Cara Download dan Install Aplikasi Pokemon Go di HP

4547
Cara Download dan Instlall Pokemon go
Cara Download dan Instlall Pokemon go

Hariannusantara.com  – Cara Download dan Install Aplikasi Pokemon Go di HP. Aplikasi Pokemeon Go menjadi Aplikasi game fenomenal setelah beberapa lembaga negara dan musium bersejarah mengecam ulah Pokemon Hunter yang sembarangan melakukan pencarian.

Aplikasi yang dirilis Nitendo bersama dengan Niantic ini menjadi fenomenal lantaran pengguna Aplikasi ini layaknya seorang pemburu yang mengejar keberadaan Pokemon dalam sebuah wilayah dilengkapi dengan peta dan GPS. Game satu ini terbilang menarik karena dikembangkan oleh Niantic yang sejatinya merupakan developer dari Ingress.

Ingress sendiri merupakan sebuah game Geolocation dan Augmented Reality yang menggunakan peta dan juga tempat-tempat penting di dunia nyata sehingga orang yang memainkannya merasakan sesuatu yang menarik dan pengalaman baru ketika bermain game di tempat mereka masing-masing. Sepertinya, pihak Nintendo tertarik karena fitur yang hadir dalam Ingresstersebut dan memutuskan untuk menyeret Niantic sebagai developer pada game Pokemon Go.

Apabila Ingress cenderung menceritakan tentang pengaktifan portal-portal untuk menguasai dunia, Pokemon Go akan lebih mengajak para pemainnya untuk berburu Pokemon dan selanjutnya dilatih untuk bertarung dengan Pokemon lain bahkan juga melawan pemimpin Gym atau ikut dalam sebuah turnamen.

Game Pokemon Go ini sendiri telah hadir secara resmi di tiga negara yaitu Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru pada 5 Juli 2016 lalu. Dengan game ini, pemain akan diajak untuk berburu Pokemon di sekitar lingkungannya, menuju titik-titik PokeStop dan juga bertarung di Gym. PokeStop sendiri berfungsi untuk menyediakan berbagai item, seperti Pokeball, Revive, Potion dan beberapa item lainnya.

Pemain dapat bertarung di Gym apabila sudah mencapai level 5. Dalam level ini, pemain juga dapat memilih tim untuk berduel. Yang menarik, tempat-tempat yang biasanya dijadikan PokeStop dan Gym merupakan tempat yang penting di daerah tersebut, seperti makam, tempat ibadah dan tempat terkenal lainnya. Titik penting ini dihasilkan dari portal yang pernah dibuat oleh pemain dari Ingress sehingga Naintic mudah dalam membuat PokeStop dan juga Gym di daerah pemain tersebut.

Unduh dan instal Pokemon Go untuk smartphone Android

Sebelum memulai mengunduh, pastikan smartphone yang Anda punya memiliki RAM 2 GB, prosesor Qualcomm Snapdragon, Mediatek atau Intel, terintegrasi dengan GPS dan juga memiliki sistem operasi Android 4.4 ke atas. Setelah itu, baru Anda bisa mengunduh di berbagai situs penyedia mentahan aplikasi Android (APK), seperti APKPure, APKPolice dan APKMirror. Apabila APK sudah terunduh dengan sempurna, Anda dapat langsung menginstallnya di smartphone yang Anda miliki. Selanjutnya, Anda tinggal log in dengan akun Gmail atau akun Pokemon.

Jika Anda menginginkan untuk cepat bisa, disarankan untuk menggunakan akun Gmail. Kemudian petunjuk akan dimunculkan oleh seorang profesor yang ada dalam game tersebut. Petunjuk ini berisikan cara bermain dari game Pokemon Go. Setelahnya, Anda juga dapat memiliki karakter laki-laki atau perempuan yang dapat Anda kostumasi dalam game tersebut.

Pemain akan dihadapkan dengan tiga Pokemon Starter generasi pertama yaitu Charmander yang berelemen api, Squirtle yang berelemen air dan Bulbasaur yang berelemen rumput. Anda dapat memilih Pokemon Starter ini sesuai dengan karakter yang Anda sukai.

Unduh dan instal Pokemon Go untuk iPhone

Meskipun iTunes App Store Indonesia secara resmi belum mendapatkan game ini, namun nyatanya Anda tetap bisa mendownload dan install Pokemon Go di iOS yang Anda miliki. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan game yang sudah mulai viral ini, pertama dengan menggunakan Apple ID negara yang sudah mendapatkan game ni secara resmi dan yang kedua adalah dengan men-downloadnya dari toko aplikasi eksternal.

  1. Menggunakan Apple ID negara yang sudah terdaftar resmi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menggunakan Apple ID dari negara yang sudah mendapatkan game ini secara resmi, seperti Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru. Yang perlu Anda lakukan selanjutnya yaitu membuat pihak Apple ‘percaya’ bahwa Anda adalah pengguna dari ketiga negara tersebut. caranya adalah sebagai berikut:

  1. Log out dari Apple ID-mu. Caranya pilih Setting -> tap pada Apple ID -> pilih Sign Out
  2. Selanjutnya kembali ke Setting dan pilih menu General -> Language & Region. Ubah Region menjadi US, Australia atau New Zealand, tiga negara yang sudah mendapatkan game ini secara resmi.
  3. Sekarang buka App Store dan coba cari Pokemon GO. Seharusnya Pokemon GO sudah muncul dalam daftar aplikasi dan bisa kamu download.
  4. Tidak menemukan Pokemon GO? Coba cara berikut ini. Pertama, download aplikasi gratis apa saja dari App Store. Pilih Create Apple ID untuk membuat ID baru yang sesuai dengan tiga region tersebut. Saat membuat Apple ID, pilih None di menu Billing dan isikan alamat mana saja di Australia, US atau Selandia Baru. Search di Google untuk alamat-alamatnya ya!
  5. Setelah proses tersebut selesai, seharusnya Pokemon GO sudah muncul di daftar game App Store. Cukup download dan install Pokemon GO di iOS seperti biasa.
  1. Menggunakan Toko Aplikasi Pihak Ketiga

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu hampir sama dengan cara download dan instal untuk Android. Anda bisa menggunakan APK dengan mengunjungi toko aplikasi pihak ketiga untuk iOS seperti Hip4U yang dapat kamu gunakan tanpa melakukan jailbreak ke iPhone atau iPadmu dan tanpa menggunakan Apple ID. Berikut adalah caranya:

  1. Download dan install HipStore. Klik ikon Apple di bagian bawah untuk men-download dan meng-install-nya
  2. Buka Hip4U yang baru saja kamu install. Akan tetapi akan muncul error Untrusted Developer. Untuk itu, masuk dulu ke menu Settings -> Profile & Device Management -> Pilih Taz Trading Services –> Pilih Trust.
  3. Nah kini kamu sudah bisa membuka aplikasi Hip4U. Kamu bisa men-download aplikasi dan game tanpa harus menggunakan Apple ID. Search Pokemon GO dan klik download. Setelah selesai download akan muncul pop up. Pilih install agar Pokemon GO ter-install dan muncul di home screen.
  4. Sama seperti Hip4U, kamu juga harus melakukan setting Trust terlebih dahulu terhadap Pokemon GO. Caranya, masuk ke menu Settings -> Profile & Device Management -> Pilih Pokemon GO -> Pilih Trust.

Demikian seperti dirilis sumber kabarmaya.co.id