Harian Nusantara

Naik Kereta dari Solo ke Jogja Bebas Macet

Wisata & Kuliner 609 View

Solo memiliki empat stasiun kereta api, Stasiun Balapan, di utara pusat kota adalah stasiun utama Solo untuk bisnis dan eksekutif dan beberapa layanan kereta ekonomi. Sebuah jalan setapak yang ditinggikan dengan mudah menghubungkan Stasiun Balapan ke terminal bus utama Solo, Tirtonadi. Sebagian besar kereta kelas ekonomi beroperasi dari Stasiun Purwosari sekitar tiga kilometer ke arah barat. Solo Jebres di timur dan Solo Kota, di selatan adalah stasiun kecil dan hanya beberapa kereta berhenti di sana. Balapan, Purwosari, dan Solo Jebres semuanya berada di jalur yang sama dan Purwosari menghubungkan ke Kota Solo untuk naik kereta api ke Wonogiri.

Kereta ekonomi lokal yang sering dan murah beroperasi antara Solo dan Yogyakarta (1 jam; 8.000 rupiah). Tiket untuk layanan ini hanya tersedia di stasiun dan tidak dapat dipesan secara online. Banyak kereta lain yang tersedia untuk dipesan online juga terhubung ke Yogyakarta, tetapi lebih mahal. Solo memiliki koneksi reguler di Jawa sepanjang tiga baris yang berjalan:

  1. Jakarta-Cirebon-Yogyakarta-Solo-Surabaya-Malang;
  2. Bandung-Banjar (untuk Pangandran) -Yogyakarta-Solo-Surabaya-Malang;
  3. Cirebon-Yogyakarta-Solo-Surabaya-Probolinggo-Jember.

Jika Anda tinggal di Yogyakarta atau Solo / Surakarta, Anda dapat menggunakan kereta komuter Prambanan Ekspres (Prameks) untuk bepergian dari kedua kota. Dibutuhkan satu jam dari Jogja ke Kota Solo atau sebaliknya. Pembaruan jadwal Prambanan Ekspres (Prameks) per 1 Desember 2011 sehingga naik kereta dari Solo ke Jogja bebas macet.

Rute kereta ini akan berhenti di Stasiun Solo Jebres, Stasiun Solo Balapan, Stasiun Solo Purwosari (pusat kota Solo), Stasiun Kereta Klaten, Stasiun Kereta Jogja Maguwo (Stasiun Kereta Api Bandara Adi Sutjipto Jogja), Stasiun Kereta Api Jogja Lempuyangan, Stasiun Kereta Api Jogja Tugu (Jalan Malioboro), Stasiun Kereta Api Wates, Stasiun Jenar, Stasiun Kereta Kutoarjo.

Loading...

Kedua kota Jawa ini hanya berjarak satu jam dengan kereta. Keduanya merupakan tempat pemberhentian utama di jalur wisata, Yogya wajib dikunjungi dan Solo layak dikunjungi. Anda dapat melihat Solo sebagai perjalanan sehari dari Yogyakarta dengan kereta jika Anda suka. Ada dua opsi untuk perjalanan antara Yogya & Solo:

  1. Opsi pertama, kereta ekspres jalur utama: Ini membutuhkan waktu kurang dari satu jam antara kedua kota, tetapi harus dipesan terlebih dahulu, mereka lebih jarang dan harganya jauh lebih mahal daripada kereta lokal Prameks. Saya merekomendasikan mengambil Prameks.
  2. Opsi kedua, kereta lokal Prameks: Ini adalah opsi termudah. Kereta lokal ber-AC yang nyaman bermerek Prameks menghubungkan Yogyakarta & Solo setiap satu atau dua jam, waktu perjalanan 1h15. Tarifnya hanya Rp8.000, kurang dari $ 1.

Anda dapat memeriksa waktu & tarif di situs web khusus Prameks yang juga berfungsi di ponsel Anda, mengetahui bahwa kode stasiun untuk Solo adalah SLO, untuk Yogyakarta itu YK. Ketika Anda memilih YK atau SLO sebagai stasiun awal Anda, kolom GO adalah waktu keberangkatan, kolom ETA adalah waktu kedatangan.

Tiket prameks tidak dapat dipesan terlebih dahulu, mereka mulai dijual di stasiun 3 jam sebelum setiap keberangkatan. Tiket untuk kereta tertentu dan jumlah terbatas dijual untuk setiap keberangkatan sehingga secara teori mereka bisa terjual habis, tetapi ada ratusan tiket yang tersedia dan jika kereta penuh Anda selalu dapat membeli tiket untuk yang berikutnya. Kursi tidak dialokasikan, Anda duduk di mana Anda suka, barang bawaan Anda bepergian bersama Anda di rak overhead atau hanya di lantai.

Di Yogyakarta, tiket Prameks dijual di kantor tiket khusus Prameks. Pergi ke sisi selatan stasiun (bukan bangunan art deco tahun 1920-an yang indah di sisi timur / utara, tetapi pintu masuk yang kurang menarik di Jalan Ps.Kembang) dan berjalanlah ke halaman depan. Jika Anda menghadapi pintu masuk ke anjungan, kantor tiket stasiun utama adalah bangunan modern yang tidak bertanda di kanan langsung Anda, lebih mirip bank daripada kantor tiket. Ketika Anda naik beberapa langkah ke pintu, kantor tiket utama adalah yang kanan, kantor tiket Prameks adalah yang lebih kecil di sebelah kiri. Anda tidak memerlukan ID untuk membeli tiket Prameks.

Di Solo, tiket Prameks dijual di kantor tiket utama, pergi ke jendela bertanda Prameks. Dengan pemesanan tiket untuk menuju Jogja, naik kereta dari Solo ke Jogja bebas macet dapat Anda nikmati.

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019