BERALIH KE POLA MAKANAN VEGAN UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK

740
Makanan vegan sumber gambar www.magelangonline.com
Makanan vegan sumber gambar www.magelangonline.com

Hariannusantara.com – Pola makan vegan adalah pola makan yang tidak mengkonsumsi daging, telur, susu hewani, serta bahan – bahan makanan yang yang mengandung tiga unsur tersebut. Dewasa ini telah banyak orang yang mulai beralih ke pola makan vegan dengan berbagai alasan, entah itu karena faktor kesehatan ataupun karena faktor lainnya seperti mengikuti ebuah latihan Yoga.

Tidak sedikit juga dari beberapa artis dan tokoh dunia yang menjalani pola hidup vegan. Diantaranya adalah Mike Tyson (petinju), Tobey Maguire (pemeran Spider Man), Bill Clinton (mantan Presiden AS), Mahatma Ghandi (tokoh spiritual Hindu), Shaina Twain (Canadian singer), dan masih bnyak lainnya.

Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh seorang yang menjalani pola hidup vegan, diantaranya adalah :

a) Makanan vegan mengandung lebih sedikit lemak

b) Makan buah – buahan dan sayur banyak mengandung vitamin dan akan merasa kenyang lebih lama

c) Membantu proses metabolisme tubuh dan membuat kerja dari usus maupun lambung tidak berat

d) Menurut penelitian di Amerika, vegetarian akan lebih sehat, panjang umur dan awet muda. Menjadi vegetarian membuat kita sehat lahir dan batin serta memperpanjang usia hidup kita karena makanan hewani seperti daging umumnya dapat mempersempit pembuluh darah sehingga nutrisi dan oksigen terganggu yang akibatnya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh

e) Dengan menjadi seorang vegetarian, kita akan memiliki perut yang sehat. Dengan memakan banyak sayuran dan buah berarti semakin banyak serat yang dikonsumsi, sehingga akan menjaga usus besar tetap bersih. Selain itu, nutrisi dari sayur dan buah sangat baik untuk perut, karena merupakan sumber asam amino yang sangat baik untuk metabolisme tubuh

f) Dapat terhindar dari lemak jahat. Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan lemak yang sangat baik dan tidak membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, menjadi vegetarian dapat membuat tekanan darah tetap dalam batas aman dan jantung juga selalu dalam kondisi sehat

g) Terhindar dari racun yang berasal dari lemak hewani. Sama seperti manusia, daging hewan yang dikonsumsi terkadang memicu adrenalin untuk memproduksi steroid dan hormon stress. Hormon inilah yang akan dilepas di aliran darah. Saat dikonsumsi oleh manusia, ini akan berformasi menjadi racun yang kemungkinan dapat membahayakan tubuh. Tidak hanya itu, hewan potong terkadang disuntik dengan hormon pertumbuhan dengan tuhuan agar memiliki daging lebih banyak. Hormon ini juga memicu terbentuknya berbagai penyakit saat dikonsumsi oleh manusia, sebagaimana dilansir dari Boldsky.

h) Menjadi vegetarian dapat menurunkan resiko kanker. Pola makan vegetarian banyak mengkonsumsi zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan banyak nutrisi lain. Beberapa nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas yang mampu melawan berbagai jenis penyakit kanker. Makanan nabati memang membantu penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung. Selain itu kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, kanker usus, dsb.

Bagi yang telah menjalani atau yang ingin mencoba pola hidup vegan, telah tersedia tempat – tempat makan vegan dengan cita rasa yang sangat nikmat dan tidak kalah dengan makanan hewani lainnya. Tempat makan bertajuk menu vegan telah hadir di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota – kota lainnya. Biasanya bahan yang digunakan sebagai pengganti daging dalam menu vegan berasal dari jamur atau glutin yang merupakan bahan olahan tepung trigu.