedua pembalapnya, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Namun begitu, kedua pembalap tersebut masih belum memutuskan untuk menggunakan sasis lama atau baru.

Saat tes yang dilakukan di sirkuit Montmelo pasca MotoGP Catalunya 2016 kemarin, sasis baru memang digunakan oleh Yamaha pada motor kedua pembalapnya tersebut. disamping itu, mereka juga menguji tiga pilihan komponen ban belakang berbeda yang bertujuan untuk meningkatkan ekselerasi motor saat keluar tikungan.

Dari sesi tes tersebut, kedua pembalap Yamaha mengaku puas dengan kinerja motor saat menggunakan sasis barunya. Oleh karena itu, Yamaha memutuskan untuk menyiapkan sasis baru sebagai pilihan pada MotoGP Belanda 26 Juni mendatang yang akan diadakan di Sirkuit Assen. Namun sampai saat ini, belum ada dari kedua pembalap tersebut yang sudah memutuskan perihal pilihan tersebut.

Lihat juga : Jadwal Moto GP Terbaru

“Tugas utama nanti adalah memutuskan mana sasis yang lebih baik. Jika kesimpulan kami adalah sasis baru lebih baik, kami mungkin akan menggunakannya di Assen,” tutur direktur Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, seperti dikutip Crash.

Di sisi lain, saat ini Rossi dan Lorenzo tengah bersaing ketat di klasemen MotoGP 2016. Saat ini, Lorenzo memnga lebih unggul dengan perolehan 115 poin dan menempati posisi kedua klasemen sementara. Namun, perolehan poin Rossi saat kemenangannya di Catalunya, membuat Rossi kian mendekat.

Saat ini, antara Rossi dan Lorenzo hanya terpaut 12 poin saja. Insiden Lorenzo dan Andrea Iannone di Sirkuit Catalunya sangat menguntungkan pihak Rossi. Sementara itu, selisih poin antara Rossi dengan Marc Marquez, rider Repsol Honda adalah sebesar 22 poin.

Sirkuit Assen menjadi salah satu sirkuit yang memiliki momen indah untuk Rossi. Ia sudah sembilan kali berhasil naik podium juara Assen dan tujuh diantaranya saat ia bergabung dengan kelas MotoGP. MotoGP Belanda 2015 lalu, menjadi kemenangan terakhir Rossi atas Marquez dengan beda 1,242 detik.