Harian Nusantara

Fungsi alat berat dozer atau bulldozer

review produk 77 View

Fungsi alat berat dozer atau bulldozer

Dozer atau bulldozer merupakan alat berat atau alat yang di gunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan kekuatan yang sangat kuat seperti misalnya untuk meratakan jalan, menyebarkan material, pembersihan pembukaan lahan dan perkebunan serta masih banyak lagi. Dengan adanya dozer atau bulldozer ini sangat membantu para pekerja untuk menyelesaikan pekerjaanya lebih cepat dan lebih efisien. Bayangkan saja jika anda harus menggunakan tenaga manusia untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berat tersebut, pastinya memakan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit. oleh karena itu menggunakan dozer atau bulldozer merupakan pilihan yang tepat agar lebih hemat tenaga serta efisien.

 

Fungsi dan kegunaan dozer atau bulldozer

Sebagai alat berat yang cukup efisien dan efektif serta banyak di gunakan oleh perusahaan maupun perorangan untuk mempermudah pekerjaannya, maka banyak kegunaan dan fungsi bulldozer yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui fungsi dan kegunaan bulldozer maka akan memudahkan anda dalam memahami bagaimana cara kerja bulldozer sehingga anda dapat menggunakannya sebagaimana mestinya sesuai dengan fungsinya. Untuk itu, berikut kami jabarkan beberapa fungsi dan kegunaan bulldozer yang perlu anda ketahui.

Loading...

Mengangkut jarak pendek

Fungsi dan kegunaan bulldozer yang pertama adalah sebagai alat untuk mengangkut jarak pendek. Karena memang bulldozer ini tidak di desain untuk mengangkut barang atau material jarak jauh. Sehingga bulldozer ini hanya bisa di gunakan untuk alat angkut jarak pendek saja, misalnya untuk mengangkut material ketika membuat DAM, tanggul ataupun aliran-aliran sungai dan irigasi karena ketika pembangunan tersebut pastinya memerlukan banyak material sehingga anda bisa menggunakan bulldozer sebagai alternative pengangkut material meskipun hanya jarak pendek saja.

Clearing (Pembabatan atau pembersihan lahan)

Selanjutnya bulldozer juga dapat di gunakan sebagai alat untuk pembabatan, penebasan maupun pembersihan lahan. Biasanya ketika anda akan membuka lahan perkebunan maka anda membutuhkan bulldozer ini untuk meratakan tanah sehingga tanah bisa di tanami tanaman perkebunan. Selain untuk membuka lahan perkebunan, biasanya clearing ini juga di lakukan pada saat pembangunan jalan, pembangunan gedung dan pembangunan lainnya yang menggunakan lahan yang tadinya merupakan kawasan pepohonan maupun kawasan yang tidak rata dengan tanah.

Pioneering (Perintisan lahan)

Bulldozer juga dapat di gunakan sebagai alat untuk perintisan lahan atau untuk merintis pekerjaan yang sedang dalam progress pembangunan. Biasanya progress perintisan lahan merupakan kelanjutan dari proses clearing, sehingga jika suatu lahan sudah di clearing maka langkah selanjutnya adalah tinggal pioneering ini. untuk pekerjaan perintisan lahan ini meliputi pengerjaan jalan darurat untuk jalan para pekerja dan untuk jalan alat-alat berat itu sendiri. Selain itu juga ada pekerjaan untuk drainase dan sanitasi para pekerja.

Spreading (Menyebarkan Material)

Adapun fungsi bulldozer selanjutnya adalah untuk menyebarkan material yang ada pada tempat-tempat drop point tertentu yang di letakkan oleh truk pengangkut. Dengan begitu anda dapat menggunakan bulldozer ini untuk mengangkut kembali material tersebut untuk kemudian di sebarkan dan di letakkan pada tempat-tempat tertentu yang membutuhkan material tersebut.

Menarik barang maupun alat lainnya.

Selanjutnya bulldozer juga dapat di gunakan untuk menarik barang atau menarik alat berat lainnya, mengingat bulldozer memiliki kekuatan yang cukup besar sehingga dapat di gunakan untuk menarik alat berat lainnya. misalnya ketika terdapat alat berat lainnya maupun peralatan teknis yang sedang macet maupun rusak maka anda dapat menggunakan bulldozer ini untuk menariknya.

Menimbun kembali

Bulldozer juga dapat di gunakan sebagai alat untuk penimbunan kembali lubang, misalnya menimbun kembali lubang pondasi maupun tiang pada tiang penyangga bangunan yang besar (menara beton, jembatan) atau menutup dan mengubur kembali pipa saluran yang ada di bawah tanah seperti pipa gas alam, pipa minyak dan lainnya.

  

Harga alat berat dozer

Untuk harga alat berat dozer yang kami dapatkan dari toko online olx alat berat ini dijual dengan kisaran harga Rp 300 juta sampai 3 milyar. Range harga tersebut adalah harga baru dan harga bekas.

Demikianlah beberapa fungsi dan kegunaan bulldozer yang perlu anda pahami, sehingga anda bisa menggunakan bulldozer ini sesuai dengan kegunaanya. Penggunaan bulldozer yang salah juga dapat memicu kerusakan karena ketidaksesuaian antara kegunaan dengan penggunaan yang tidak semestinya.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019