Harian Nusantara

Fungsi alat berat motor grader

review produk 68 View

Fungsi alat berat motor grader

Motor grader merupakan salah satu alat berat yang berfungsi sebagai alat utama ketika sedang dalam pembangunan dalam rangka pembuatan konstruksi jalan. Dengan menggunakan motor garder ini maka anda bisa menggunakannya untuk meratakan tanah, mengelupas jalan yang rusak untuk kemudian di perbaiki dan di ganti dengan yang baru, mencampur material dan menyebarkannya kembali sebagai bahan untuk pembuatan jalan dan pengerjaan lainnya yang berhubungan dengan konstuksi pembuatan jalan. Motor grader ini membuat pekerjaan lebih praktis dan tidak memerlukan waktu yang lama karena cukup di jalankan atau di operasikan saja kemudian di jalankan oleh operator maka anda dapat menggunakan motor grader ini dengan mudah bahkan hingga seharian.

Kegunaan dan fungsi motor grader

Setiap alat berat biasanya memiliki keunggulan masing-masing yang mana keunggulan tersebut biasanya merupakan kegunaan atau fungsi utama dari alat berat tersebut. seperti halnya alat berat lainnya, motor grader ini juga memiliki keunggulan yang cukup penting bahkan bisa di bilang motor grader merupakan alat berat yang lebih spesifik atau lebih konsentrasi pada pengerjaan konstruksi jalan karena memang di desain khusus untuk kegunaan proyek pembuatan jalan. Untuk itu agar anda dapat memahami apa kegunaan dan fungsi dari motor grader lebih lanjut , berikut penjelasannya.

Loading...
  1. Grading (membuat jalan)

Ketika akan membuat jalan baru maka anda membutuhkan motor grader ini sebagai alat yang dapat di gunakan untuk konstruksi pembuatan jalan. karena dengan menggunakan motor grader ini maka anda dapat mulai membentuk jalan baru yang akan di bangun seperti menentukan lebar jalan, menentukan ketebalan jalan dan meratakan bahan material yang digunakan untuk pembuatan jalan. Oleh karena itu penggunaan motor grader ini sangat penting dan merupakan alat utama dalam pembuatan konstruksi jalan baru maupun perbaikan jalan lama.

  1. Meratakan jalan

Ketika anda sudah menentukan lebar jalan, kemudian menentukan ketebalan jalan serta ketinggian jalan maka langkah selanjutnya adalah meratakan jalan. Meratakan jalan di sini yang di maksud adalah meratakan jalan agar lebih rata dan bahan materialnya menjadi lebih padat sehingga lebih sempurna dan mulai terbentuk jalan. Meratakan jalan di sini bukan berarti meratakan jalan kembali dengan tanah atau meratakan jalan rata dengan tanah.

  1. Finishing atau tahap penyelesaian

Setelah anda melewati tahap grading dan perataan tanah maka tahap selanjutnya adalah finishing dalam pembuatan jalan, finishing yang di maksud di sini adalah mengecek kembali jalan yang telah di ratakan apakah sudah sesuai dengan konstrusksi jalan yang seharusnya. Jika sudah maka proses pembuatan jalan selesai dan tingga di aspal dan setelah di aspal maka dapat di gunakan oleh pengguna jalan sebagai lalu lintas utama di darat.

Bagian-bagian dari motor grader

Selain memahami kegunaan dan fungsi dari motor grader, anda juga perlu mengetahui bagian-bagian dari motor grader ini sehingga jika suatu saat nanti terdapat kerusakan atau membutuhkan perbaikan maka anda dapat mengetahuinya terlebih dahulu sebelum membawanya ke bengkel alat berat. Untuk itu berikut bagian-bagian dari motor grader yang perlu anda ketahui.

  1. Front blade

Bagian front blade merupakan bagian depan dari motor grader yang memiliki fungsi utama untuk pekerjaan spreading (penaburan) yang sulit pada konstruksi pembuatan jalan.

  1. Scarifier

Ada juga scarifier yang merupakan alat yang dapat di gunakan untuk menggali material keras seperti aspal. Scarifier ini biasanya di gunakan ketika akan memperbaiki jalan yang rusak dan di ganti dengan jalan yang baru atau perbaikan jalan. Dengan begitu akan dengan mudah mengupas aspal dan kemudian menggantinya dengan yang baru.

  1. Front pull hook

Kegunaan front pull hook ini adalah untuk menarik misalnya saja untuk menarik alat berat lainnya maupun menarik alat pendukung lainnya.

Harga alat berat motor grader

Jika kalian sedang membutuhkan alat berat motor grader, kalian bisa membeli alat berat motor grader ini dengan harga sekitar Rp 600 juta sampai 1,5 milyar lebih untuk harga baru dan bekasnya.

Demikianlah beberapa kegunaan dan fungsi serta beberapa bagian dari motor grader yang perlu anda ketahui sehingga anda dapat menggunakan motor grader ini dengan baik dan benar sesuai dengan kegunaanya ketika sedang dalam pembuatan konstruksi jalan.

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019