Sejumlah Restoran Florida Sajikan Menu Ikan Singa

380

Sejumlah-Restoran-Florida-Sajikan-Menu-Ikan-Singa

Hariannusantara.com – Setiap daerah di berbagai negara memiliki restoran dengan sajian makanan yang unik. Sering kali turis berkunjung ke suatu tempat hanya untuk menyantap makanan yang berada di satu daerah tertentu.

Baru-baru ini, sejumlah restoran di kawasan Florida, Amerika Serikat, memiliki menu makanan baru. Banyak restoran di Florida yang menyajikan ikan singa. Sejumlah restoran merasa, menu baru itu merupakan salah satu cara melestarikan habitat laut untuk tidak mengonsumsi jenis ikan yang umum.

Ketertarikan dari pengunjung terhadap ikan singa di Florida kian meningkat. Pasalnya harga ikan singa dipasaran semakin tinggi. Pada akhir Mei harga ikan singa berkisar 120 ribu rupiah per 500 gram. Harga itu naik menjadi 133 ribu rupiah per 500 gram pada awal Juni.

Secara fisik, ikan singa memiliki tubuh yang unik. Motif garis-garis dengan perpaduan warna muda dan tua identik dengan ikan tersebut. Kurang lebih terdapat 18 duri beracun yang berada di sekitar tubuhnya. Ikan ini baru bisa dikonsumsi apa bila duri tersebut dihilangkan.

“Ketika diletakkan dalam es, secara fisik ikan singa tak lagi dapat mengeluarkan racun. Dipastikan (ikan singa) aman untuk dikonsumsi. Ada anggota tim terlatih di Whole foods Market untuk menangani ikan singa hingga layak konsumsi,” tulis siaran pers whole Food Market, seperti dilansir Inquisitr.

Tekstur daging ikan singa tidak jauh berbeda dengan ikan kerapu. Ikan singa memiliki daging berwarna putih yang sedikit berminyak. Rasa dari ikan singa cenderung ringan dan dapat dimasak dengan berbagai resep berbeda.

Supervisor Boca Raton Whole Foods, Corey Hawkins, melihat konsumen tertarik untuk mencicipi daging ikan singa. Semakin hari jumlah pengunjung pun semakin meningkat. Restoran itu disibukkan dengan pesanan ikan singa beberapa hari lalu. Oleh karena itu mereka harus selalu menyediakan ikan singa siap saji.

Populasi ikan singa di lautan terbilang banyak, namun ikan ini sulit untuk ditangkap. Mereka tidak dapat ditangkap menggunakan jala besar seperti nelayan. Ikan singa akan ditangkap oleh penyelam yang menggunakan tombak dan perangkap yang dirancang untuk menjerat ikan singa. Restoran harus bergantung pada penyelam karena mereka tidak menjual apa bila belum dalam jumlah yang besar.

Walau bisa dikonsumsi, ikan singa merupakan salah satu hama bawah laut. Racun mereka sangat berbahaya bagi populasi kehidupan bawah laut. Pemerintah Amerika Serikat dan restoran kawasan Florida berharap tindakan menjual ikan singa dapat menringankan ancaman kehidupan laut yang disebabkan oleh ikan singa.