Harian Nusantara

Fungsi Alat musik tradisional Serunai

review produk 123 View

Fungsi Alat musik tradisional Serunai

Alat musik serunai berasal dari India. Serunai merupakan adaptasi dari alat musik India yang bernama shehnai. Sebenarnya alat musik serunai ini mirip sekali dengan alat musik tiup yang digunakan untuk pemikat ular yang ada di India.

Serunai di kenal di daerah Minang sebagai alat musik tiup. Dan sekarang alat musik tradisional minang ini sudah di kenal sebagai alat tradisional indonesia yang dikenalkan oleh pedagang dari Minang. Lalu di Malaysia dan Kalimantan alat musik tiup ini juga dikenal dengan nama yang sama,  Serunai. Alat musik ini juga mempunyai bentuk yang ramping, bagiannya yang berukir indah serta memiliki suara yang cukup nyaring oleh karena itu suara dan bentuk serunai dikenal secara khas.

Serunai umumnya memiliki ukuran panjang 10 cm sampai 12 cm. Ujungnya bentuknya mirip sekali dengan terompet. Motif dari serunai inipun berbeda-beda ditiap daerah. Ada yang mempunyai motif gelap dengan berwarna hitam serta ada juga yang memiliki motif terang.

Loading...

Alat musik Serunai ini sangat cocok dimainkan dengan alat musik lain. Biasanya dimainkan pada berbagai macam upacara adat dan pada saat panen.

Apa itu alat musik Serunai

Serunai merupakan salah satu alat musik tradisinonal yang termasuk dalam alat musik tiup yang merupakan alat musik khas dari Minangkabau.

Alat musik ini mempunyai keunikan sendiri yaitu bagian ujungnya yang mengembang,dan berfungsi untuk memperbesar suara.

Serunai terbuat dari beberapa bahan yaitu kayu, batang padi, tanduk hewan dan atau daun kelapa.  Kayu ini mempunyai panjang sekitar 20cm dan diberi 4 lubang dengan jarak masing-masing sekitar 2.5cm. Sedangkan untuk bagian yang ditiup pada alat musik ini terbuat dari batang padi. Bagian yang ditiup ini disambung dengan bahan penyambung yang terbuat dari kayu. Penyambung ini kemudian di lubangi sebagai tempat saluran udara. Saluran udara ini berhubungan dengan poros badan serta poros yang terdapat pada corong. Pada bagian belakang serunai ini ada bagian penyambung yang bentuknya hampir sama dengan corong yang memiliki diameter 2cm.

Bentuk alat musik serunai berbeda di setiap daerah.Hal ini dikarenakan ada perbedaan variasi dalam pembuatannya. Bahkan ada beberapa serunai yang nadanya diatur dengan cara ditutup dan dibuka pada bagian permukaan corong, dan ada juga yang diberi lubang pada bagian batangnya.

Semua perbedaan variasi pada serunai ini karena pengaruh kondisi geografisnya. Contohnya serunai pada daerah yang lahan pertaniannya luas maka serunai akan banyak menggunakan batang padi. Lain halnya dengan serunai yang banyak terdapat ternak kerbaunya, maka serunai ini banyak yang terbuat dari tanduk kerbau. Sama halnya dengan serunai yang terbuat dari bambu, ini juga dipengaruhi dengan kondisi disekitarnya.

Seiring dengan perkembangan jaman serta jenis alat musik modern yang sangat banyak,keberadaan serunai ini sudah hampir punah. Kebanyakan generasi milenal ini tidak tertarik lagi untuk memainkan alat musik tradisional ini. Sehingga yang memainkan serunai juga dari orang yang sudah tua. Selain itu, untuk memainkan serunai juga tidak gampang. Kita harus memiliki pernapasan yang panjang.

Fungsi dan Manfaat Alat Musik Serunai

Alat musik serunai biasanya digunakan untuk :

  • Mengiringi acara perkawinan
  • Dimainkam pada waktu memanen padi dan pada saat melakukan pekerjaan di ladang.Biasanya juga dimainkanpada saat mereka sedang beristirahat di ladang. Suara alunan serunai bisa menjadi hiburan tersendiri untuk menghilangkan lelah dan cape bekerja.
  • Untuk mengiring pertunjukkan pencak silat di Minangkabau,  Iringan tiupandari serunai ini menjadi daya tarik sendiri bagi yang melihatnya.

Cara Menggunakan Alat Musik Serunai

Pada dasarnya untuk memainkan serunai, hampir sama dengan memainkan seruling yaitu dengan cara ditiup. Hanya suara yang dihasilkannya yang membuat berbeda. Pertama atur nada dengan cara menutup lubang yang berada dibagian atas serunai. Disamping menutup lubang, kita juga harus mengatur nafas karena sangat mempengaruhi permainan.

Serunai juga bisa dimainkan secara bersama-sama dengan alat musik lain. Biasanya dimainkan dengan alat musik talempong,gendang dan alat musik lainnya.

 

Harga Alat Musik Serunai

Serunai Minangkabau di Bukalapak

  • Harga Rp 200.000
  • Terbuat dari tanduk kerbau
  • Nada dasar dapat dipesan sesuai selera

Serunai di shoppe

  • Harga Rp 150.000 (satuan)
  • Terbuat dari bambu

Serunai di Tokopedia

  • Harga Rp 300.000

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019