Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Tradisional Calung

review produk 73 View

Fungsi Alat Musik Tradisional Calung

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdiri dari banyak pulau yang terbar dari sabnag sampai merauke. Dengan banyaknya pulau yang ada di Indonesia maka tidak heran jika Indoensia dikenal sebagai negara kepulauan.

Namun selain memiliki pulau yang banyak, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang memiliki budaya yang dan kesenian yang sangat beragam. Dari mulai pakaian adat yang beragam, tarian hingga alat musik setiap daerah yang bermacam-macam.

Alat musik tradisional yang ada di Indoensia sangat beragam baik dari bentuknya ataupun cara memainkannya. Salah satu alat musik tradisional yang cukup menarik serta memiliki suara yang merdu dan indah adalah calung.

Loading...

Apa Itu Calung

Calung merupakan salah satu alat musik tradisional yang terbuat dari bambu. Bambu yang digunakan untuk membuat calung juga beragam dari mulai bambu hitam sampai bambu hijau.

Namun sebagian besar calung dibuat menggunakan bambu hitam. Pasalnya suara yang dihasilkan calung dengan bambu hitam terdengar lebih merdu jika dibandingkan dengan calung yang terbuat dari bambu hijau.

Untuk dapat menghasilkan suara yang indah, setiap bambu yang digunakan untuk membuat calung disusun sedemikian rupa sehingga membentuk tangga nada yang dapat menghasilkan irama yang indah. Biasanya bambu disusun dimulai dari bambu yang pendek atau kecil lalu diurutkan sampai bambu yang besar dan panjang.

Fungsi Dan Manfaat Calung

Pada zaman dulu calung biasnya digunakan oleh masyarakat untuk mengusir hama dan burung yang mengganggu ataupun merusak tanaman yang ada disawah. Selain dapat digunakan untuk mengusir burung dan hama yang dapat merusak tanaman, calung juga sering digunakan digunakan untuk mengiringi upacara adat ataupun acara syukuran masyarakan seperti upacara tarawangsa.

Dimana upacara tarawangsa merupakan salah satu ritual penghormatan kepada Dewi Sri atas hasil panen yang melimpah. Adapun lagu-lagu yang dibawakan pada saat upacara tarawangsa adalah lagu-lagu yang berisi pujian kepada Dewi Sri.

Selain untuk upacara adat seperti upacara tarawangsa, tidak sedikit juga masyarakat percaya bahwa dengan memainkan calung dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit serta dapat mencegah terjadinya musibah atau bencana.

Namun dengan semakin berkembangnya zaman, calung tidak hanya digunakan untuk upacara adat saja. Pasalnya sekarang ini calung juga dapat digunakan sebagai pertunjukan alat musik tradisional yang menarik dan dapat menghibur masyarakat.

Calung sendiri terdiri dari beberapa jenis antara lain calung rantay, calung gambang dan calun jinjing. Calung rantay, calung gambang maupun calung jinjing semuanya sama-sama terbuat dari bambu. Adapun bambu yang biasanya digunakan untuk membuat calung adalah bambu awi wulung yang berwarna hitam. Calung rantay sendiri merupakan calung yang dulunya sering digunakan untuk ritual penghormatan kepada Dewi Sri.

Cara Menggunakan Calung

Untuk dapat memainkan calung caranya cukup mudah. Pasalnya untuk memainkan calung pemain hanya perlu memukul bambunya saja. Dimana setiap bambunya memiliki nada yang berbeda dengan bambu yang lainnya.

Untuk dapat memainkan calung biasanya diperlukan 2 buah alat pemukul. Satu alat pemukul dipegang dengan menggunakan tangan kanan sedangkan alat pemukul yang lainnnya dipegang dengan menggunakan tangan kiri.

Selain untuk mengiringi lagu-lagu daerah, calung juga bisa digunakan untuk mengiringi lagu pop hingga dangdut tergantung kemampuan yang dimiliki oleh pemain calung tersebut. Pasalnya nada yang dihasilkan calung sangat beragam dan indah.

Harga Calung

Untuk harga calungnya sendiri sangat beragam dan bervariasi tergandung dari keindahan bentuk dan suara yang dihasilkan calung tersebut. Untuk calung yang memiliki kualitas yang bagus harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Calung Bambu Hitam

Untuk harga satu set calung bambu hitam atau bambu wulung yang terdiri dari 2 melodi, 2 panerus dan juga 1 kosrek lengkap dengan pemukulnya dibanderol dengan harga Rp 650.000 di bukalapak.com. Suara yang dihasilkan dari calung yang satu ini dijamin indah dan tidak sumbang.

Calung Bambu Hitam Diantonis

Adapun di tokopedia.com satu set calung dinatonis lengkap dengan alat pemukulnya dijual dengan harga Rp 715.000. Tentu dengan harga tersebut tidak berbeda jauh dengan harga yang ditawarkan di bukalapak.com

 Calung Bambu Hitam

Harga calung bambu hitam di shopee.co.id berada dikisaran Rp 650.000. Calung hitam tersebut terdiri dari 14 nada sesuai pesanan. Adapun nada yang tersedia antara lain nada pelok, salendro hingga pentatonik dan diantonis.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019