Harian Nusantara

Fungsi alat musik tradisional tuma

review produk 259 View

Fungsi alat musik tradisional tuma

Indonesia terkenal akan kebudayaannya yang beragam. Diantaranya adalah mempunyai berbagai macam jenis alat musik tradisional. Alat musik ini mempunyai ciri khas masing-masing tergantung dari asal wilayahnya.

Sebelumnya saya akan jelaskan dulu mengenai alat musik tradisional ini. Alat musik tradisional adalah suatu alat musik yang mengalami perkembangan secara turun temurun pada suatu daerah,ini juga bisa untuk mengiringi sebuah musik lain yang terdapat didaerah tersebut.

Hampir setiap provinsi di Indonesia bisa dipastikan memiliki alat musik tradisional yang khas. Biasanya antara daerah pesisir dan dataran tinggi mempunyai bentuk alat musik yang berbeda. Alat musik tuma sering digunakan untuk mengiringi pertunjukan kesenian adat daerah. Bukan hanya itu, beberapa alat musik juga sangat berkaitan erat dengan sejarah dan budaya yang berasal dari tempat asalnya. Sama seperti alat musik tradisional yang ada di Indonesia, Alat musik tuma juga memiliki karakteristik yang berbeda dari yang lainnya.

Loading...

Bukan hanya bentuknya yang menarik,tetapi ada beberapa alat musik yang menghasilkan suara yang merdu dan indah. Umumnya pada pertunjukkan seni serta budaya,kita sering melihat berbagai macam alat musik baik tradisional ataupun modern. Perpaduan yang indah ini juga memberi dampak yang positif bagi para generasi muda untuk lebih melestarikan alat musik tradisional.

Alat musik tradisional ini juga sering memiliki ceritanya sendiri. Terlepas dari benar apa tidaknya. Kita hanya perlu untuk saling menjaga dan menghormati saja. Agar kerukunan dapat terjaga.

Nah, seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa di Indonesia sudah bisa dipastikan memiliki bermacam-macam jenis alat musik tradisional. Fungsinyapun tidak hanya untuk mengiringi sebuah pertunjukkan, tapi alat musik tradisional inipun bisa menjadi sejarah sekaligus sarana edukasi masyarakat.Bahkan sebagian alat musik tradisional sudah dikenal sampe keluar negeri. Selain sebagai alat musik, ternyata diantara alat musik tradisional tersebut juga sangat kental dengan nilai budaya dan kearifan lokal daerah setempat.

Seperti halnya Kalimantan Barat. Daerah yang terkenal dengan seribu sungainya ini juga mempunyai jenis alat musik tradisional yang khas. Contohnya sapek, keledik, tawa,tuma dan lain lain.

Apakah alat musik tuma itu?

Pada dasarnya semua alat musik merupakan suatu instrumen yang bertujuan untuk menghasilkan musik yang indah. Prinsipnya adalah segala sesuatu yang menghasilkan suara dan dengan menggunakan cara tertentu bisa diatur oleh para musisi.

Alat musik tradisional tuma yang berasal dari Kalimantan Barat ini cara memaikannya adalah dengan cara ditepuk. Alat musik ini memiliki jenis bunyi atau memiliki suara membranofon yang memiliki bentuk hampir sama dengan gendang panjang. Bahan utama pembuatan alat musik tradisional tuma ini adalah berbahan kayu. Kayu ini biasanya yang memiliki diameter 25cm dan mempunyai panjang 1 meter sebagai rangkanya serta kulit lembu sebagai membrannya.

Fungsi dan manfaat alat musik tuma

Fungsi dari alat musik tuma adalah sebagai alat musik pengiring pada acara kebudayaan yang dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional lainnya.

Cara memainkan alat musik tuma

Alat musik tuma ini dimainkan dengan cara ditepuk pake telapak tangan. Oleh karena itu, alat musik tuma masuk kedalam kelompok alat musik membranofon. Membrannofon sendiri adalah alat musik yang menghasilkan bunyi dengan cara dipukul di bagian membrannya. Selain membranofon, Ada beberapa cara memainkan alat musik yaitu :

  • Idiofon yaitu alat musik yang mempunyai sumber bunyi berasal dari bahan dasarnya. Contoh alat musik jenis ini adalah kulintang, drum, bongo serta agklung.
  • Aerofon merupakan alat musik dengan sumber bunyi yang berasal dari hembusan udara yang terdapat pada ronggayang terdapat pada alat musik tersebut.

Contoh alat musik jenis aerofon ini adalah terompet, harmonika serta seruling.

  • Kordofon merupakan alat musik dengan sumber bunyi yang dihasilkan dari dawainya. Contoh alat musik yang termasuk kedalam kelompok kordofon yaitu gitar, kecapi, biola.
  • Membranofon merupakan alat musik yang sumber bunyi yang dihasilkan berasal dari membran atau selaput.Contoh dari jenis alat musik ini adalah tuma, drum,tifa serta kendang.

Harga Alat Musik Tuma

Untuk harga dari alam musik tradisional tuma ini sekitar Rp. 1 juta sampai Rp 1, 5 jutaan. Yang bisa dibeli secara online ataupun kalian bisa memesannya ke orang yang biasa membuat alat musik tradisional.

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019