Review Realme 3 Harga dan Spesifikasi

Realme adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ponsel android. Perusahaan ini berkantor pusat di wilayah Tiongok. Mereka telah banyak menciptakan produk-produk ponsel android dengan kualitas terbaik dan mampu bersaing di pasar ponsel global yang sengit.

 Salah satu produk ponsel android yang di buat oleh perusahaan ini adalah Realme 3. Ponsel android merk Realme 3 di rilis pada bulan Maret tahun 2019 lalu. Realme 3 merupakan salah satu ponsel yang memiliki kualitas terbaik di masa itu.

Fitur dan Spesifikasi Ponsel Realme 3

Realme 3 memiliki beberapa fitur dan spesifikasi yang menunjang kinerja dan performa dari ponsel ini. Beberapa fitur dan spesifikasi yang melekat pada ponsel ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Chipset : Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm) dan Mediatek Helio P70 (12nm)
  • CPU : Octa-core
  • GPU : Mali-G72 MP3
  • Memori Internal : 32 Gb dan 64 Gb
  • Varian RAM : 3 Gb dan juga 4 Gb
  • Tipe Layar : IPS LCD
  • Ukuran Layar : 6.22 inch dengan resolusi 720 x 1520 pixels dan rasio 19:9
  • Kamera Utama : Dual Kamera 13 MP dan 2 MP
  • Kamera Selfie : 13 MP
  • Tipe USB : microUSB 2.0
  • Kapasitas Baterai : 4230 mAh

Loading...

 

  1. Platform

Ponsel Realme 3 di bekali dengan 2 chipset yaitu Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm) dan Mediatek Helio P70 (12nm). CPU yang terpasang pada ponsel ini juga terdapat dua yang antara lain adalah berasal dari tipe Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53) dan juga Octa-core (4×2.1 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53). Sedangkan untuk GPU, ponsel Realme menggunakan GPU dari Mali-G72 MP3. Ponsel Realme 3 menggunakan sistem operasi dari Android 9.0 (Pie) pada awalnya dan akan di upgrade secara berkala menjadi OS android terbaru yaitu Android 10.0; ColorOS 6. Memori internal dari ponsel Realme 3 memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 32 Gb dan juga 64 Gb. Sedangkan untuk RAM, ponsel ini menggunakan dengan kapasitas penyimpanan 3 Gb dan juga 4 Gb. Ponsel ini di lengkapi juga dengan slot memori eksternal atau Sd Card dengan kapasitas penyimpanan paling maksimal sebesar 256 Gb.

  1. Body

Body dari ponsel Realme 3 terbuat dari bahan dasar berupa Front glass dan juga plastic body. Ponsel ini memiliki dimensi ukuran sekitar 156.1 x 75.6 x 8.3 mm (6.15 x 2.98 x 0.33 in) dengan berat atau bobot ponsel mencapai 175 g (6.17 oz). Pada bagian layar, Realme 3 memasang layar dengan tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors yang telah di lapisi dengan proteksi dari Corning Gorilla Glass 3. Sementara itu ukuran dari layar ponsel ini adalah sekitar 6.22 inches, 96.6 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi layar sekitar 720 x 1520 pixels, 19:9 ratio (~270 ppi density).

  1. Kamera

Ponsel Realme pada kamera bagian belakang atau kamera utama memiliki dua konfigurasi lensa dengan resolusi masing-masing andalah 13 Mp dan 2 Mp. Beberapa fitur penunjang kamera belakang pada ponsel ini antara lain adalah depth sensor, LED flash dan HDR. Sementara itu pada bagian kamera depan atau kamera selfie, ponsel ini memasang kamera dengan lensa yang memiliki resolusi sebesar 13 Mp dan melengkapinya dengan fitur penunjang berupa HDR.

  1. Konektivitas

Ponsel ini seperti kebanyakan android pada umumnya yaitu menggunakan Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) yang mendukung beberapa koneksi jaringan seperti HSPA, GSM dan LTE. Ponsel ini support terhadap Radio FM, Bluetooth dengan tipe 4.2, A2DP, LE dan GPS dengan tipe A-GPS, GLONASS. Sementara itu untuk WLAN, ponsel ini mendukung untuk beberapa koneksi seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot. Dan USB yang di gunakan pada ponsel ini adalah dengan Port USB dari microUSB 2.0, USB On-The-Go.

  1. Fitur dan Spesifikasi Lain

Ponsel ini telah di lengkapi dengan beberapa sensor perlindungan semisal Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass. Baterai yang di gunakan oleh ponsel Realme 3 ini adalah dari tipe Non-removable Li-Po 4230 mAh battery. Dan untuk audio, ponsel ini menggunakan Jack Audio dengan ukuran 3.5 mm jack yang mendukung untuk loud speaker. Ponsel ini menawarkan beberapa varian warna yang antara lain adalah Black, Dynamic Black, Radiant Blue dan Diamond Red dengan model ponsel tersebut adalah RMX1825 dan juga RMX1821.

Harga Ponsel Realme 3

Ponsel yang di rilis pada bulan Maret tahun 2019 lalu ini di bandrol dengan harga sekitar $136.99 atau setara dengan 1.9 juta rupiah.

Ulasan Lengkap Spesifikasi

Kamera ponsel Realme 3

Ponsel Realme 3 menghadirkan kamera depan dengan resolusi sebesar 13 Mp. Untuk ponsel dengan harga di bawah 2 juta, kamera depan yang di gunakan ponsel ini terbilang sudah paling tinggi resolusinya. Sedangkan untuk kamera belakang, ponsel ini memasang dua konfigurasi lensa kamera dengan resolusi masing-masing sebesar 13 Mp dan juga 2 Mp. Beberapa fitur yang menjadi pelengkap dari kamera ponsel ini antara lain adalah LED Flash, HDR dan Depth Sensor. Sedangkan untuk video yang di rekam menggunakan ponsel ini akan menghasilkan video dengan kualitas dan resolusi sebesar 1080p@30fps.

Desain Ponsel Realme 3

Ponsel android merk Realme 3 ini menawarkan beberapa varian warna ponsel yang antara lain adalah Black, Dynamic Black, Radiant Blue dan Diamond Red. Desain dari ponsel ini sangatlah anggun dan elegan dengan gradasi warna pada bagian bawah dari casing ponsel ini.

 

Layar ponsel Realme 3

Realme 3 mengusung layar dengan tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors dengan ukuran layar tersebut 6.22 inchi. Layar ponsel ini telah di lengkapi pelapis proteksi berupa Corning Gorilla Glass 3. Bezel pada ponsel ini pun sangat tipis sekali karena layar ponsel Realme 3 telah menggunakan full view display.

 

Chipset dan RAM

Ponsel ini melekatkan dua chipset yaitu Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm) dan juga Mediatek Helio P70 (12nm). Sedangkan untuk RAM dari ponsel ini adalah 3 Gb dan juga 4 Gb.

Kesimpulan

Ponsel dengan harga yang terbilang cukup murah ini menawarkan berbagai macam spesifikasi dan kecanggihan yang patut untuk di perhitungkan sebagai ponsel terbaik yang harus kamu miliki. Realme 3 merupakan solusi jika kamu ingin memiliki ponsel android yang sangar namun harga terjangkau.

Kelebihan dari Ponsel Realme 3

Beberapa kelebihan dari ponsel Realme 3 ini antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Desain dari ponsel ini sangatlah elegan dan pas di dalam genggaman tangan
  2. Baterai dari ponsel ini memiliki daya yang besar dan bisa tahan lama.

Kekurangan dari Ponsel Realme 3

Beberapa kekurangan dari ponsel Realme 3 ini antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Meskipun ponsel ini di lengkapi dengan sidik jari, namun sayangnya sidik jari ponsel Realme 3 kurang responsif
  2. Ponsel ini tidak tahan terhadap air dan juga debu sehingga sangat sensitif dan mudah rusak bila jatuh ke air.